Sukses

15 Singkatan yang Sering Digunakan ini Jarang Diketahui Artinya

Singkatan ini lebih mudah diucapkan dari pada kata kepanjangan aslinya

Liputan6.com, Jakarta Sering kali dalam berbicara atau menyebut sebuah tempat dan benda, kita menggunakan singkatan yang sudah sering digunakan dan setiap orang memahami maksudnya. Namun tidak sedikit juga singkatan itu digunakan karena kebiasaan dan terus menerus tanpa mengetahui kepanjangan atau arti sebenarnya. 

Biasanya singkatan ini digunakan untuk mengirim pesan teks agar mempermudah penyebutan sebuah benda atau tempat. Atau singkatan juga digunakan karena memiliki kata-kata yang lebih pendek dari pada aslinya. Atau bisa juga singkatan itu digunakan karena pengucapannya lebih mudah dari pada kata aslinya.

Kamu pasti sering menggunakan singkatan untuk kegiatanmu sehari-hari. Selain penggunaannya yang mudah, singkatan juga terkadang lebih umum di dengar dari pada kata aslinya atau kata kepanjangannya. Bahkan beberapa singkatan dianggap sebagai kata aslinya meskipun sebenarnya memilii kepanjangan yang berbeda atau kepanjangan sendiri.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa singkatan yang sering digunakan namun jarang diketahui kepanjangan atau makna sebenarnya dari beberapa sumber, Senin (8/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Robot, sinetron atau LPG kepanjangannya apa ya?

1. Robot

Robot adalah sebuah singkatan dari kata Residents Official Board of Technology. Istilah robot berawal dari bahasa Ceko yaitu 'robota' yang memiliki arti sebagai pekerja atau kuli yang tidak memounyai lelah dan bosan. Benar juga ya, robot tidak akan merasa capek.

2. Internet

Internet atau Interconnected Network adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suit (TCP/IP).

3. PIN

Personal Identification Number atau PIN adalah angka sandi rahasia yang digunakan oleh seseorang untuk menghubungkan data diri pengguna dengan sistem.

4. ELPIJI (LPG)

Liquified Petroleum Gas atau LPG dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai gas minyak bumi yang di cairkan. Wah kalau diucapkan dalam bahasa Indonesia jadi sulit ya.

5. Sinetron

Sinetron adalah sebuah singkatan dari Sinema Elektronik. Ini perlu kamu ketahui bagi para pecinta sinetron.

3 dari 4 halaman

Kalau wifi dan GPS kepanjangannya apa ya?

6. GPS

GPS adalah singkatan dari Global Positioning System, atau dalam bahasa Indonesianya adalah sistem pemosisi global. Hayo yang biasanya diucapkan atau di tulis pas lagi order ojek online, ini ternyata arti GPS.

7. HVS

HVS adalah sebuah singkatan dari bahasa Belanda yaitu Hout Vrij Schrift yang memiliki arti kertas tulis, atau kertas bebas serat kayu. Kalau diucapkan pakai bahasa Belanda jadi belibet ya.

8. Wifi

Wifi yang sering kita gunakan ini ternyata memiliki kepanjangan Wireless Fidelity yang merupakan teknologi jaringan tanpa kabel menggunakan frekuensi tinggi.

9. OLI

OLI adalah sebuah akronim dari Oil Level Indikator yang dalam bahasa Indonesia berarti indikator tingkatan minyak.

10. PDF

PDF adalah singkatan dari Portable Dokument Format. PDF merupakan salah satu jenis format dokumen.

4 dari 4 halaman

Singkatan yang Sering Digunakan dan Artinya

11. USB

USB alias Universal Serial Bus adalah sebutan port komputer yang bersifat universal dan bisa digunakan untuk banyak perangkat. Baru tahu kan?

12. COD

COD atau Cash On Delivery. Jika di artikan dalam bahasa Indonesia adalah dibayar tunai di tempat.

13. URL

Bagi kamu yang sering malakukan browsing pasti tidak asing dengan istilah URL. URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator.

14. BH

Benda ini cukup akrab ditelinga kita terutama wanita. BH merupakan sebuah singkatan dari Bustehouder yang berasal dari bahasa Belanda dan memiliki arti penyangga payudara.

15. OK

Singkatan terakhir yang sering digunakan adalah kata OK. OK sebenarnya merupakan singkatan dari kata All Correct yang memiliki arti semua benar. Namun karena di Indonesia akhirnya berubah menjadi All Korrect atau OK.

Itulah beberapa singkatan yang sering digunakan sehari-hari dalam melakukan aktifitas dan jarang diketahui maknanya. Masih banyak singkatan-singkatan kata yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dan sudah menjadi kebiasaan dalam penggunaannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini