Sukses

Device adalah Alat, Pahami Pengertiannya Dalam Bidang Teknologi

Apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, device adalah pesawat, perlengkapan, rencana, akal, dan alat.

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang yang berkecimpung di dunia teknologi dan gadget, device adalah kata yang cukup familiar. Device adalah kata dalam bahasa Inggris yang umumnya diartikan sebagai alat dalam bahasa Indonesia. Namun penggunaan kata device dalam bidang teknologi dan target dapat memiliki makna yang berbeda.

Device adalah perangkat yang dapat mendukung pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Bahkan beberapa pekerjaan sekarang sangat bergantung pada device, apabila device tidak berfungsi maka pekerjaan akan teganggu.

Meski sudah sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari, namun ada saja orang yang masih bingung bahwa device adalah perangkat yang biasa digunakan sehari-hari. Berikut ulasan Liputan6.com tentang pengertian device dalam berbagai bidang, Senin (26/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Device adalah Pesawat

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, device adalah kata dalam bahasa Inggris yang menempati kelas kata benda atau noun. Apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, device adalah pesawat, perlengkapan, rencana, akal, dan alat.

Dalam bidang teknologi, device adalah kata yang merujuk pada perangkat elektronik yang memiliki kemampuan tertentu. Istilah Device dikenal cukup luas karena bisa saja mengarah pada perangkat telepon, radio, atau komputer. 

Istilah device pada komputer dikenal juga dengan hardware atau perangkat keras. Komputer merupakan sebuah kesatuan alat yang terdiri dari beberapa perangkat. Ada yang menyebut terdiri dari perangkat hardware, software dan brainware. Tetapi ada pula yang menyebut terdiri dari input device, output device, dan processing device.

Input Device

Input device merupakan bagian terpenting yang digunakan untuk memasukan data ke komputer. Hanya melalui input device user dapat memasukkan perintah ke komputer. Itulah kenapa input device merupakan perangkat inti komputer. Tanpa input device komputer tidak akan menjalankan fungsinya.

Contoh Input Device

1. Keyboard

2. Mouse

3. JoyStick

4. Scanner

5. Flashdisk

6. Microphone

7. Kinect

8. Web Cam

9. Barcode Scanner

10. Pemindai Sidik Jari

3 dari 3 halaman

Output Device

Output Device

Unit keluaran atau Output device merupakan komponen perangkat komputer atau laptop yang fungsinya adalah memperlihatkan hasil. Output device bertugas untuk menampilkan data yang sudah di proses oleh processor,  sebelumnya data di ambil oleh input device.

Output device juga masuk dalam perangkat primer pada komputer karena tanpa perangkat ini komputer tidak akan bisa digunakan. Bayangkan saja kalau kamu mengetikkan nama kamu di keyboard komputer tetapi tidak muncul di layar. Apakah bisa kamu lanjutkan kegiatan kamu?

Contoh Output Device

1. Monitor

2. Printer

3. Speaker

4. Projector

5. Ploater

6. Headphone, Headset, atau Earphone

 

Processing Device

Processing device di dalam komputer merupakan sebutan bagi perangkat keras yang berfungsi memproses sekaligus mengolah data yang diterima dari peralatan input lalu dikeluarkan lagi menjadi hasil informasi yang siap diterima oleh manusia. 

Contoh Processing Device 

1. CPU (Processor)

2. MotherBoard

3. RAM

4. ROM

5. Memory

6. VGA Card

7. LAN

8. Hard Disk

9. CD ROM

10. DVD ROM

11. Power Supply

Selain sebagai processing device, MotherBoard, RAM, ROM, Memory, VGA Card, LAN, Hard Disk, CD ROM, dan DVD ROM juga merupakan perangkat penyimpan atau storage divice.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.