Sukses

Profil PT Dharma Polimetal Tbk, Perusahaan Komponen Otomotif Berskala Nasional

Profil PT Dharma Polimetal Tbk, usaha PT Dharma Polimetal Tbk dan kebijakan perusahaan yang ada di PT Dharma Polimetal Tbk.

Liputan6.com, Jakarta PT Dharma Polimetal Tbk merupakan perusahaan induk atau holding Company dari Dharma Group yang bergerak di bidang manufaktur komponen otomotif untuk sepeda motor dan juga mobil. Berdiri sejak 1989, PT Dharma Polimetal Tbk telah memproduksi berbagai komponen otomotif untuk berbagai merek terkenal dunia.

PT Dharma Polimetal Tbk juga merupakan anak perusahaan dari Triputra Group, yang merupakan perusahaan dengan latar belakang manajemen di bidang industri motor nasional. Saat ini PT Dharma Polimetal Tbk telah melayani banyak pelanggan, diantaranya adalah  Astra Honda Motor, Daihatsu, Honda, Suzuki, TVS dan masih banyak lagi.

Terus berinovasi dan berkembang, PT Dharma Polimetal Tbk selalu berusaha untuk mengutamakan kepuasan pelanggan nya dengan menyediakan kualitas produk yang terbaik. Hal ini sesuai dengan motto perusahaan “Excellence Through People and Process”.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Dharma Polimetal Tbk yang telah Liputan6.com rangkum dari laman resmi dharmagroup.co.id pada Selasa (10/1/2023). Profil PT Dharma Polimetal Tbk, usaha PT Dharma Polimetal Tbk dan kebijakan perusahaan yang ada di PT Dharma Polimetal Tbk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Dharma Polimetal Tbk

Profil PT Dharma Polimetal Tbk

PT Dharma Polimetal Tbk sebagai holding Company Dharma Group, yang berdiri sejak tahun 1989, bergerak di bidang usaha komponen otomotif untuk sepeda motor dan mobil. Dharma Group telah menjadi bagian dari mata rantai pasokan otomotif terintegrasi dengan produk-produk suku cadang dan komponen yang inovatif dan berkualitas sesuai dengan standar pabrikan kelas dunia. 

Sebagai salah satu anak Perusahaan dari Triputra Group, Perusahaan mempunyai latar belakang Manajemen yang berpengalaman di industri otomotif nasional. PT Dharma Polimetal Tbk telah berkembang menjadi sebuah Perusahaan induk dari Dharma Group yang mengedepankan pertumbuhan yang berkelanjutan dengan menjadikan teknologi sebagai keunggulan operasionalnya. 

Dengan motto Excellence Through People and Process Dharma Group mempunyai pelanggan yang bereputasi baik dari merek-merek terkenal di dunia serta berkelanjutan dengan hubungan jangka panjang. Ke depan, Dharma Group siap untuk menjadi bagian dari kebangkitan sektor otomotif termasuk dalam menyambut era revolusi industri 4.0 dengan menerapkan digitalisasi di rantai proses bisnisnya, dan pengembangan dan produksi komponen dan parts kendaraan listrik di Tanah Air sebagai perwujudan Exist to Contribute kepada Bangsa.

Visi : Menjadi Perusahaan Manufaktur kelas dunia yang dapat memberikan Kontribusi Positif terhadap Stakeholder.

Misi : Berperan sebagai Mitra Strategis yang memberikan produk dengan kualitas terbaik dan kompetitif dalam Komponen Otomotif kepada Pelanggan melalui proses dan orang-orang yang excellent. 

Nilai Perusahaan : 

1. INTEGRITY & ETHICS

Perilaku Kunci: Melakukan yang dikatakan; Fokus pada masalah dan pemecahannya bukan pada orang; Lakukan yang benar dan seharusnya, bukan hanya yang diinginkan; dan Bertindak berdasarkan fakta dan data.

2. EXCELLENCE

Perilaku Kunci: Pantang menyerah dan bertindak untuk menang; Eksekusi yang disiplin, perbaikan berkesinambungan dan inovasi.

3. COMPASSION

Perilaku Kunci: Kepedulian terhadap sesama dan lingkungan dengan tindakan nyata; Membangun generasi untuk tujuan baik yang lebih besar dari diri.

4. HUMILITY

Perilaku Kunci: Mengalahkan ego diri untuk kepentingan lebih besar dan berpikiran terbuka; Bersyukur atas apa yang dimiliki dan tulus menghargai sesama.

