Sukses

Profil PT Bumimulia Indah Lestari, Produsen Plastik Bertaraf Internasional

PT Bumimulia Indah Lestari bergerak sebagai persero sejak tahun 1997.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bumimulia Indah Lestari adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi plastik kemasan dan menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. PT Bumimulia Indah Lestari adalah produsen plastik yang sudah bertaraf internasional untuk keamanannya.

PT Bumimulia Indah Lestari bergerak sebagai persero sejak tahun 1997. Visinya menjadi produsen kemasan plastik terbaik di ASEAN dengan menyediakan produk berkualitas yang dikembangkan bersama dengan biaya produksi serendah mungkin.

PT Bumimulia Indah Lestari memproduksi berbagai varian kemasan plastik untuk botol kemasan, produk kosmetik, makanan, farmasi, produk rumah tangga, minyak pelumas, agro kimia, minyak makanan, produk kimia, pallet, dan masih banyak lagi lainnya. Simak profil lengkapnya agar lebih memahami.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil PT Bumimulia Indah Lestari, kegiatan usaha, visi dan misi, serta sejarah berdirinya, Kamis (29/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PT Bumimulia Indah Lestari adalah Produsen Plastik Bertaraf Internasional

PT Bumimulia Indah Lestari adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri barang. PT Bumimulia Indah Lestari adalah produsen plastik kemasan yang sudah bertaraf internasional. PT Bumimulia Indah Lestari bergerak sebagai persero sejak tahun 1997.

Melansir dari situs website resminya, PT Bumimulia Indah Lestari didirikan pada tahun 1997 dengan pabrik pertamanya berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, Indonesia. Kegiatan usahanya dimulai dengan teknologi Extrusion Blow Molding dan Injection Moulding, terutama memasok set wadah untuk pelanggan kosmetik dan agrokimia.

PT Bumimulia Indah Lestari menjalankan kegiatan usahanya dengan berbagai jenis mesin. Melansir dari penelitian yang dipublikasikan Institut Pertanian Bogor (IPB), PT Bumimulia Indah Lestari sudah dilengkapi dengan Electric Extrusion Blow Moulding, Injection Stretch Blow, Injection, Extrusiontube serta proses Printing.

Masih melansir dari sumber yang sama, PT Bumimulia Indah Lestari adalah perusahaan yang memproduksi berbagai varian kemasan plastik untuk botol kemasan, produk kosmetik, makanan, farmasi, produk rumah tangga, minyak pelumas, agro kimia, minyak makanan, produk kimia, pallet, dan masih banyak lagi lainnya.

PT Bumimulia Indah Lestari dalam menjalankan kegiatan usahanya memiliki visi dan misi khusus. Melansir dari situs website resminya, visi PT Bumimulia Indah Lestari adalah menjadi produsen kemasan plastik terbaik di ASEAN dengan menyediakan produk berkualitas yang dikembangkan bersama dengan biaya produksi serendah mungkin.

Sementara itu, misi PT Bumimulia Indah Lestari ada empat, di antaranya sebagai berikut:

1. Menghasilkan produk berkualitas dengan harga kompetitif yang memenuhi spesifikasi produk pelanggan yang ketat dan persyaratan kualitas dalam waktu pengiriman sesingkat mungkin.

2. Menjadi pemimpin terdepan dalam teknologi produksi dan inovasi mencapai kepemimpinan pasar dengan nama merek terkemuka dan diakui secara internasional dalam industri dengan pertumbuhan tinggi.

3. Mengembangkan jalur produksi di tempat pelanggan untuk jangka waktu kontrak yang lebih lama untuk melayani pelanggan dengan lebih baik dalam hal mengurangi waktu pengiriman, kualitas setinggi mungkin dan menghilangkan kebutuhan pelanggan untuk mempertahankan persediaan yang tinggi. (Dalam konsep tumbuhan).

4. Mencapai kompetensi teknis staf yang tinggi untuk memberikan layanan yang berpusat pada pelanggan.

3 dari 3 halaman

Sejarah Berdirinya PT Bumimulia Indah Lestari dari Tahun 1997 sampai Sekarang

PT Bumimulia Indah Lestari memiliki sejarah perjalanan yang cukup panjang, hingga akhirnya bisa menjadi produsen plastik kemasan bertaraf internasional. Begini sejarah berdirinya PT Bumimulia Indah Lestari melansir dari situs website resminya:

1. Tahun 1997

PT Bumimulia Indah Lestari didirikan pada tahun 1997 dengan pabrik pertamanya berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, Indonesia. Kegiatan usaha ini dimulai dengan teknologi Extrusion Blow Molding dan Injection Moulding, terutama memasok set wadah untuk pelanggan kosmetik dan agrokimia.

