Sukses

7 Potret Miris Hewan Terdampak Sampah Plastik, Ada yang Sampai Mati

Liputan6.com, Jakarta Plastik telah menjadi bagian besar dalam kehidupan manusia, setiap harinya kamu pasti menggunakan sebuah plastik, mungkin kamu tidak memperhatikan berapa banyak plastik yang kamu gunakan setiap harinya.

Menggunakan plastik memang praktis, seperti kemasan makanan yang nanti tidak perlu dicuci, tinggal dibuang. Namun, tahukah kamu kemana saja sampah plastik ini?

Plastik memang ada yang diolah kembali, namun masih sangat banyak plastik yang berakhir di lautan. Setidaknya diperkirakan 8 juta ton plastik berakhir di lautan setiap tahun, jumlah itu seperti membuang isi truk sampah ke perairan laut setiap menit.

Ketika hewan laut menemukan sampah plastik mengapung di lautan, hewan ini menganggapnya sebagai makanan dan memakannya. Seiring berjalannya waktu, karena hewan ini makan sampah plastik dan tidak dapat dicernanya, akhirnya hewan ini mati karena kekurangan gizi.

Sebuah studi pada tahun 2015 menjelaskan bahwa ada 44.000 hewan yang terjerat dan memakan sampah plastik yang berada di laut sejak tahun 1960. Berikut 7 potret miris hewan terdampak sampah plastik yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/4/2019).

2 dari 4 halaman

7 Potret Miris Hewan Terdampak Sampah Plastik

1. Kura-kura yang terbelit plastik di badannya

2. Bangau terperangkap kantong plastikĀ 

3 dari 4 halaman

Potret Miris Hewan Terdampak Sampah Plastik Lainnya

3. Anjing Laut yang mati lemas karena lehernya terjerat sampah.

4. Gajah Laut yang sekarat dan memiliki bekas luka di leher.

4 dari 4 halaman

Hewan Menjadi Korban Sampah Plastik yang Dibuang Sembarangan

5. Hiu yang terjerat kantong plastik di lehernya.

6. Ikan kecil ini terjerat pita di leher.

7. Seekor penyu yang terjerat jaring yang sudah tidak dipakai.