 

Alamat : Jl. Angsana Raya Blok A9 No.8 Delta Silicon 1 Cikarang 17550.

Telp. (6221) 897 4637 / (6221) 897 4559

Fax : (6221) 899 01656

3 dari 5 halaman

Bisnis PT Dharma Polimetal Tbk

Bisnis PT Dharma Polimetal Tbk

PT Dharma Polimetal Tbk ( DP ) berdiri sejak 27 Maret 1989, dan fokus memproduksi komponen sepeda motor dan mobil serta menjadi salah satu supplier industri otomotif ternama di Indonesia. Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan menerapkan prinsip Manajemen Mutu ISO TS 16949 & Manajemen Lingkungan ISO 14001.

Sebagai komitmen perusahaan dalam menjamin kualitas produk sesuai harapan customer, perusahaan mempunyai inspection facility yang memiliki tingkat akurasi tinggi seperti Atomic Absorption Spectroscopy (AAS), Layout Machine, Flexible Arm Measurement, Photo Micro and Macro, Profile Projector, Tensile Strength, Salt Spray Test & Cass Test yang secara periodik dikalibrasi.

Produk-produk PT Dharma Polimetal Tbk meliputi komponen-komponen utama sepeda motor dan mobil seperti :

1. Sepeda Motor : Frame Body, Muffler, Wheel Rim, Steering Handle, Grab Rail, Main Stand, Bar Comp Step, Swing Arm, Arm Cushion, Fastener

2. Mobil : Reinforcement Sub Assy Inst Panel / Beam Comp Steering Hanger, Hood Lock, Cross Member Frame, G Parts, Fastener, Suspension Member

PT Dharma Polimetal Tbk memiliki sarana produksi yang terintegrasi mulai dari Stamping 80 Ton – 1200 Ton, Cold Forging, Machining, CNC/NC Bending, Manual & Robot Welding, Robot Spot Welding, Auto Multi Drilling, Special Propose Machine, yang dilengkapi dengan proses Finishing seperti Nickel Chrome Plating, Acid Zinc Plating, Spray Painting with Robot Paint, Cathode Electro Dipping (CED) Painting & Heat Treatment.

Pelanggan PT Dharma Polimetal Tbk

- Astra Honda Motor

- Daihatsu

- Honda

- Suzuki

- TVS

- Toyota 

- Akebono

- Kawasaki

- Hyundai

- Mitsubishi

- KYB

- ASKI

4 dari 5 halaman

Kebijakan Perusahaan

Kebijakan Perusahaan

PT Dharma Polimetal Tbk selalu berupaya menjadi perusahaan manufaktur komponen otomotif yang berkelanjutan melalui tanggung jawab perusahaan yang strategis dan program pembangunan berkelanjutan berdasarkan tiga bidang utama yang sejalan dengan motto perusahaan yaitu excellence through people and process.

A. Kebijakan Lingkungan Hidup

PENERAPAN PENGELOLAAN LIMBAH B3 DI PT DHARMA POLIMETAL TBK SEBAGAI PERUSAHAAN KELAS DUNIA

Saat ini industri berkembang pesat dalam hal ragam maupun jumlahnya di Indonesia. Setiap industri mempunyai potensi untuk menimbulkan limbah yang dihasilkan dari proses produksi. Limbah merupakan bahan bahan sisa yang dihasilkan dari suatu kegiatan dan proses produksi, baik pada skala rumah tangga, industri, pertambangan, dan sebagainya. 

Bentuk limbah tersebut dapat berupa gas dan debu,cair atau padat. Di antara berbagai jenis limbah ini ada yang bersifat beracun atau berbahaya dan dikenal sebagai limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (Limbah B3). PT Dharma Polimetal Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri pembuatan komponen kendaraan bermotor yang menghasilkan limbah yang bersifat berbahaya dan beracun dari kegiatan proses produksi dan dapat berpotensi menjadi pencemar bagi lingkungan bila tidak dikelola dengan baik. 

Limbah B3 yang dihasilkan oleh PT Dharma Polimetal Tbk adalah sludge hasil PAL, kerak cat/sludge painting, phosphate sludge, oli bekas, majun & Sarung tangan bekas, kemasan bekas B3 (kaleng cat, jerigen, kaleng thinner, drum). PT Dharma Polimetal Tbk mempunyai manajemen penanganan pengelolaan limbah B3 dengan baik sehingga mempunyai jaminan untuk tidak mencemari lingkungan.

