Sukses

Profil PT Garudafood, Perusahaan Makanan dan Minuman Terbesar di Indonesia

Profil PT Garudafood, sejarah berdirinya PT Garudafood, produk utama PT Garudafood dan kebijakan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta PT Garudafood merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produsen makanan dan minuman di Indonesia. Perusahaan ini telah memproduksi banyak merek produk terkenal, PT Garudafood merupakan perusahaan besar dengan lima pabrik yang berlokasi di sejumlah daerah di Indonesia. Diantaranya di Pati, Sumedang, Gresik dan Cikarang.  

Berdiri pertama kali pada tahun 1979, PT Garudafood awalnya bernama PT Tudung Putra Jaya. awal mula usahanya, dimulai dengan memproduksi kacang kulit tanpa merek yang kemudian digemari oleh banyak orang. Hingga akhirnya pada tahun 1990, mereka mulai menggunakan merek dagang Garuda.

Sejak saat itu, PT Garudafood terus berkembang dan bertumbuh, hingga akhirnya menjadi perusahaan produsen makanan dan minuman terbesar di Indonesia, yang tidak hanya menguasai pasar lokal namun juga pasar internasional. 

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Garudafood yang Liputan6.com rangkum dari laman resmi garudafood.com pada Rabu (21/12/2022). Profil PT Garudafood, sejarah berdirinya PT Garudafood, produk utama PT Garudafood dan kebijakan perusahaan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Garudafood

Profil PT Garudafood

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman yang terbesar di Indonesia. Berdiri pada 1990, kegiatan bisnis Garudafood telah dirintis sejak 1979 oleh pendiri perusahaan melalui PT Tudung Putra Jaya (TPJ), sebuah perusahaan di Pati, Jawa Tengah, yang memasarkan produk kacang yang kemudian dikenal sebagai Kacang Garuda (Garuda Peanut). 

Saat ini, Garudafood memproduksi dan memasarkan produk-produk makanan dan minuman dengan enam merek terkemuka, yakni Garuda, Gery, Chocolatos, Clevo, Prochiz dan TopChiz. Sejumlah produknya mencakup biskuit, kacang, pilus, pellet snack, "confectionery", minuman susu, bubuk coklat, keju dan salad dressing. Garudafood mengekspor produk-produknya ke lebih dari 20 negara, berfokus di negara-negara ASEAN, Tiongkok dan India.

Visi : Memuaskan konsumen melalui produk-produk makanan dan minuman yang inovatif.

Misi : PT Garudafood adalah perusahaan yang membawa perubahan dengan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat berdasarkan prinsip saling menumbuhkembangkan.

Filosofi Garudafood

A. Bekerja Cerdas Dalam Budaya Pembelajaran

- Bekerja secara cerdas adalah sikap dalam bekerja yang mengutamakan penguasaan seluruh aspek pekerjaan secara mendalam dalam budaya pembelajaran.

- Budaya pembelajaran adalah pola sikap yang melembagakan belajar sebagai proses kehidupan.

- Membiasakan diri untuk bekerja berdasarkan rencana dan melakukan evaluasi sesuai dengan standar kerja yang ditetapkan (KPI).

- Saling berbagi serta mendayagunakan pengetahuan dan pengalaman untuk kemajuan bersama.

- Membiasakan diri berbicara dan bekerja berdasarkan informasi yang berguna dan tepat.

- Rajin, gigih dan tekun serta konsisten dalam bekerja.

B. Cepat dan Unggul Dalam Inovasi

- Berani untuk keluar dari zona nyaman.

- Proaktif, kreatif, cepat dan berkesinambungan dalam menghasilkan inovasi.

- Tidak menunda penyelesaian pekerjaan

- Mengembangkan kapabilitas organisasi dengan menciptakan pemimpin-pemimpin baru.

- Inovasi adalah usaha untuk melembagakan perubahan secara cepat dan berkesinambungan untuk memberikan nilai tambah pada perusahaan dengan bertumpu pada kemampuan sumber daya manusia dan kekuatan teknologi

C. Persatuan Melalui Keharmonisan

- Mengembangkan rasa memiliki dan bertanggung jawab untuk memajukan perusahaan.

