Sukses

7 Kegiatan Ini Bisa Rusak Pendengaran, Jarang Disadari

Ada beberapa kegiatan yang tanpa disadari dapat menganggu pendengaran.

Liputan6.com, Jakarta Telinga merupakan organ tubuh yang menunjang indera pendengaran manusia. Pendengaran manusia merupakan organ vital yang perlu dijaga fungsinya. Terkadang pendengaran sering mengalami gangguan atau masalah tertentu. Hal ini bisa disebabkan oleh penumpukan kotoran atau terpapar suara keras.

Dengan indera pendengaran seseorang mampu mendeteksi atau mengenal suara dan juga banyak berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Jika sistem pendengaran terganggu, maka keseimbangan tubuh pun mendapatkan pengaruh yang cukup siginifikan.

Kehilangan pendengaran dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti kondisi kesehatan tertentu, konsumsi obat, obatan atau paparan suara bising. Secara umum, batas kritis pendengaran manusia adalah 90 desibel dan jika mendengarkan di atas batas tersebut, maka bagian dalam telinga akan merasakan sakit yang teramat sangat bahkan kehilangan pendengaran.

Ada beberapa kegiatan yang tanpa disadari dapat menganggu pendengaran. Meski sering dikesampingkan, jika terus menerus dilakukan, kegiatan ini dapat memicu hilangnya pendengaran. Berikut kegiatan yang jarang disadari bisa menyebabkan kehilangan pendengaran seperti yang dilansir Liputan6.com dari Reader's Digest, Senin (22/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Menggunakan pengering rambut

Menggunakan pengering rambut di dekat kepala Anda bisa mengeluarkan 85 atau lebih desibel kebisingan dimana ini merupakan titik yang menurut National Institutes of Health dapat menempatkan Anda pada risiko kehilangan pendengaran. Mungkin butuh waktu selama delapan jam langsung agar dapat kehilangan pendengaran dengan pengering rambut, tetapi menggunakannya sesering mungkin dapat berpotensi menghilangkan pendengaran.

Menurut Kit Frank, AuD, audiolog pengawas dengan NYU Langone Medical Center. “Semakin banyak Anda menggunakan [blow dryer] dan semakin lama Anda menggunakannya, semakin besar kemungkinan Anda mengalami kerusakan pendengaran,” katanya. "Ini mungkin tidak menimbulkan kerusakan langsung, tetapi seiring waktu itu akan terjadi."

3 dari 8 halaman

Melewati pemeriksaan rutin

Kebanyakan gangguan pendengaran berasal dari kerusakan bertahap pada telinga bagian dalam Anda, tetapi penyumbatan benar-benar dapat diobati. Selama pemeriksaan rutin, dokter Anda harus memeriksa bagian dalam telinga Anda untuk penumpukan kotoran yang ada. Jika Anda melewati pemeriksaan itu, Anda mungkin berakhir dengan kotoran telinga yang tersumbat meredam pendengaran Anda, kata Dr. Frank.

Tetapi Anda juga bisa mengalami gangguan pendengaran karena kondisi tertentu, Bisa jadi seseorang memiliki riwayat infeksi sinus atau alergi, atau hanya menggunakan beberapa alat dan telinga mereka tersumbat. Menggunakan cotton bud dapat merusak telinga Anda, jadi pelajari cara terbaik untuk membersihkan kotoran telinga, dan kunjungi dokter Anda untuk membersihkan penyumbatan yang dalam.

4 dari 8 halaman

Konsumsi obat tertentu

Obat resep

Kehilangan pendengaran bisa menjadi efek samping dari pengobatan Anda. Beberapa diuretik untuk penyakit jantung, kemoterapi, dan antibiotik (terutama gentamisin, neomisin, dan lainnya dalam keluarga –misin) dapat merusak telinga Anda. Menjadi lebih baik mungkin adalah prioritas pertama Anda, tetapi perlu berbicara dengan dokter Anda tentang apakah dosisnya cukup tinggi untuk merusak. “Antibiotik dosis tinggi apa pun bisa berbahaya,” kata Dr. Frank. “Biasanya myacins digunakan dalam dosis tinggi.”

