Sukses

Penerbangan Harus Ditunda, Petugas Bandara Temukan Hal Tak Terduga di Mesin Pesawat

Pentingnya pemerikasaan kondisi pesawat sebelum lepas landas

Liputan6.com, Jakarta Bepergian menggunakan moda transportasi masal sering dilakukan saat musim libur tiba. Tentu saja banyak orang yang beramai-ramai akan memesan tiket pulang. Mulai dari bus, kereta juga pesawat banyak dipilih orang untuk bepergian. Meski begitu ada pula yang memilih untuk berpergian menggunakan kendaraan pribadi.

Namun sebelum melakukan perjalanan ada baiknya untuk selalu mengecek kondisi dari kendaraan. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, tak ada salahnya untuk mengecek kondisi kendaraan. Namun jika kamu berpergian menggunakan kendaraan umum atau moda transportasi masal, biasanya ada petugas yang akan mengecek. Pemeriksaan kondisi dari kendaraan memang perlu dilakukan. Hal ini agar saat dalam perjalanan tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Pemeriksaan yang selalu rutin dilakukan ialah memeriksa kondisi pesawat sebelum lepas landas. Pemeriksaan dilakukan pada seluruh bagian pesawat, termasuk pada mesin pesawat yang ada di bagian sayap. Namun apa jadinya jika saat memeriksa bagian-bagian pesawat ditemukan seekor burung hantu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Burung hantu tidur di mesin pesawat

Dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Selasa (23/4/2019) seekor burung hantu terlihat tertidur di antara baling-baling mesin pesawat. Burung hantu yang sedang tertidur ini pertama kali diketahui oleh salah satu tim yang bertugas memeriksa keadaan mesin pesawat.

Sebelum lepas landas pada penerbangan dengan pesawat boeing 737-800 di bandara Melbourne, Australia ada tim yang akan memeriksa kondisi dari pesawat. Salah satu tim tersebut menemukan seekor burung hantu berwarna putih yang sedang tertidur.

Meski penemuan burung yang ada disekitar bandara bukan hal yang baru. Akan tetapi belum pernah ada burung yang hinggap di mesin pesawat bahkan hingga tertidur.

3 dari 3 halaman

Sebabkan kegagalan mesin

Serangan dari kawanan burung pada sebuah penerbangan pernah terjadi. Tentu saja bila tak segera diketahui, bukan hanya nyawa dari burung hantu tersebut yang akan hilang. Akan tetapi puluhan penumpang pun akan mengalami kecelakaan akibat dari kegagalan mesin. Bahkan sejak tahun 1988 terdapat 229 nyawa melayang akibat serangan burung tersebut.

Akibat adanya burung hantu yang tertidur di mesin pesawat, penerbangan pun harus dihentikan hingga burung hantu tersebut pegi. Namun, mengusir burung yang terperangkap di mesin pesawat tak bisa dilakukan dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.