Penanganan limbah merupakan suatu keharusan guna terjaganya kesehatan manusia dan lingkungan pada umumnya, sudah tidak diragukan lagi. Namun pengadaan sarana pengolahan limbah ternyata masih dianggap memberatkan bagi sebagian industri maupun instansi. Masih terdapat industri yang membuang  langsung limbah ke badan air sehingga menyebabkan pencemaran air. Menurut PP No. 18 Tahun 1999, maka perlu dilakukan adanya pengelolaan limbah B3 untuk mencegah dan menanggulangi kerusakan lingkungan. 

PT Dharma Polimetal Tbk menyadari akan pentingnya hal tersebut sehingga bertanggung jawab dengan menyediakan sarana pengolahan limbah yaitu instalasi waste water treatment & Penyimpanan Limbah B3 sementara yang selanjutnya akan diangkut oleh badan yang memiliki izin untuk pengolahan limbah B3.

Limbah Bahan  Berbahaya dan Beracun (B3) didefinisikan sebagai limbah atau kombinasi limbah yang karena kuantitas, konsentrasi, atau sifat fisika dan kimia atau yang memiliki karakteristik cepat menyebar, mungkin yang merupakan penyebab meningkatnya angka penyakit dan kematian, juga memiliki potensi yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan ketika tidak sesuai pada saat diperlakukan, dalam penyimpanan, transportasi, atau dalam penempatan dan pengolahan. Berdasarkan PP No. 18 Tahun 1999 & PP No. 85 Tahun 1999 limbah yang termasuk limbah B3 adalah limbah yang memenuhi salah satu atau lebih karakteristik sebagai berikut:

- Limbah mudah meledak;

- Limbah mudah terbakar;

- Limbah yang bersifat reaktif;

- Limbah beracun;

- Limbah yang menyebabkan infeksi;

- Limbah bersifat korosif.

Prinsip-Prinsip Dasar Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3):

- Minimasi Limbah;

- Polluters Pays Principle;

- Pengolahan dan Penimbunan Limbah B3 di Dekat Sumber;

- Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan;

- Konsep “Cradle to Grave” , ialah upaya pengelolaan limbah B3 secara sistematis yang mengatur, mengontrol, dan memonitor perjalanan limbah dari mulai terbentuknya limbah sampai terkubur pada penanganan akhir;

- Konsep “Cradle To Cradle”, adalah konsep baru didalam suatu produksi industri yang berwawasan lingkungan. Pengertian dari konsep ini adalah suatu model dari sistem industri di mana material/bahan mengalir sesuai dengan siklus biologi.

 

5 dari 5 halaman

Kebijakan Perusahaan

B. Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan kerja

PENTINGNYA SAFETY INDUCTION DI TEMPAT KERJA

Penting sekali untuk sebuah tempat kerja memfasilitasi pekerja baru maupun pengunjung baru mengenai Safety Induction sebelum mereka memulai pekerjaan atau kunjungan. Tujuannya adalah agar mereka dapat melakukan aktivitasnya sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku di tempat kerja tersebut. 

Safety Induction adalah langkah pertama untuk melibatkan karyawan, kontraktor dan pengunjung untuk beraktivitas dengan aman di lokasi kerja. Safety Induction penting sebagai langkah pencegahan terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja. Safety Induction yang efektif tidak hanya memastikan keselamatan diri sendiri, tetapi juga memastikan keselamatan rekan kerja atau orang lain.

PT Dharma Polimetal Tbk sangat peduli dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), hal ini ditunjukkan dengan penerapan prosedur – prosedur K3 di lingkungan perusahaan yang selalu dimonitoring oleh management. Salah satu contohnya adalah penerapan Safety Induction untuk para pekerja baru, kontraktor maupun pengunjung baru. Materi safety induction berbeda-beda disesuaikan dengan jenis pekerjaan masing-masing. Tetapi secara garis besar materi safety induction yang disampaikan berisi, antara lain:

- Hak dan kewajiban pekerja terkait K3 sesuai peraturan yang berlaku.

- Kebijakan dan peraturan umum K3 perusahaan.

- Prosedur kerja sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing.

- Alat pelindung diri yang wajib digunakan di lokasi kerja.

- Potensi bahaya dan kecelakaan yang pernah atau mungkin terjadi di lingkungan kerja dan cara mengendalikannya.

- Prosedur evakuasi ketika terjadi keadaan darurat.

- Prosedur pelaporan kecelakaan.

“Safety is Everyone’s Business’, Keselamatan bukan hanya menjadi tanggung jawab perusahaan, melainkan menjadi tanggungjawab kita Bersama, karena keselamatan adalah prioritas utama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.