Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

6 Manfaat Vitamin E yang Jarang Disadari, Bisa Cegah Penuaan Dini

Liputan6.com, Jakarta Manfaat vitamin E ternyata begitu beragam. Vitamin E merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Manfaat vitamin E adalah kunci untuk kekebalan yang kuat dan kesehatan kulit dan mata. Dalam beberapa tahun terakhir, suplemen vitamin E telah menjadi populer sebagai antioksidan. Vitamin E adalah zat yang melindungi sel dari berbagai kerusakan.

Nama generik untuk vitamin E adalah tokoferol. Zat ini dikenal sebagai antioksidan yang larut dalam lemak yang berpotensi menjaga radikal bebas karena senyawa ini merusak struktur sel yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang menakutkan.

Meskipun banyak suplemen yang mengandung vitamin E tersedia, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar dianjurkan untuk mendapatkan banyak vitamin E karena pilihan alami ini bebas dari dampak buruk.

Manfaat vitamin E sudah sering digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Selain itu, manfaat vitamin E juga baik untuk kesehatan lain seperti mata atau fungsi otak. Berikut manfaat vitamin E yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagi sumber, Sabtu (13/4/2019).

2 dari 8 halaman

Manfaat Vitamin E Secara Umum

Vitamin E adalah nutrisi yang penting untuk penglihatan, reproduksi, dan kesehatan darah, otak, dan kulit Anda. Vitamin E juga memiliki sifat antioksidan.

Makanan yang kaya vitamin E termasuk minyak kanola, minyak zaitun, margarin, almond, dan kacang. Anda juga bisa mendapatkan vitamin E dari daging, susu, sayuran hijau, dan sereal yang diperkaya vitami E. Vitamin E juga tersedia sebagai suplemen oral dalam bentuk kapsul atau tetes.

Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan nyeri saraf (neuropati). Jumlah vitamin E harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah 15 miligram sehari.

3 dari 8 halaman

Manfaat Vitamin E untuk Cegah Penuaan Dini

Kerutan dan garis-garis halus pada kulit tidak lebih dari mimpi buruk. Banyak wanita menghabiskan jumlah uang ekstra untuk produk-produk anti-penuaan, tetapi karena mereka sarat dengan bahan kimia yang keras, produk-produk ini tidak selalu memberikan hasil yang memuaskan.

Kulit Anda membutuhkan banyak kelembaban untuk tetap awet muda dan bebas kerut. Inilah sebabnya mengapa para ahli kecantikan menyarankan untuk memasukkan menu makanan yang diperkaya dengan vitamin E.

Nutrisi ini dikemas dengan antioksidan yang berkontribusi pada pertumbuhan kolagen. Kolagen dikenal untuk menambah elastisitas pada kulit yang menjadikannya halus dan awet muda.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Meskipun penurunan kognitif dan kehilangan ingatan sering terjadi pada usia tua, tetapi Anda masih dapat menunda masalah psikologis ini dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, vitamin E baik untuk mengobati penyakit Alzheimer.

Cegah Uban

Karena vitamin E dapat melawan radikal bebas berbahaya, sifat antioksidannya dapat mencegah penuaan dini mengurangi rambut beruban. Mungkin ada banyak alasan di balik rambut beruban dan rusak seperti makanan yang buruk, merokok, kekurangan zat besi, dan lainnya. Tetapi memasukkan vitamin E ke dalam makanan Anda dapat memerangi masalah kesehatan yang menakutkan ini.

4 dari 8 halaman

Manfaat Vitamin E untuk Mencegah Katarak

Kesehatan mata sering diabaikan oleh sebagian besar orang. Mengonsumsi vitamin E dapat membuat potensi untuk menjaga mata Anda aman dari gejala yang terkait dengan katarak.

Beberapa penelitian dalam hal ini telah membuktikan bahwa dengan dikombinasikan dengan lutein dan zeaxanthin. Vitamin E menunda pembentukan katarak dan degenerasi makula dini.

5 dari 8 halaman

Baik untuk Kesehatan Jantung

Vitamin E tak hanya berperan menjaga arteri Anda sehat, tetapi juga mengurangi kemungkinan memiliki masalah jantung di masa depan. Vitamin E mampu memperluas pembuluh darah, yang sangat penting untuk aliran darah yang lancar di tubuh.

Darah yang tersumbat di arteri sangat berbahaya karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah seperti serangan jantung dan meningkatkan kerentanan Anda untuk mengalami stroke.

Selain itu, gumpalan-gumpalan ini di dalam pembuluh darah bahkan dapat menyebabkan emboli paru-paru jika mereka melakukan perjalanan ke paru-paru. Vitamin E berfungsi sebagai pengencer darah mencegah trombosit darah bergabung bersama dan berubah menjadi gumpalan. Karena itu, masukkan vitamin E dalam makanan Anda untuk menghindari masalah kesehatan yang menakutkan ini.

6 dari 8 halaman

Melawan Peradangan Osteoartritis

Vitamin E adalah vitamin kuat yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi lebih baik. Terlepas dari semua manfaat kesehatan luar biasa lainnya, Anda dapat mengobati peradangan osteoarthritis dengan vitamin E.

Diketahui vitamin E dapat meringankan rasa sakit dan iritasi yang disebabkan oleh semua peradangan pada sendi Anda. Sebuah penelitian telah menyimpulkan bahwa orang dengan peradangan osteoartritis dapat secara luar biasa pulih hanya dalam 10 hari dengan mengonsumsi suplemen vitamin E dengan 600 IU.

7 dari 8 halaman

Manfaat Vitamin E Bagi Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Merawat ekstra sistem kekebalan tubuh Anda sangat penting karena melawan bakteri menular yang membuat Anda aman dari diare, demam, batuk, dan flu. Memasukkan vitamin E ke dalam makanan Anda dapat membuat sistem kekebalan Anda lebih kuat.

Vitamin E berkontribusi pada pertumbuhan sel yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membunuh kuman dan bahkan sel kanker. Manfaat vitamin E meningkatkan pertumbuhan sel-B yang membentuk antibodi yang dikenal untuk membunuh bakteri.

Menyembuhkan Bekas Luka

Sel dan jaringan kulit yang rusak menghasilkan bekas luka yang terlihat tidak menarik. Bekas luka ini, terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk sembuh. Sifat penyembuhan yang ditemukan dalam manfaat vitamin E merupakan pilihan yang aman untuk memperbaiki sel-sel yang rusak berkat sifat kuratifnya.

Selain itu, vitamin E aman untuk diaplikasikan pada luka bakar dan memar. Kulit Anda akan menyerap nutrisi dan semua bekas luka akan mulai memudar secara bertahap.

8 dari 8 halaman

Manfaat Vitamin E untuk Menutrisi Tangan dan Kuku

Seperti rambut dan kulit, tangan dan kuku Anda juga membutuhkan nutrisi. Karena vitamin E diketahui melembabkan kulit, ia dapat menjaga tangan Anda tetap halus dan tanpa cacat. Vitamin E adalah cara yang aman untuk mengembalikan kehilangan air trans-epidermis ke kulit Anda.

Anda dapat menggunakan vitamin E yang dikombinasikan dengan lotion biasa ke tangan Anda yang kering untuk hasil yang luar biasa. Juga, untuk kuku yang lebih kuat dan sehat, ahli kecantikan merekomendasikan merendam kuku ke dalam minyak esensial vitamin E secara teratur.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tempat Wisata Ancol yang Seru, Alternatif Liburan di Kawasan Jakarta
Artikel Selanjutnya
20 Kata Bijak Rohani Kristen Tentang Kehidupan, Penuh Makna dan Menenangkan