Penghilang rasa sakit

Bahkan penghilang rasa sakit yang Anda dapatkan tanpa resep, seperti aspirin dan ibuprofen, dapat merusak pendengaran dalam jumlah tinggi. Setiap gangguan pendengaran atau tinitus dari obat ini biasanya bersifat sementara, tetapi efek sampingnya kadang-kadang permanen. Namun, selama Anda tetap menggunakan aspirin bayi atau obat penghilang rasa sakit dosis reguler, Anda tidak akan berisiko merusak pendengaran Anda.

5 dari 8 halaman

Angkutan umum

Angkutan umum bisa menumbulkan suara berisik. Misal saja duduk di kereta komuter selama setengah jam ke dan dari tempat kerja bisa bertambah seiring waktu dan melukai telinga Anda, kata Dr. Frank.

Ditambah lagi, sirene kendaraan darurat yang melintas di jalan mungkin cukup keras untuk menimbulkan kerusakan. “Menutup telinga Anda adalah hal yang baik — itu tidak konyol,” kata Dr. Frank.

6 dari 8 halaman

Kelas olahraga

Gelegar musik di kelas latihan olahraga Anda mungkin memberi Anda kekuatan melalui sesi keringat Anda, tetapi mungkin itu membuat telinga Anda bekerja dengan buruk. Jika Anda keluar dari kelas dan telinga Anda berdengung, itu indikasi bahwa Anda mungkin telah merusak telinga Anda.

Unduh aplikasi ke ponsel cerdas Anda untuk mengukur tingkat suara di sekitar Anda sepanjang hari, terutama di tempat-tempat yang keras seperti gym. Tidak ada yang menyuruh Anda berhenti berolahraga, tetapi pertimbangkan untuk menggunakan pelindung pendengaran jika pusat kebugaran Anda sangat bising.

7 dari 8 halaman

Peralatan memasak dan alat listrik

Peralatan berisik seperti blender dan penggiling kopi dapat merusak telinga Anda seiring waktu. Semakin sering bilah-bilah berisik itu terjadi, semakin banyak trauma yang dialami telinga Anda. Jika Anda berada di dapur dan memasak dengan menggunakan blender sepanjang hari, maka hal ini dapat menimbulkan masalah pada pendengaran. Namun, jika Anda menggunakannya selama sepuluh detik seminggu sekali, itu mungkin tidak akan menjadi masalah bagi Anda.

Alat-alat listrik

Suara dari mesin pemotong rumput, bor, dan alat-alat listrik lainnya tidak hanya menimbulkan sakit kepala,namun juga risiko kerusakan pendengaran. Anda harus melindungi telinga Anda, tetapi penyumbat telinga mungkin bukan pilihan terbaik.

8 dari 8 halaman

Musik keras

Dering di telinga Anda setelah konser yang keras adalah tanda pasti musiknya terlalu keras, tetapi pertunjukan live bukan satu-satunya penyebab. Bahkan nada yang masuk melalui headphone Anda dapat merusak telinga Anda. Earbud biasanya lebih merusak daripada headphone over-the-ear karena terletak lebih dalam di saluran telinga Anda, kata Dr. Frank.

Dan jika Anda menaikkan volume untuk menghilangkan kebisingan di sekitar Anda, segalanya menjadi lebih berisiko. Anda biasanya harus bersaing dengan kebisingan lingkungan untuk mendengarkan musik. Saat itulah yang menjadi berbahaya. Menempelkan headset dengan volume pada atau di bawah 60 persen akan menjaga suara pada tingkat yang aman. Jika Anda tidak dapat mendengar pada volume itu, beli headphone penghalang suara untuk mengurangi kebisingan luar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini