Sukses

5 Jenis Mie Khas Jepang Paling Terkenal, Tidak Hanya Ramen

Ternyata tidak hanya ramen, ada beberapa jenis mie khas jepang yang tak kalah enak dan unik.

Liputan6.com, Jakarta Kalau sedang membicarakan kuliner Jepang, khususnya mie pasti semua orang akan mengatakan ramen. Tidak diragukan lagi ketenaran ramen sudah begitu dikenal ke mana-mana, terutama Indonesia.

Tetapi, ternyata tidak hanya ramen yang merupakan jenis mie khas Jepang. Masih ada beberapa jenis mie khas Jepang, yang tak kalah enak dan unik.

Bagi pecinta masakan Jepang ataupun pecinta budaya Jepang tentunya sudah tidak asing lagi. Hal itu karena di Indonesia juga sudah banyak restoran khas Jepang yang menawarkan varian jenis mie.  

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang 5 jenis mie khas Jepang yang terkenal, Senin (15/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ramen

Tentunya sebelum membahas jenis-jenis mie khas Jepang lainnya, tidak lengkap rasanya bila belum membahas jenis mie yang paling terkenal, yaitu ramen.

Jenis mie khas Jepang satu ini sudah tentu sangat mudah ditemukan di semua kota di Indonesia, khususnya kota-kota besar. Biasanya, warung makanan khas jepang selalu menyediakan ramen sebagai menunya. Bahkan, banyak juga sekarang kedai makanan yang buka khusus menyediakan ramen saja dengan berbagai varian.

Ramen merupakan jenis mie yang memiliki tekstur yang kenyal. Bisa disajikan dengan kuah panas, kuah dingin maupun digoreng, setiap daerah di Jepang memiliki menu ramen khas masing-masing. Biasnya perbedaan ini terletak pada jenis kuah dan topping yang dipakainya.

Hal ini juga diterapkan di Indonesia. Biasanya kedai ramen di Indonesia akan menyediakan menu ramen yang memiliki topping dan kuah yang berbeda-beda. Bahkan banyak juga kedai ramen yang membuat menu tambahan seperti level pedas yang beragam agar pelanggan bisa memilih sendiri tingkat kepedasan yang diinginkan.

3 dari 6 halaman

Shirataki

Setelah mengetahui jenis mie khas Jepang yang paling terkenal, selanjutnya ada shirataki yang mungkin banyak orang belum tahu tentang salah satu jenis mie khas Jepang ini.

Shirataki mungkin lebih terkenal bagi orang orang yang sedang melakukan diet. Hal ini disebabkan karena shirataki memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang sangat rendah. Jadi jenis mie khas Jepang satu ini sangat sempurna untuk dikonsumsi orang orang yang sedang diet.

Shirataki terbuat dari bahan dasar umbi Konnyaku, yang membuat teksturnya menjadi sangat kenyal. Biasanya jenis mie khas Jepang ini disajikan sebagai makanan pendamping sukiyaki atau bisa juga disajikan dengan digoreng. Bisa dibilang shirataki merupakan salah satu mie khas Jepang yang paling sehat dengan kandungan kandungannya.

4 dari 6 halaman

Soba

Jenis mie khas Jepang satu ini merupakan mie yang juga sekarang mulai terkenal, yaitu Soba. Di Jepang, soba bahkan tak kalah terkenal dibandingkan dengan ramen.

Soba juga merupakan mie yang memiliki tekstur yang kenyal, tapi memiliki ukuran mie yang besar dan warnanya agak kehitaman. Hal ini disebabkan karena bahan dasar soba adalah gandum hitam.

Biasanya soba disajikan dalam keadaan panas dengan campuran kuah kaldu yang kental. Banyak juga variasi penyajian lainnya yang tak kalah enak pada soba.

Selain itu, soba juga bisa disajikan dingin. Akan tetapi, soba jenis dingin ini disajikan terpisah dengan kuahnya atau saus celupnya, dan nantinya hanya dicelupkan.

5 dari 6 halaman

Somen

Selanjutnya adalah Somen. Mungkin jenis mie khas Jepang satu ini juga belum banyak yang mendengarnya di Indonesia, seperti shirataki. Tapi mie khas Jepang satu ini tidak kalah enak dengan mie lainnya.

Memiliki tekstur yang sangat tipis membuat somen terlihat seperti bihun kalau di Indonesia. Somen biasanya bisa disajikan dengan es, makanya mie khas Jepang ini sangat cocok dimakan ketika musim panas. Sama dengan soba, penyajian somen dengan es nantinya akan dilengkapi dengan saus celup.

Tekstur somen tidak hanya tipis, tapi juga lentur. Hal ini disebabkan karena tambahan minyak sayur yang diberikan. Selain itu somen juga bisa disajikan seperti mie mie lainnya dengan kuah kaldu yang hangat.

6 dari 6 halaman

Udon

Udon merupakan jenis mie khas Jepang yang juga tak kalah terkenal dibandingkan dengan ramen dan soba. Udon memiliki ukuran yang lebih besar dari mie khas jepang lainnya.

Bayangkan saja betapa kenyangnya bila kamu menyantap udon dengan ukurannya yang sangat besar dan tebal ini. Seperti mie-mie lainnya, udon disajikan dengan kuah kaldu panas yang kental dan topping.

Teksturnya yang enak dikunyah dan lembut membuat kamu akan ketagihan menikmati sajian mie khas Jepang satu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini