Sukses

Satu Gigitan Ular Inland Taipan Bisa Bunuh 100 Orang, Ini Fakta-faktanya

Bisanya saingi ular king kobra puluhan kali lipat.

Liputan6.com, Jakarta Bisa dibilang ular punya jadwalnya tersendiri bisa dengan mudah dijumpai. Salah satunya ialah musim awal penghujan yang jadi waktu telur ular menetas. Mulai dari ular tak berbisa, hingga yang punya bisa mematikan di dunia selalu berhasil membuat heboh masyarakat berkat keberadaanya. 

Siapa sangka ular kobra dan black mamba bulan jadi ular paling berbisa di Dunia. Bukan tanpa alasan, jika satu gigitan ular king kobra bisa membunuh sedikitnya 20 orang, ular Inland Taipan jauh dari itu. Satu gigitan ular Inland Taipan yang kebanyakan ditemukan di Australia bisa membunuh sedikitnya 100 orang. Sungguh angka yang fantastis bagi seekor ular yang punya senjata mematikan. 

Mengutip dari NDTV, menurut Australian Museum, Inland Taipan disebut sebagai Fierce Snake dan sering disebut sebagai ular paling berbisa di dunia.Inland Taipan, kebanyakan ditemukan di Australia, menempati urutan teratas dalam daftar ular berbisa dan disarankan untuk menjauhinya.

Bisa ular Inland Taipan sendiri telah diukur secara detail oleh para ilmuwan. Meski dikenal sangat mematikan, ular Inland Taipan cenderung jarang dijumpai di daerah pemukiman. Namun jika melihatnya, harus waspada. Berikut selengkapnya Liputan6.com mengenalkan ular Inland Taipan ini melansir dari berbagai sumber, Rabu (21/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengukuran Bisa Ular yang Mengejutkan

Inland Taipan memiliki kesamaan dengan beberapa elapid besar lainnya. Pada awalnya dideskripsikan oleh McCoy pada tahun 1879 sebagai bagian dari genus ular coklat

Ini adalah ular berukuran sedang hingga besar mencapai 2 meter panjangnya. Tubuh yang kuat dan kepala berbentuk persegi panjang yang dalam. Inland Taipan paling aktif di pagi hari, berjemur sebentar dan mencari makan di atau dekat retakan tanah yang dalam dan liang hewan.

Racun ular diukur pada skala racun LD50 yang menentukan potensi racun ular. Menurut situs School of Chemistry, University of Bristol, Inland Taipan berada di urutan teratas dalam Daftar Ular Paling Mematikan.

Inland Taipan memiliki bisa paling beracun dari semua ular. Sekolah Kimia mengatakan bahwa hasil maksimum yang tercatat (untuk satu gigitan) adalah 110mg. Ini berarti satu gigitan mungkin cukup untuk membunuh lebih dari 100 orang atau 250.000 tikus.

Inland Taipan hampir tidak dikenal di luar Australia. Taipan pedalaman jarang ditemui di alam liar oleh orang-orang karena keterpencilan mereka dan penampakan singkat di atas tanah pada siang hari.

3 dari 3 halaman

Karakteristk Ular dan Habitat

Taipan pedalaman sering tinggal pada tanah liat retak yang dalam dan lempung retak di dataran banjir. Namun mereka juga bermigrasi ke dataran gibber terdekat, bukit pasir, dan singkapan berbatu jika penutup tersedia. Vegetasi di daerah ini biasanya jarang, terdiri dari semak chenopod, lignum, dan kadang-kadang eukaliptus di dekat saluran air.

Spesies Inland Taipan terdapat di negara Channel barat daya Queensland dan timur laut Australia Selatan. Ada dua catatan lama untuk lokalitas lebih jauh ke tenggara, yaitu persimpangan Sungai Murray dan Darling di barat laut Victoria (1879) dan "Benteng Bourke", New South Wales (1882).  

Karakteristik Inland Taipan dewasa punya tubuh yang kuat dan kepala berbentuk persegi panjang yang dalam. Warna punggung bervariasi dari coklat kekuningan pucat hingga coklat kekuningan hingga coklat tua, dengan kepala dan leher beberapa hingga beberapa warna lebih gelap dari tubuh.

Warna kulitnya bahkan bisa berubah secara musiman, dengan individu menjadi lebih gelap di musim dingin dan memudar di musim panas. Banyak sisik punggung memiliki tepi anterior bawah berwarna coklat kehitaman yang menciptakan pola tulang herring patah di sepanjang tubuh. 

Permukaan perut berwarna kekuningan dengan bercak oranye; warna ini sering meluas ke sisik lateral paling bawah. Matanya besar, dengan iris yang sangat gelap dan pupil yang bulat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.