Sukses

Malaikat yang Bertugas Menyampaikan Wahyu adalah Jibril, Muslim Wajib Tahu

Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah salah satu malaikat yang disebutkan di dalam Al-Qur’an.

Liputan6.com, Jakarta Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah malaikat Jibril. Setiap muslim tentunya wajib mengimani para malaikat. Bahkan iman kepada malaikat merupakan rukun iman yang kedua, setelah iman kepada Allah SWT.

Rukun iman yang kedua ini berisi bagaimana Muslim mengimani adanya malaikat sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Pengertian iman kepada malaikat wajib dipahami semua umat Islam. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. 

Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah salah satu malaikat yang disebutkan di dalam Al-Qur’an. Dengan memahami pengertian iman kepada malaikat, kamu akan menyadari bahwa di dunia ini ada makhluk ciptaan Allah yang selalu taat kepada-Nya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/1/2023) tentang malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Iman Kepada Malaikat

Sebelum mengenali malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah malaikat Jibril, kamu perlu memahami iman kepada malaikat terlebih dahulu. Iman kepada malaikat berarti mengimani keberadaan malaikat sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Iman kepada malaikat juga berarti mengimani tugas dan amalan yang diberikan Allah pada malaikat.

Malaikat adalah bentuk jamak dari kata malakun yang artinya pengutusan. Dalam Islam disebutkan bahwa malaikat diciptakan dari cahaya. Malikat merupakan ciptaan Allah SWT yang tidak memiliki keistimewaan rububiyah dan uluhiyah. Meski begitu Allah menciptakan malaikat untuk selalu taat kepada-Nya. Malaikat adalah satu-satunya mahluk yang paling yang taat kepada Allah SWT. Pengertian iman kepada malaikat adalah meyakini jika malaikat itu ada yang senantiasa mengawasi perbuatan baik dan buruk setiap manusia.

Iman kepada malaikat tertulis jelas dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 285.

“Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya….”

Allah berfirman “barangsiapa yang kafir kepada Allaf, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS. An-Nisa’: 136).

Allah telah berfirman dalam surat Al-Anbiya’ ayat 19-20 yang artinya,

“Para malaikat yang ada di sisi-Nya, mereka tidak angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.”

3 dari 4 halaman

10 Malaikat dan Tugasnya

Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah Jibril. Selain itu, kamu tentunya juga perlu mengenali malaikat lainnya. Ada 10 malaikat yang wajib kamu kenali. Setiap malaikat memiliki tugasnya masing-masing. Dari sinilah kamu akan mengenal malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah Jibril.

Berikut 10 malaikat beserta tugasnya:

Jibril

Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah Jibril. Jibril berperan dalam menyampaikan wahyu kepada nabi dan rasul. Nama lain malaikat Jibril adalah Ruh al-Quds, ar-Ruh al-Amin, dan Namus.

Mikail

Malaikat Mikail bertugas mengatur kesejahteraan makhluk, seperti mengatur awan, menurunkan hujan, melepaskan angin, dan membagi-bagikan rezeki.

Israfil

Malaikat Israfil bertugas meniupkan terompet (sangkakala), saat dimulainya kiamat hingga saat hari berbangkit di Padang Mahsyar.

Izrail

Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk hidup, baik  manusia, jin, iblis, setan, dan malaikat apabila telah tiba waktunya.

Munkar

Malaikat Munkar bertugas menanyai orang yang sudah meninggal dan berada di alam kubur.

Nakir

Malaikat Nakir bertugas menanyai orang yang sudah meninggal dan berada di alam kubur.

Raqib

Malaikat Raqib bertugas mencatat semua pekerjaan baik setiap manusia sejak ±qil b±lig sampai akhir hayat.

Atid

Malaikat Atid bertugas mencatat semua pekerjaan buruk setiap manusia sejak ±qil b±lig sampai akhir hayat.

Ridwan

Malaikat Ridwan bertugas menjaga dan mengatur kesejahteraan penghuni surga.

Malik

Malaikat Malik disebut juga malaikat zabaniyyah bertugas menjaga dan mengatur siksa (azab) bagi para penghuni neraka.

4 dari 4 halaman

Malaikat yang Bertugas Menyampaikan Wahyu adalah Jibril

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah Jibril. Malaikat Jibril dikenal juga sebagai pemimpin para malaikat. Nama lain malaikat Jibril adalah Ruh al-Quds, ar-Ruh al-Amin, dan Namus. Malaikat Jibril adalah malaikat yang menyampaikan berita kelahiran Nabi Isa kepada ibunya Maryam dan juga malaikat yang menyampaikan Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW.

Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah Jibril, yang kerap bertemu dengan nabi Muhammad SAW dalam wujud manusia biasa. Bentuk fisik Jibril ada tertera dalam uraian mengenai kisah nabi Muhammad, kala dia mendapat wahyu kali kedua, Ketika itu nabi menuntut untuk bertemu atau melihat rupa asli sang utusan Tuhan dari langit, atau bagaimana sesungguhnya dzat wujud Jibril tanpa rupa samar, sebagaimana pada waktu yang lain, sang utusan (ruhul'qudus) selalu tampak dalam rupa seorang manusia biasa, seperti yang disebutkan dalam hadis Jibril.

Terkadang, ketika Nabi Muhammad SAW sedang berjalan, dia menyaksikan wujud Jibril memenuhi cakrawala, dan jika dia berpaling, dia tetap menyaksikan wujud Jibril di hadapannya. Hal ini menggambarkan betapa besarnya fisik Jibril dalam pandangan mata manusia.

Jibril menampakkan wujudnya dengan enam ratus sayap antara masyriq (timur) dan maghrib (barat) sayap dan busana kebesarannya putih laksana mutiara yang larut, dengan rupa yang begitu elok dan rupawan, dan dengan kekuatan yang dahsyat penuh mukzijat. Jadi, malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah Jibril.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.