Sukses

13 Jenis Calathea Populer yang Cocok untuk Dekorasi Ruang, Coraknya Memesona

Ada beberapa jenis Calathea yang sangat cocok dan populer untuk digunakan untuk memperindah dekorasi ruangan.

Liputan6.com, Jakarta Tanaman Calathea adalah jenis tanaman hias yang digunakan dekorasi ruangan. Calathea adalah jenis tanaman yang tidak bisa terkena cahaya secara langsung, sehingga sangat cocok diletakkan di dalam ruangan. Beberapa jenis Calathea merupakan tanaman yang mudah dirawat dan memiliki corak yang indah.

Calathea merupakan bagian dari famili Marantaceae, yaitu spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari daerah tropis seperti Afrika. Calathea dikenal karena daunnya yang lebar, hijau, dan berwarna-warni. Daunnya yang berwarna-warni ini yang membuat beberapa jenis Calathea menjadi tanaman yang populer dijadikan tanaman hias di dalam ruang.

Ada banyak sekali jenis Calathea yang tersebar di seluruh dunia. Namun ada beberapa jenis Calathea yang sangat cocok dan populer untuk digunakan untuk memperindah dekorasi ruangan. Namun ada beberapa jenis Calathea yang sangat indah sehingga sangat populer untuk diletakkan di dalam ruang.

Berikut ini adalah beberapa jenis Calathea yang cocok untuk menjadi dekorasi ruang, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (21/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis Calathea yang Mudah Dirawat

1. Calathea lancifolia

Calathea lancifolia merupakan jenis Calathea yang memiliki ciri khas berupa daun yang lonjong memanjang. Jenis Calathea Ini memiliki daun berwarna hijau muda dengan aksen garis dan titik berwarna hijau tua, namun bagian bawahnya berwarna ungu pekat.

Jenis Calathea ini memiliki tangkai daun yang pendek. Jika ditanam di pot yang agak tinggi, penampilannya seperti karangan bunga. Jenis Calathea ini sangat cocok ditempatkan di sudut ruangan.

2. Calathea ornata

Calathea ornata merupakan jenis Calathea dengan daun warna hijau gelap dan aksen garis-garis tipis berwarna merah muda. Jenis Calathea ini juga disebut sebagai Calathea femme fatale karena penampilannya yang feminin.

Jenis Calathea ini berasal dari Amerika Selatan yang beriklim tropis. Oleh karena itu jenis Calathea ini juga mudah ditanam di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Thailand. Meski demikian, butuh ketelitian untuk dapat merawatnya.

3. Calathea roseopicta

Calathea roseopicta merupakan jenis Calathea dengan daun berwarna hijau tua atau ungu kehitaman dengan aksen hijau muda atau ungu muda. Jenisnya ada banyak, seperti Silvia, Dottie, dan Cynthia.

Kelebihan dari jenis Calathea Ini adalah tahan penyakit. Dengan kata lain, Calathea roseopicta termasuk jenis Calathea yang mudah dirawat.

3 dari 5 halaman

Jenis Calathea Populer

4. Calathea rufibarba

Calathea rufibarba merupakan jenis Calathea yang memiliki daun lancip memanjang. Jenis Calathea ini memiliki tangkai yang berwarna ungu kemerahan.

Tak seperti jenis Calathea lain, Calathea rufibarba memiliki tepi daun bergelombang. Calathea rufibarba memang tidak memiliki pola daun yang khas, namun gelombang di tepi daunnya tetap membuatnya menjadi tanaman hias yang indah. Terdapat rambut-rambut halus di permukaan daunnya. Maka tidak mengherankan jika jenis Calathea ini juga disebut sebagai Calathea beludru.

Jenis Calathea ini memerlukan cahaya matahari yang cukup untuk mempertahankan warnanya hijau gelapnya yang cantik. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan penempatannya jika ingin menjadikan dekorasi ruang.

