Sukses

Potret Penampakan Gua Pindul Saat Musim Liburan Ini Bikin Geleng Kepala

Musim libur tiba, wisatawan padati Gua Pindul, Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta Saat musim liburan tiba tentu saja berpergian ke tempat wisata bersama keluarga atau teman sangat menyenangkan. Karena mendapat waktu libur itu berarti kamu bisa berkumpul dengan orang-orang terkasih. Selain itu, menghabiskan waktu untuk berwisata juga bisa dilakukan untuk menghilangkan penat.

Salah satu kota yang bisa dijadikan wisata ialah Yogyakarta. Yogyakarta sendiri memang cukup terkenal akan berbagai wisata yang ditawarkan. Mulai dari wisata kuliner, wisata budaya bahkan hingga wisata alam. Namun biasanya saat musim libur tiba, beberapa tempat wisata pun akan mengalami peningkatan pengunjung.

Jika peningkatan pengunjung cukup berlebihan, kamu tentu tak akan bisa benar-benar menikmati wisata tersebut. Hal ini pula yang terjadi di lokasi wisata Gua Pindul, Gunungkidul, Yogyakarta. Penampakan wisata gua yang sangat terkenal di Yogakarta ini saat musim liburan bikin geleng kepala.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Twitter @jogja24jam, Rabu (24/4/2019), keramaian Gua Pindul, Yogyakarta itu terlihat sangat jelas. Banyak para wisatawan yang memadati area wisata tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Padatnya Gua Pindul

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @jogja24jam tersebut terlihat seorang anggota kepolisian yang melaporkan kondisi dari Gua Pindul. Dalam keterangannya, kejadian tersebut terjadi saat libur panjang terkait dengan Hari Paskah, yaitu pada Jumat (19/4/2019) lalu.

Dalam video yang berdurasi 30 detik tersebut dijelaskan, jika wisatawan bukan hanya telah memadati area kolam saja. Akan tetapi di bagian antrian masuk pun banyak wisatawan yang mengular menunggu giliran. Bahkan jika dilihat dari video yang beredar, para wisatawan yang berada diatas pelampung tersebut terlihat sulit untuk bergerak.

3 dari 3 halaman

Pengunjung Gua Pindul dibatasi

Kepadatan wisatawan di area Gua Pindul ini bukan kali ini saja terjadi. Saat musim libur tiba, lokasi wisata Gua Pindul ini selalu dipadati oleh para wisatawan. Padahal pemerintah Kabupaten Gunungkidul pun telah membatasi jumlah pengunjung untuk menjaga ekosistem yang ada.

Dalam aturannya, maksimal pengunjung wisata di Gua Pindul ialah 2.600 orang perhari. Namun nyatanya, meski sudah dibatasi jumlah pengunjung wisatawan saat musim liburan masih tetap membludak. Pada tahun 2017 saja, jumlah pengunjung Gua Pindul mencapai lebih dari 145 ribu orang.

Tentu saja jika kamu benar-benar ingin menikmati wisata di Gua Pindul, sebaiknya hindari waktu berkunjung saat musim libur tiba. Jika kamu berkunjung diluar musim libur, maka kamu bisa menikmati keindahan dari Gua Pindul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini