Sukses

8 Minuman Sehat dan Makanan Bergizi yang Tepat Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Minuman sehat dan makanan bergizi ini perlu kamu konsumsi tiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Minuman sehat dan makanan bergizi yang tepat dikonsumi setelah berolahraga memang beragam. Mulai dari buah buahan, makanan, hingga minuman dapat dikonsumsi untuk menyempurnakan kesehatan kamu. 

Dengan konsumsi minuman dan makanan yang sehat kamu bisa memaksimalkan hasil dari kegiatan selama berolahraga. Hal itu karena setelah berolahraga, tubuh akan merasa kelelahan dan membutuhkan makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat sebagai pengganti energi yang telah terpakai.

Oleh karena itu, minuman sehat dan makanan bergizi yang tepat harus kamu ketahui sebagai pengganti energi setelah berolahraga. Hal ini dilakukan supaya setelah kamu berolahraga kamu dapat merasakan manfaat kesehatan yang maksimal, bukannya malah kelelahan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (21/4/2019) tentang minuman sehat dan makanan bergizi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Air Kelapa Muda dan Susu Cokelat

1. Air Kelapa Muda

Salah satu minuman sehat dan makanan yang tepat dikonsumsi setelah olahraga adalah air kelapa muda. Air kelapa muda merupakan jenis minuman isotnik alami yang paling baik untuk tubuh kamu.

Kandungan kandungan air kelapa muda seperti potassium, vitamin C, asam pantotenat, biotin, asam folat, asam nikotinat, serta riboflavin adalah kandungan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, air kelapa muda juga mengandung kalium, magnesium, natrium serta kalsium yang merupakan elektrolit dan sangat bagus untuk tubuh. Salah satu minuman sehat yang baik dikonsumsi setelah berolahraga ini juga sangat pas untuk orang yang sedang melakukan diet, karena rendah lemak dan kalori.

Ditambah lagi, air kelapa muda juga dapat melancarkan sirkulai udara dalam tubuh dan melancarkan pencernaan, membuat kamu tetap sehat setelah berolahraga dengan kesegarannya.

2. Susu Cokelat

Minuman sehat dan makanan bergizi yang tepat setelah olahraga selanjutnya adalah susu cokelat. Dengan kandungan protein, karbohidrat, serta potassium membuat susu cokelat sangat cocok diminum setelah kamu melakukan latihan atau berolahraga, apalagi ditambah dengan harganya yang tidak terlalu mahal.

Nutrisi nutrisi yang terkandung dalam susu coklat sudah terbukti dapat memulihkan otot setelah latihan serta merupakan elektrolit alami yang sangat tinggi. Hal ini membuat susu coklat menjadi minuman yang paling baik dikonsumsi dibandingkan minuman olahraga khusus pada umumnya.

Susu cokelat sangat efekti untuk mengembalikan energy yang hilang setelah berolahraga. Dengan mengonsumsi susu cokelat secara rutin setelah berolahraga, kamu bisa selalu menjaga energi di dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Keju dan Jus Delima

3. Keju

Keju merupakan makanan yang memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Memiliki 6 gram protein yang berkualitas tinggi dalam setiap ons, keju sangat bagus untuk memulihkan tenaga setelah berolahraga.

Selain itu, keju juga mudah dibawa dengan ukurannya yang tidak begitu besar dan membuat olahraga yang kamu lakukan jadi tidak sia sia. 

4. Jus Delima

Jus delima mungkin merupakan salah satu minuman sehat dan makanan bergizi baik dikonsumsi setelah berolahraga yang jarang diketahui. Padahal kandungan antioksidan, polifenol, dan potassium yang dimiliki jus delima ini sangat berlimpah.

Kandungan kandungan jus buah delima tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi otot agar menjadi lebih sehat, terutama setelah berolahraga. Buah delima bahkan juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kamu, tidak hanya berlaku pasca olahraga saja.

Bahkan kandungan buah delima sama dengan pisang yang berukuran sedang. Kekuatan otot pria yang meminum jus delima akan lebih meningkat dibandingkan dengan pria yang tidak mengonsumsinya setelah melakukan olahraga atau latihan.  

4 dari 5 halaman

Pisang dan Kacang Almond

5. Pisang

Seringkali kamu melihat pemain bola mengonsumsi pisang setelah pertandingan. Hal ini mereka lakukan karena pisang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Bahkan pisang juga bisa dikonsumsi sebelum berolahraga.

Hal ini disebabkan karena pisang sebagai salah satu minuman sehat dan makanan bergizi yang baik dikonsumsi setelah berolahraga memiliki kandungan gula alami yang sangat tepat untuk memulihkan energi setelah berolahraga. Kandungan kandungan nutrisi dalam buah pisang dapat dengan cepat mencapai jaringan otot tubuh dan mengembalikan energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

6. Kacang Almond

Minuman sehat dan makanan bergizi yang tepat dikonsumsi setelah berolahraga selanjutnya adalah kacang almond. Selesai berolahraga, kamu bisa mengonsumsi kacang almond untuk dijadikan camilan. Dengan kandungan mineral, riboflavin serta protein, kacang almond dapat memulihkan energi kamu yang terkuras setelah melakukan olahraga.

5 dari 5 halaman

Salad Buah dan Brokoli

7. Salad Buah

Salad buah juga bisa kamu konsumsi setelah berolahraga. Selain tentunya sangat menyegarkan, salad buah dapat dengan efektif mengembalikan kondisi fisik kamu. Minuman sehat dan makanan bergizi satu ini merupakan paket makanan dan minuman yang lengkap.

Kamu bisa mencampur segala jenis buah yang sehat dalam salad buah ini, sehingga rasa lapar dan haus yang kamu rasakan akan menghilang secara bersamaan hanya dengan mengonsumsinya.

8. Brokoli

Minuman sehat dan makanan bergizi yang tepat dikonsumsi setelah berolahraga yang terakhir adalah dari jenis sayuran, yaitu brokoli. Dengan kandungan vitamin K, kolin, dan nutrien yang memiliki fungsi penting dalam penyusunan membran sel, kamu bisa mengembalikan energi kamu usai berolahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini