Sukses

Profil PT Mora Telematika Indonesia, Penyelenggara Telekomunikasi Swasta Terbesar

PT Mora Telematika Indonesia sudah berdiri sejak tahun 2000.

Liputan6.com, Jakarta - PT Mora Telematika Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. PT Mora Telematika Indonesia populer disebut sebagai penyedia infrastruktur dan jaringan telekomunikasi swasta terbesar di Indonesia.

PT Mora Telematika Indonesia sudah berdiri sejak tahun 2000. Saat ini PT Mora Telematika Indonesia sudah mengembangkan kegiatan usahanya ke banyak sektor. Efektif per Juli 2022 PT Mora Telematika Indonesia memperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham sehingga status Perusahaan berubah menjadi Perusahaan Terbuka.

PT Mora Telematika Indonesia memulai kegiatan usahanya pada tahun 2000 sebagai penyedia layanan internet dan kartu telepon. Visi dari PT Mora Telematika Indonesia adalah secara aktif berkontribusi untuk mentransformasikan masyarakat menjadi suatu masyarakat digital terkemuka.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil PT Mora Telematika Indonesia, sejarah berdiri, serta visi dan misinya, Senin (2/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PT Mora Telematika Indonesia adalah Penyelenggara Infrastruktur Telekomunikasi Terkemuka di Indonesia

PT Mora Telematika Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. PT Mora Telematika Indonesia, bergerak dalam bidang aktivitas telekomunikasi dengan kabel, internet service provider, jasa interkoneksi internet (NAP).

Melansir dari situs website resminya, PT Mora Telematika Indonesia adalah salah satu penyedia infrastruktur dan jaringan telekomunikasi swasta terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2000.

PT Mora Telematika Indonesia memulai kegiatan usahanya pada tahun 2000 sebagai penyedia layanan internet dan kartu telepon. Kemudian, pada 2007, PT Mora Telematika Indonesia bertransformasi menjadi perusahaan penyedia jasa infrastruktur telekomunikasi dengan membangun jaringan kabel serat optik.

PT Mora Telematika Indonesia telah melalui perjalanan panjang sebagai penyelenggara infrastruktur telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Keunggulan ini membuat pemerintah Indonesia mempercayakan PT Mora Telematika Indonesia untuk menjalankan proyek strategis nasional infrastruktur prioritas Pemerintah Pusat sebagai pemenang tender Proyek Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Timur pada 2016.

Proyek Palapa Ring adalah proyek antara Pemerintah Pusat dengan anak perusahaan Moratelindo yaitu PT Palapa Ring Barat dan PT Palapa Timur Telematika yang diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia untuk membangun infrastruktur telekomunikasi serat optik di seluruh Indonesia.

PT Mora Telematika Indonesia pun berhasil menerbitkan Obligasi pada tahun 2017 dengan nilai Rp1.000.000.000,- (satu triliun Rupiah), yang pada masa penawaran awal-nya mendapat tanggapan yang positif dari investor dengan kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga sekitar 1.4 kali dari target.

Masih melansir dari sumber yang sama, PT Mora Telematika Indonesia efektif per Juli 2022 Moratelindo telah memperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham sehingga status Perusahaan berubah menjadi Perusahaan Terbuka. 

Per tanggal 8 Agustus 2022 PT Mora Telematika Indonesiatelah resmi mencatatkan sahamnya untuk diperdagangkan di Papan Utama Bursa Efek Indonesia (“BEI”) dengan kode saham MORA.

3 dari 4 halaman

Sejarah Berdirinya PT Mora Telematika Indonesia

Ini sejarah berdirinya PT Mora Telematika Indonesia dari tahun ke tahun melansir dari situs website resminya:

1. Tahun 2000, PT Mora Telematika Indonesia memulai usahanya sebagai penyedia layanan internet dan kartu telepon.

2. Tahun 2007, PT Mora Telematika Indonesia bertransformasi menjadi perusahaan penyedia jasa infrastruktur telekomunikasi dengan membangun jaringan kabel serat optik sepanjang 7,5 km di Pulau Jawa. Moratelindo memiliki keunggulan dalam infrastruktur jaringan serat optik dan industri telekomunikasi. Keunggulan ini mengantarkan Perseroan terus berkembang hingga ke tingkat global.

3. Tahun 2008. PT Mora Telematika Indonesia mendirikan perusahaan anak di Singapura serta membangun kabel laut Moratelindo International Cable-System One (MIC-1) yang menghubungkan Jakarta dengan Singapura.

4. Tahun 2009, PT Mora Telematika Indonesia aktif mengembangkan jaringan internasional dengan membangun jaringan kabel serat optik bawah laut BDM (Batam-Dumai-Malaka).

5. Tahun 2010, seiring dengan kepercayaan yang tumbuh kuat kepada Perseroan, Pemerintah Singapura memberikan lisensi Facilities-Based Operations (FBO) sebagai gateway untuk layanan leased line internasional.

6. Tahun 2012, PT Mora Telematika Indonesia mendirikan 6 (enam) Nusantara Data Center (NDC) dengan standard design Tier 2, yang saling terintegrasi di Medan, Batam, Palembang, Jakarta, Surabaya, Bali. Seluruh NDC Moratelindo terhubung dengan ratusan PoP dan High Rise Building serta seluruh jaringan Moratelindo.

7. Tahun 2014, PT Mora Telematika Indonesia memperkuat jaringannya melalui infrastruktur Metro-E yang dibangun di 21 kota, sehingga total jaringan yang dimiliki di tahun 2014 mencapai sepanjang 9.681 km.

8. Tahun 2015, PT Mora Telematika Indonesia memutuskan untuk melakukan ekspansi pada Fiber To The X (FTTX) untuk Corporate Market. Setahun kemudian, Moratelindo merambah pasar ritel FTTX melalui brand “oxygen.id”.

9. Tahun 2016, pemerintah Indonesia mempercayakan PT Mora Telematika Indonesia untuk menjalankan proyek strategis nasional infrastruktur prioritas Pemerintah Pusat dengan menunjuk Perseroan sebagai pemenang tender Proyek Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Timur.

10. Tahun 2021, PT Mora Telematika Indonesia terus melakukan ekspansi dengan mengembangkan Fiber To The Home (FTTH) ke kota-kota baru seperti Jambi, Bandung, Semarang serta melanjutkan pengembangan FTTX ke kota Kupang dan Labuan Bajo. 

11. Tahun 2022, efektif per Juli 2022 PT Mora Telematika Indonesia telah memperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham sehingga status Perusahaan berubah menjadi Perusahaan Terbuka. IPO Perseroan mengalami kelebihan permintaan alias oversubscribed hingga 227,35 kali, melampaui sejumlah target yang telah ditetapkan sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Visi dan Misi PT Mora Telematika Indonesia

PT Mora Telematika Indonesia dalam menjalankan kegiatan usahanya sebagai penyelenggara infrastruktur telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Ini penjelasan visi dan misi PT Mora Telematika Indonesia yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

Visi PT Mora Telematika Indonesia 

Visi dari PT Mora Telematika Indonesia adalah secara aktif berkontribusi untuk mentransformasikan masyarakat menjadi suatu masyarakat digital terkemuka.

Misi PT Mora Telematika Indonesia 

Misi PT Mora Telematika Indonesia adalah mengembangkan infrastruktur telekomunikasi terbaik di kelasnya dan memimpin ekosistem layanan telekomunikasi dan digital. 

Nilai-Nilai PT Mora Telematika Indonesia

1. Memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan melalui layanan prima

Selalu memberikan yang terbaik bagi kepuasan pelanggan dan berusaha selalu memahami kebutuhan pelanggan yang dinamis.

Fokus terhadap SERVICE EXCELLENCE.

2. Merangkul dan mendorong perubahan

Mampu menyiapkan tindakan penyesuaian dan perbaikan dalam rangka menyikapi tuntutan perubahan teknologi dan lingkungan bisnis.

Fokus terhadap CHANGE.

3. Membangun semangat tim yang positif dan komunikasi yang terbuka

Menjaga kesatuan tim dengan mengedepankan kebersamaan dan komunikasi yang baik.

Fokus terhadap TEAM WORK.

4. Inovatif dan berpikiran terbuka

Selalu mencari cara dan ide baru dalam rangka mencapai tujuan.

Fokus terhadap INNOVATIVE.

5. Penuh antusias

Menjalankan tugas dan kewajiban dengan antusias sehingga mampu meraih hasil yang optimum.

Fokus terhadap BE PASSIONATE.

6. Rendah hati dan bertindak penuh integritas

Menjunjung ni lai-ni lai kejujuran dan menggiatkan perilaku profesional dan selalu memberikan yang terbaik.

Fokus terhadap INTEGRITY. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.