Sukses

5 Makanan Khas Manado yang Hits, Bubur Manado hingga Klappertaart

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Manado seakan akan menjadi bayang bayang kebesaran wisata alam Manado. Bagaimana tidak, dengan keindahan alam bawah laut yang sudah terkenal seperti Bunaken membuat makanan khas Manado seakan menjadi terpinggirkan. 

Padahal makanan khas Manado ini tidak kalah enak dan unik dari kuliner khas tempat lainnya. Apalagi bagi kamu yang sudah mampir untuk berkunjung ke Manado, akan sangat disayangkan bila tidak menikmati makanan khas Manado ini.

Mulai dari makanan berat sampai dengan makanan kecil seperti camilan yang lezat dan unik dapat kamu temukan di Manado. Terutama dengan kekayaan lautnya, banyak makanan khas Manado yang berasal dari laut, walaupun tidak terbatas hanya kepada makanan laut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (20/4/2019) tentang makanan khas Manado

2 dari 5 halaman

Bubur Manado (Bubur Tinutuan)

Makanan khas Manado yang pertama adalah bubur tinutuan yang juga biasa disebut sebagai bubur Manado.

Bubur ini memang kaya akan nutrisi karena bahan bahannya merupakan sayuran seperti bayam, jagung, kangkung, ubi merah dengan bumbu bumbu alami, serta dinikmati dengan ikan asin dan sambal pedak khas Manado seakan menambah kelezatan makanan khas Manado satu ini.

Dengan bahan bahan yang menyehatkan tersebut tidak mengurangi kelezatan bubur tinutuan ini. Kandungan gizi seperti protein, vitamin, mineral, dan karbohidrat merupakan kombinasi untuk kelezatan yang ditawarkan oleh bubur tinutuan.

Biasanya bubur tinutuan ini disantap untuk sarapan. Makanan khas Manado satu ini memang sudah terkenal di Indonesia. Dengan menyantap bubur tinutuan ini, kamu bisa mendapatkan manfaat gandar dari kepuasan makan yang enak sekaligus manfaat kesehatan yang diberikannya.

3 dari 5 halaman

Dabu Dabu dan Cakalang Fufu

Dabu Dabu

Tak kalah dengan Bubur Tinutuan, makanan khas Manado satu ini juga merupakan makana yang sudah tersohor di seluruh Indonesia. Sambal dabu dabu ini menjadi bukti bahwa orang Manado tidak bisa makan tanpa rasa pedas.

Dabu dabu biasanya disajikan dengan disiram jeruk nipis serta ditambahkan irisan kemangi. Dengan varian yang beragam seperti dabu dabu iris, dabu dabu bakar, dabu dabu lilang, serta dabu dabu lemong membuat makanan menjadi bertambah lezat.

Biasanya sambal dabu dabu ini dapat ditemukan di rumah makan yang menyediakan ikan bakar.

Cakalang Fufu

Cakalang fufu merupakan makanan khas Manado selanjutnya yang tak kalah enak. Daging ikan laut yang besar membuat siapapun mustahil untuk menolaknya. Tidak hanya enak, cakalang ternyata memiliki banyak kandungan yang menyehatkan bagi tubuh kamu.

Bahkan cakalang dapat meningkatkan kecerdesan dan daya ingat otak serta berguna untuk pemulihan depresi. Cakalang ini terlebih dahulu diasapi lalu diolah menjadi berbagai menu makanan.

Biasanya cakalang ini dicampurkan dengan saos yang mirip bumbu balado yang bercita rasa pedas. Selain itu, ada juga cakalang santan yang tak kaleh enak dibandingkan dengan cakalang saos ini.

4 dari 5 halaman

Pisang Goreng Sambal

Pisang merupakan buah buahan yang rasanya manis. Biasanya ketika seseorang membuat pisang goreng, tentunya akan enak bila ditambahkan dengan sesuatu yang manis manis pula. Makanan khas Manado ini memiliki gaya yang berbeda. Ya, di Manado, pisang goreng ditambahkan dengan sambal.

Pisang goreng akan ditambahkan dengan sambal terasi yang pedas. Mungkin bagi kamu yang belum mencobanya hal ini tak terbayangkan bagaimana rasanya. Tetapi ternyata pisang goreng sambal ini sudah menjadi salah satu makanan khas Manado yang populer dan sering dikonsumsi orang orang.

Biasanya pisang goreng ini juga ditambahkan dengan sambal dabu dabu atau sambal roa yang menambah cita rasa makanan khas Manado ini. Pisang yang digunakan untuk pisang goreng sambal ini biasanya pisang sepatu atau pisang goroho. Uniknya, pisang goroho ini malah lebih dipilih ketika pisang ini belum begitu matang.

5 dari 5 halaman

Klappertaart

Klappertaart seakan akan terdengar bukan seperti makanan khas Manado, bahkan makanan khas Indonesia pun bukan. Tetapi ternyata kue ini merupakan warisan Belanda yang telah menjadi makanan khas Manado yang enak.

Dalam Bahasa Belanda, Klappertaart mempunyai arti Tart Kelapa. Hal ini karena bahan dasar dari kue tart ini memanglah kelapa muda yang dicampur dengan susu, keju, kismis dan kacang kenari.

Ada dua jenis klappertaart, yaitu klappertaart yang dibakar dan klappertaart yang tidak dibakar. Walaupun begitu, kedua jenis klappertaart tersebut sama sama memiliki tekstur yang lembut dan rasanya sama sama enak.

Bila disimpan terlebih dahulu di kulkas, klappertaart akan terasa lebih enak lagi. Jadi setelah diolah, usahakan simpan kalppertaart terlebih dahulu di kulkas untuk mendapatkan kenikmatan yang lebih sempurna.

Sekarang ini, Klappertaart memiliki beragam varian rasa, seperti keju, cokelat dan durian. Salah satu makanan khas Manado ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh kuliner utama dari Manado. Jadi kamu tidak boleh melewatkan klappertaart bila berkunjung ke Manado.

Loading