Sukses

Profil PT Indo Taichen Textile Industry, Sejarah dan Produk-Produknya

PT Indo Taichen Textile Industry telah berkembang dari pabrik pewarna menjadi pabrik kain yang beroperasi di knitting, dyeing, printing, dan finishing kain.

Liputan6.com, Jakarta PT Indo Taichen Textile Industry adalah salah satu perusahaan yang memproduksi kain berkualitas di Indonesia. Perusahaan ini beroperasi di Knitting, Dyeing, Printing, dan Finishing kain. Untuk hasilnya sendiri akan di gunakan oleh masyarakat Indonesia dan di ekspor ke seluruh dunia.

PT Indo Taichen Textile Industry berdiri sejak tahun 1990 hingga saat ini masih beroperasi. Perusahaan ini memiliki 900 karyawan yang bekerja untuk menghasilkan kain yang berkualitas tinggi.

Untuk lebih paham, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai profil PT Indo Taichen Textile Industry beserta sejarah dan produk-produknya yang telah dirangkum dari laman resmi indotaichen.com, Kamis (22/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Indo Taichen Textile Industry

PT Indo Taichen Textile Industry telah berkembang dari pabrik pewarna menjadi pabrik kain yang beroperasi di knitting, dyeing, printing, dan finishing kain. Knitting atau merajut adalah pembuatan kain rajut dari sehelai/beberapa benang yang dilengkung-lengkungkan di mana lengkungan yang satu dijeratkan kepada lengkung yang lainnya sehingga tersusun jeratan-jeratan kearah panjang kain dan lebar kain,hasilnya berupa kain rajut.

Sedangkan dyeing atau pencelupan adalah penerapan pewarna atau pigmen pada bahan tekstil seperti serat, benang, dan kain dengan tujuan mencapai warna dengan ketahanan warna yang diinginkan.  Sementara, printing atau cetak adalah proses penerapan warna pada kain dalam pola atau desain tertentu. Kemudian, finishing adalah proses yang mengubah kain dari mulai proses knitting, dyeing, dan printing ke dalam jahitan yang sudah rapi.

PT Indo Taichen Textile Industry telah memiliki karyawan sebanyak 900 orang yang bekerja sama untuk berkualitas untuk diekspor ke seluruh dunia. Tim dari PT Indo Taichen Textile Industry terdiri dari beberapa ahli di bidangnya.

3 dari 5 halaman

Sejarah Singkat PT Indo Taichen Textile Industry

PT Indo Taichen Textile Industry berdiri dari tahun 1990 yang dimulai dengan perusahaan Taiwan-Indonesia. Sementara masih merupakan perusahaan swasta, Indo Taichen telah berkembang dari rumah pewarna menjadi pabrik kain dengan operasi di knitting, dyeing, printing dan finishing kain.

Perusahaan PT Indo Taichen Textile Industry  juga mengedepankan kebijakan mutu, antara lain:

1. Menciptakan kepuasan pelanggan.

2. Menerapkan perbaikan berkelanjutan.

3. Selalu utamakan keselamatan.

4 dari 5 halaman

Produk-Produk PT Indo Taichen Textile Industry

1. Single Knits

a. Jersey

- Single

- Plaited

b. Pique

c. Lacoste

d. French Terry

e. Fleece

f. Herringbone

g. Terry Towel

2. Double Knits

a. Flat Back Mesh

b. Interlock

c. Flat Back Rib

d. Waffle

e. Drop Needle

f. Rib 1x1, 2x2

3. Special Finishes

a. Peaching

b. Sueding

c. Moisture Management

d. Mechanical Stretch

e. Elastane Stretch

f. Anti-Pilling

g. Bio Finish/ Enzyme Wash

h. Quick Dry

i. Anti-Bacteria

j. Water & Oil Repellant

k. Printing (Sublimation, Reactive, Disperse & Pigment)

l. One-side, Two-side & Cross Dye

m. Yarn Dye

4. Flat Knits 

a. For body trims

5 dari 5 halaman

Proses-Proses dalam Menghasilkan Kain di PT Indo Taichen Textile Industry

Seperti yang dijelaskan di atas, PT Indo Taichen Textile Industry telah berkembang dari pabrik pewarna menjadi pabrik kain yang beroperasi di knitting, dyeing, printing, dan finishing kain. Lantas apa itu knitting, dyeing, printing, dan finishing:

1. Knitting atau Merajut

Teknik knitting atau merajut adalah pembuatan kain rajut dari sehelai atau beberapa benang yang dilengkung-lengkungkan di mana lengkungan yang satu dijeratkan kepada lengkung yang lainnya sehingga tersusun jeratan-jeratan kearah panjang kain dan lebar kain, hasilnya berupa kain rajut. Jeratan-jeratan yang sudah menjerat akan membentuk deretan ke arah lebar kain dan panjang kain. Barisan jeratan ke arah panjang kain disebut wale dan barisan jeratan ke arah lebar kain disebut course.

2. Dyeing atau Pencelupan

Proses dyeing atau pencelupan adalah penerapan pewarna atau pigmen pada bahan tekstil seperti serat, benang, dan kain dengan tujuan mencapai warna dengan ketahanan warna yang diinginkan. Pencelupan biasanya dilakukan dalam larutan khusus yang mengandung pewarna dan bahan kimia tertentu. Molekul pewarna melekat pada serat dengan penyerapan, difusi, atau ikatan dengan suhu dan waktu yang menjadi faktor pengendali utama. Ikatan antara molekul pewarna dan serat bisa kuat atau lemah, tergantung pada pewarna yang digunakan.

3. Printing atau Percetakan

Proses printing pada kain adalah proses mencetak gambar pada media kain. Pada kain yang dicetak dengan benar, warnanya akan menyatu dengan serat, sehingga tahan ketika dicuci dan gesekan. Printing dapat diaplikasikan pada media kain seperti polyester, kanvas, satin, katun, dry fit dan jenis kain yang lainnya.

4. Finishing atau Penyempurnaan

Proses finishing atau penyempurnaan adalah proses penyempurnaan dari bahan baku berupa kain grey (kain turun dari mesin tenun) menjadi kain yang siap digunakan untuk berbagai keperluan. Proses ini menambah nilai produk dan membuatnya menjadi lebih menarik, bermanfaat serta fungsional bagi pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.