5. Calathea makoyana

Calathea Makoyana merupakan jenis Calathea yang juga dikenal dengan nama peacock plant atau tanaman merak. Ini karena jenis Calathea ini memiliki daun dengan motif garis berwarna hijau dan putih, sementara bagian bawahnya dihiasi warna ungu pekat.

Calathea Makoyana termasuk jenis Calathea yang paling banyak dijual. Tanaman ini juga cocok ditanam di dalam ruangan, karena jenis Calathea bisa hidup dengan pencahayaan buatan seperti lampu.

6. Calathea orbifolia

Calathea orbifolia merupakan jenis Calathea yang memiliki daun lebar berbentuk bulat yang mirip kipas. Pada daunnya terdapat pola garis yang rapat dengan warna hijau dan kelabu membuatnya terlihat seperti tubuh zebra.

Daun Calathea orbifolia dewasa bisa tumbuh sepanjang 30 cm dengan lebar 15-20 cm. Berbeda dengan jenis Calathea lain, tanaman hias ini tidak memiliki warna ungu pekat di bagian bawah daunnya.

4 dari 5 halaman

Jenis Calathea untuk Dekorasi Ruangan

7. Calathea leopardina

Calathea leopardina merupakan jenis Calathea yang paling cocok ditempatkan di dalam ruangan. Jenis Calathea ini bisa tumbuh subur dengan cahaya matahari tak langsung yang terang. Jadi paling pas jika ditempatkan di dekat jendela.

8. Calathea Crimson

Calathea picturata varietas crimson atau yang lebih sering disebut sebagai Calathea Crimson, merupakan jenis Calathea dengan penampilan unik. Jenis Calathea ini memiliki daun lebar dengan warna ungu dan cokelat gelap.

Saat malam tiba, daunnya akan menguncup seperti tangan yang sedang berdoa. Jenis Calathea Ini menyukai cahaya matahari berlimpah, suhu hangat, dan kelembapan tidak langsung.

9. Calathea Zebrina

Calathea zebrina merupakan jenis Calathea yang berasal tenggara Brasil. Jenis Calathea ini memiliki daun dengan corak garis-garis dan tulang daun berwarna hijau muda. Permukaannya ditumbuhi bulu halus seperti beludru. Tak cuma bagian atasnya yang belang, bagian bawah daun zebrina juga dihiasi motif garis-garis berwarna hijau tua dan ungu.

5 dari 5 halaman

Jenis Calathea dari Luar Negeri

10. Calathea Warscewiczii

Calathea Warscewiczii merupakan jenis Calathea yang berasal dari Kosta Rika dan Nikaragua. Jenis Calathea ini memiliki daun berwarna hijau tua dengan permukaan halus seperti beludru.

Jenis Calathea ini memiliki ciri khas berupa tulang daun yang memiliki garis tegas warna hijau muda dan garis-garis samar yang menyebar ke tepian daun. Bagian bawahnya berwarna ungu pekat. Jenis Calathea ini dapat tumbuh sampai setinggi 1 meter.

11. Calathea Medallion

Calathea Medallion merupakan jenis Calathea yang memiliki daun lebar yang terlihat seperti medali. Jenis Calathea ini memiliki daun dengan aksen hijau muda, hijau tua, dan putih tulang di bagian tepi.

12. Calathea crocata

Calathea crocata merupakan jenis Calathea yang memiliki daun hijau pekat tanpa motif dengan aksen gelombang sederhana. Meski demikian, jenis Calathea ini bisa menghasilkan bunga berwarna kuning yang terlihat seperti bara api. Bunga inilah yang membuatnya dijuluki eternal flame. Namun Calathea crocata tak akan berbunga jika belum dewasa dan berdaun lebat.

13. Calathea veitchiana

Calathea veitchiana merupakan jenis Calathea endemik dari Ekuador. Karena itulah dia paling cocok dengan kelembapan tinggi dengan iklim subtropis. Jenis Calathea ini memiliki daun yang tepiannya berwarna hijau apel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.