Sukses

Profil PT Ciomas Adisatwa dan Sejarahnya, Perusahaan Bergerak di Bidang Agribisnis

PT Ciomas Adisatwa atau yang dikenal dengan Japfa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis.

Liputan6.com, Jakarta PT Ciomas Adisatwa atau yang dikenal dengan Japfa merupakan perusahaan yang bergerak dibidang agribisnis yang telah melebarkan sayap bisnisnya di luar negeri yaitu di Singapura, China, India, Vietnam dan Myanmar.

PT Ciomas Adisatwa berdiri sejak tahun 1993 dan masih beroperasi hingga saat ini. Perusahaan ini dikenal oleh masyarakat sebagai produsen produk-produk olahan protein hewani, seperti karkas ayam yang segar.

PT Ciomas Adisatwa berlokasi di Bogor, Indonesia. Produk karkas ayam yang dijualnya merupakan daging ayam segar dan higienis, dan terjamin kualitasnya. Pemasaran dari perusahaan ini sampai ke seluruh Indonesia.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai profil PT Ciomas Adisatwa dan sejarahnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Ciomas Adisatwa

PT Ciomas Adisatwa atau yang dikenal sebagai Japfa telah berdiri pada rahun 1993 di Bogor, Indonesia. Perusahaan ini bergerak dibidang agribisnis yang telah melebarkan sayap bisnisnya di luar negeri yaitu di Singapura, China, India, Vietnam dan Myanmar.

PT Ciomas Adisatwa merupakan perusahaan yang memasarkan produk-produk olahan protein hewani dan memberikan solusi atas kebutuhan pengusaha dan penyedia pangan modern. Produk yang dipasarkan oleh PT Ciomas Adisatwa adalah karkas ayam yang segar, higienis, dan terjamin kualitasnya.

PT Ciomas Adisatwa memiliki dan mengoperasikan jaringan peternakan penggemukan ayam serta Rumah Potong Ayam Type A yang tersebar secara strategis di semua area metropolitan Indonesia. PT Ciomas Adisatwa menghasilkan lebih dari 100 jenis produk dalam bentuk mentah maupun olahan.

Bahkan perusahaan ini memasarkan produk-produknya melalui pesanan secara khusus, untuk memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahaan berskala global maupun domestik yang mengharuskan standar kualitas, rasa, dan konsistensi yang terjaga. Selain itu, PT Ciomas Adisatwa juga melakukan pengembangan produk bagi para pelanggan dari perusahaan ini yang menginginkan produk eksklusif dan tersendiri.

Untuk menjaga kehigienisan produk-produk dari PT Ciomas Adisatwa, perusahaan akan mengirim produk-produk tersebut dengan kendaraan milik Ciomas yang higienis dan memiliki suhu penyimpanan yang terkontrol.

3 dari 5 halaman

Visi Perusahaan PT Ciomas Adisatwa

Menjadi penyedia terkemuka dan terpercaya di bidang produk pangan berprotein terjangkau di Indonesia, berlandaskan kerjasama dan pengalaman teruji, dalam upaya memberikan manfaat bagi seluruh pihak terkait.

4 dari 5 halaman

Sejarah Singkat PT Ciomas Adisatwa

PT Ciomas Adisatwa telah berdiri sejak tahun 1993 dan masih beroperasi hingga saat ini. Awal mula berdirinya perusahaan ini berupa bengkel yang kemudian berkembang menjadi perusahaan penjualan makanan, misalnya sosis, siomay, sate dan lain-lain yang berbahan baku hewan ternak (ayam, sapi). Karena meningkatnya kebutuhan akan bahan baku untuk pembuatan makanan, maka dibuatlah perusahaan kemitraan di bidang makanan ternak.

Pada tanggal 1 September 2011, PT. Ciomas Adi Satwa dan PT. Primatama Karya Persada (PKP) telah efektif melakukan penggabungan usaha sebagai anak cabang dari PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk yang berpusat di Jakarta dan berdiri dengan tujuan membantu program pemerintah dalam ketenaga kerjaan, peningkatan gizi masyarakat dan alih teknologi dalam bidang pakan ternak. PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk telah memiliki cabang di dalam negeri seperti di Sragen, Cirebon, Makassar, Lampung, Tangerang, Cikande, Medan dan kantor di Jakarta. Untuk cabang di luar negeri yaitu di India, Myanmar, Vietnam dan kantor di Singapore. Beberapa perusahaan cabang atau unit PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. antara lain:

1. PT Indojaya,

2. PT Bintang Terang Gemilang, dan

3. PT Ciomas Adisatwa

5 dari 5 halaman

Unit Usaha PT. Ciomas Adisatwa Pekanbaru

Sesuai dengan usaha kemitraan yang diusung perusahaan ini, PT. Ciomas Adisatwa juga membuka cabang di Pekanbaru yang saat ini telah memiliki dua unit usaha, yaitu:

1. Unit usaha (peternakan)

Unit usaha ini adalah usaha percontohan peternakan yang dimiliki oleh PT Ciomas Adisatwa yang bercabang di Pekanbaru. Di farm, pakan unggas yang diproduksi PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk diberikan kepada unggas. Usaha percontohan ini adalah suatu bentuk aplikasi nyata dari produksi pakan yang dimiliki oleh perusahaan PT Japfa Comfeed Indonesia. Salah satu contohnya adalah pengembangan peternakan ayam potong.

2. Unit usaha penyaluran pakan ternak

Sesuai dengan prinsip mitra usaha PT. Ciomas Adisatwa yang bercabang di Pekanbaru yang menjembatani kerjasama antara para pemasok dengan pemilik gudang pakan unggas, para pemilik gudang dengan para peternak, serta kerjasama antara peternak dan peternak, perusahaan membutuhkan pembagian kerja yang terperinci. Dalam unit usaha ini terbagi dua bagian, yakni distribusi dan transfer. Proses distribusi akan dikelola oleh admin logistik yang mengatur dan mengelola data distribusi pakan dari gudang ke kandang-kandang peternak. Sementara itu, pada proses transfer pakan dari suatu kandang peternak ke kandang peternak lain diatur dan dikelola oleh admin produksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.