2. Tahun 2003

Bumimulia dianugerahi Sertifikasi ISO9001 tentang Manajemen Mutu, sebagai penghargaan tertinggi yang dapat diterima oleh produsen kemasan. Penghargaan ini menggemakan ambisi PT Bumimulia Indah Lestari untuk menjadi penyedia solusi pengemasan terkemuka di seluruh dunia.

Sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan umum komunitas PT Bumimulia Indah Lestari beroperasi dengan menawarkan produk dengan kualitas terbaik kepada pelanggan.

3. Tahun 2004

PT Bumimulia Indah Lestari mendirikan pabrik kedua di ujung barat laut Jawa di Merak, Banten Indonesia. Lokasi ini adalah rumah bagi perusahaan industri besar lainnya terutama bisnis pelumasan dan agrokimia dan memungkinkan PT Bumimulia Indah Lestari untuk mendapatkan pijakan yang kuat dan strategis di daerah pinggiran luar Indonesia.

4. Tahun 2007

Upaya PT Bumimulia Indah Lestari untuk mendapatkan hasil yang lebih konsisten dan tinggi serta kualitas yang konsisten, melakukan kerja sama dengan Bekum untuk melakukan tandem pertama botol 90ml dari bawah ke bawah dengan produksi 400.000 botol per hari. PT Bumimulia Indah Lestari adalah perusahaan pertama di dunia yang memiliki mesin dan memiliki kemampuan untuk mengoperasikannya.

5. Tahun 2008

PT Bumimulia Indah Lestari dikenal sebagai perusahaan pertama yang memperkenalkan konsep manufaktur baru bersama Friesland Campina di Ciracas, Jawa Barat. Mereka memasang mesin tiup tandem di area pabrik untuk memasok 20 juta botol susu per hari. Konsepnya adalah mengurangi biaya pengemasan, penyimpanan gudang dan tepat waktu.

6. Tahun 2010

PT Bumimulia Indah Lestari berhasil memenangkan tender besar dengan Pertamina yang merupakan perusahaan pelumas milik pemerintah terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, PT Bumimulia Indah Lestari membangun lini ketiga teknologi Extrusion Blow Moulding di Gresik untuk mendukung pertumbuhan bisnis Pertamina di Jawa Timur.

7. Tahun 2011

PT Bumimulia Indah Lestari memperluas teknologi elektrik Extrusion Blow Moulding dengan In-Mould labeling yang mengarahkan pelabelan selama proses pencetakan untuk mengurangi biaya pelabelan.

8. Tahun 2012

PT Bumimulia Indah Lestari memperluas konsep pabrik in-plant untuk PT Kinocare Era Kosmetindo untuk jalur Injection Stretch Blow yang dipasang untuk botol PET, di Cikande, Jawa Barat.

Pada tahun yang sama, PT Bumimulia Indah Lestari kembali membangun produksi in-plant dengan PT Industri Susu Alam Murni (untuk Danone Dairy Indonesia). Produksi in-plant ini didedikasikan sepenuhnya untuk memproduksi botol susu dengan Mesin Blow Moulding, di Bandung, Jawa Barat.

9. Tahun 2013

Seiring berkembangnya bisnis Tupperware, PT Bumimulia Indah Lestari telah membangun pabrik khusus untuk produk-produk rumah tangga yang dilengkapi dengan mesin injeksi elektrik sepenuhnya, otomatis penuh dengan robot pickup dan in line assembly untuk menerapkan lean manufacturing bersama dengan dukungan Tupperware.

Kemudian, PT Bumimulia Indah Lestari sudah menjadi produsen kemasan botol susu terbesar di Indonesia, yang ditunjuk sebagai pemasok utama dengan Indolacto (Grup Indofood). PT Bumimulia Indah Lestari memasang 2 botol susu mesin Tandem Blow Moulding di Purwosari, Jawa Barat.

10. Tahun 2014 – Sekarang

Pabrik keempat PT Bumimulia Indah Lestari di Marunda, Jakarta Utara dibangun untuk memenuhi permintaan industri yang terus meningkat khususnya bisnis minyak sawit dan pelumas.

PT Bumimulia Indah Lestari pada tahun ini dianugerahi Sertifikasi Sistem Keamanan Pangan 22000 : 2011 dalam pembuatan kemasan plastik kaku untuk industri makanan (botol, tutup, dan cangkir).

Ini sertifikasi terdepan di dunia untuk sistem pengelolaan makanan. Penghargaan PT Bumimulia Indah Lestari ini menunjukkan kualitas dan keseriusan perusahaan terhadap kemasan makanan karena terbukti dan bersertifikat internasional untuk keamanannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.