- Holistik dan berpikir integratif.

- Persatuan adalah sebuah proses yang bertolak dari persamaan dan menyikapi perbedaan sebagai hal yang saling melengkapi untuk mencapai sinergi.

- Saling menghormati dan membutuhkan antara perusahaan dengan karyawan dan antara sesama karyawan sebagai suatu komunitas yang harmonis.

- Menjadikan seluruh mata rantai bisnis sebagai suatu organisasi yang utuh, harmonis dan sinergis.

 

Etika Bisnis

Menggunakan norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat dalam berinteraksi dan mengelola lingkungan bisnis. Etika bisnis meliputi: 

Consumer

Karyawan

Partner Bisnis

Pemegang saham

Sosial & Masyarakat

Pesaing

Negara

Lingkungan

3 dari 5 halaman

Sejarah PT Garudafood

Sejarah PT Garudafood

PT GarudaFood berawal dari PT Tudung, didirikan di Pati, Jawa Tengah, 1979. Pendiri perusahaan adalah mendiang Darmo Putro, mantan pejuang yang memilih menekuni dunia usaha setelah bangsa Indonesia merdeka. 

Pada awal 1987 PT Tudung mulai menjual hasil produksi kacangnya dengan merek Kacang Garing Garuda, yang kini dikenal dengan: Kacang Garuda. Hingga akhirnya pada tahun 1994 PT Tudung berganti nama menjadi PT Garuda Putra Putri Jaya. 

Bisnis yang terus berkembang, membuat PT GarudaFood pada tahun 1997 membuka pabrik baru di Gresik dan juga mulai menjajaki bisnis biskuit. Tidak berhenti sampai disana, setahun kemudian pada tahun 1998, PT GarudaFood mengakuisisi PT Triteguh Manunggal Sejati dan meluncurkan Okky Jelly Drink.

Kemudian pada tahun 1999, PT GarudaFood mengembangkan platform distribusi ke luar pulau Jawa, baik kebagian barat maupun timur melalui SNS. PT GarudaFood juga terus berinovasi setiap tahunnya dengan meluncurkan berbagai produk mulai dari Gery, Garuda Pilus, Mountea, Leo dan masih banyak lagi.

Selain itu, pada tahun 2005, PT GarudaFood mengklaim terlibat aktif dalam kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). Kegiatan CSR PT GarudaFood diberi nama GarudaFood Sehati yang berarti empati. 

Kegiatan GarudaFood Sehati mengacu pada lima pilar utama yang menjadi fokus utama PT GarudaFood yakni: pendidikan, bantuan kemanusiaan, pemberdayaan masyarakat, kesehatan masyarakat dan peduli lingkungan.

Berikut lini masa perkembangan dan pertumbuhan PT GarudaFood hingga kini :

2008 : Menjajaki pasar minuman fungsional dan meluncurkan Chocolatos

2009 : Menjajaki segmen pasar susu cair dengan merek Clevo

2011 : Melakukan joint venture bersama Suntory Beverage and Food Ltd. untuk mendirikan PT Suntory Garuda Beverage Mendirikan perusahaan joint venture dengan Suntory Beverage & Food Ltd. Untuk memproduksi, menjual dan mendistribusikan produk minuman non-alkohol, dengan nama PT Suntory Garuda Beverage.

2012 : Pabrik susu Garudafood di Rancaekek mulai beroperasi

2015 : Garudafood memperkenalkan logo baru untuk mempertegas komitmen perusahaan di bidang inovasi dan meluncurkan Gery Saluut Malkist Keju dan Chocolatos Choco Drink.

2016 : Peluncuran Clevo Smoothy dan Gery Saluut Malkist Coconut

2017 : Melakukan penggabungan usaha dengan PT Garudafood Beverage Jaya, sebuah perusahaan investasi dan meluncurkan Chocolatos Matcha Drink, Gery Extruded Cereal dan Pilusa rasa keju.

2018 : Garudafood secara resmi menjadi perusahaan public ('GOOD') dan meluncurkan Gery Saluut Malkist Matcha Latte, Gery Snack Sereal Coklat, Gery Snack Sereal Keju, Gery Saluut Malkist Kelapa, Chocolatos Cheese, Chocolatos Kopi Latte, Chocolatos Matcha Latte, Garuda Kacang, Atom Rasa Mie Goreng, Pilus Garuda Rasa Mie Goreng, Garuda Rosta Rasa Wagyu, Gery Malkist Gandum, Gery Malkist Saluut Coklat dan Chocolatos Drink dalam kemasan Botol

2019 : Peresmian ‘Gery X Quest’ di Pabrik Gresik, Galeri Kunjungan Pabrik digital pertama di Indonesia dan melalui strategi open collaboration, perseroan meluncurkan Cokelat Dilan.

2020 : Pengambilalihan PT Mulia Boga Raya Tbk (MBR) pada 14 Oktober 2020. Dan melalui strategi open collaboration, perseroan meluncurkan Garuda o'corn dan Garuda potato.

4 dari 5 halaman

Produk Utama PT Garudafood

Produk Utama PT Garudafood

1. Garuda

Merek Garuda merupakan merek produk Garudafood untuk kacang kulit, kacang bersalut, pilus, dan makanan ringan yang terbuat dari kentang dan jagung. Per 31 Desember 2020, merek Garuda memiliki sekitar 41 SKU.

2. Gery

Merek Gery merupakan merek Garudafood yang diluncurkan pada tahun 1997 untuk produk biskuit bersalut dan confectionery. Per 31 Desember 2020, merek Gery memiliki 36 SKU.

3. Chocolatos

Merek Chocolatos, pertama kali diluncurkan pada tahun 2008, yang merupakan inovasi Garudafood untuk menghadirkan wafer stick yang lebih besar dan isi krim coklat yang lebih padat. Per Juli 2021, merek Chocolatos memiliki 20 SKU.

4. Clevo

Merek Clevo pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 untuk minuman susu UHT berukuran 115 ml untuk anak-anak dengan berbagai macam varian rasa.

5. Prochiz

Keju PROCHIZ menjadikan setiap makanan menjadi lebih special dan nikmat. Keju PROCHIZ hingga saat ini telah menghasilkan berbagai varian produk keju cheddar olahan dan semua produk Keju PROCHIZ tahan di suhu ruang tanpa lemari pendingin.

 

Distribusi Produk PT Garudafood

1. National Domestic : Oleh PT Sinar Niaga Sejahtera (SNS), entitas anak perusahaan. Jalur distribusi yang dimiliki SNS berkonsentrasi terhadap pendistribusian produk yang terdiri dari General Trade (GT), Modern Trade (MT) dan Institusi. SNS juga memiliki sistem teknologi informasi yang terintegrasi dari proses pemesanan oleh pelanggan sampai pengelolaan rantai pasokan dan logistik.

2. International Operations : PT Garudafood saat ini telah melakukan penjualan ekspor ke lebih dari 20 negara dengan fokus pada negara-negara ASEAN, China dan India.

5 dari 5 halaman

Kebijakan Manajemen Risiko PT Garudafood

Kebijakan Manajemen Risiko PT Garudafood

Perseroan telah melakukan berbagai upaya pengelolaan risiko di hampir semua aspek kegiatan usaha Perseroan dan Entitas Anak, terutama untuk faktor risiko utama dan faktor-faktor risiko yang mempunyai potensi dampak signifikan terhadap kinerja dan posisi keuangan Perseroan dan Entitas Anak. 

1. Kebijakan Mekanisme Sistem Pelaporan Pelanggaran

Perseroan memiliki sistem pelaporan pelanggaran atau Whistleblowing System yang tergabung di dalam dokumen Kode Etik Garudafood.

2. Penyampaian Laporan Pelanggaran

Insan Perseroan dan Entitas Anak Wajib melaporkan adanya pelanggaran atas Kode Etik melalui Internal Audit Unit yang dapat disampaikan melalui surat elektronik internalaudit@garudafood.co.id atau telepon #0812-9421-9779.

3. Perlindungan bagi Pelaporan Pelanggaran

Perseroan menjamin kerahasiaan atas informasi pelanggaran termasuk perlindungan atas pelapor pelanggaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.