Sukses

Ini Waktu Terbaik untuk Posting Foto di Instagram, Agar Dapat Banyak Like

Liputan6.com, Jakarta Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto dan video. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan kemudian membagikannya di Instagram dan layanan jejaring sosial lainnya. Memiliki fokus untuk membagikan foto ataupun video, Instagram turut menambahkan fitur berupa like dan komentar pada setiap postingan yang di-upload.

Fitur like dan komentar ini menjadi salah satu bentuk apresiasi dari pengguna lain untuk mengapresiasi postingan yang telah kamu unggah. Untuk menarik minat pengguna lain agar menyukai atau memberikan like pada unggahan kamu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menggunakan filter hingga tagar atau hastag tertentu untuk menarik perhatian banyak orang.

Namun ternyata menarik orang lain untuk me-like postinganmu tidaklah mudah. Setiap orang memiliki berbagai macam alasan mengapa mereka menyukai sebuah foto atau video yang ada di Instagram. Nah, hal inilah yang menyulitkan kamu. Apalagi kamu merupakan salah satu pengguna Instagram yang tidak memiliki banyak pengikut atau followers. Meskipun konten yang sudah kamu buat sangat bagus, tetapi jika tidak diposting atau diunggah pada waktu yang tepat maka akan sia-sia.

Tanpa perlu membeli followers untuk like postingan Instagrammu, atau bersusah payah dengan melakukan hal yang ekstra, ternyata ada cara mudah agar postingan Instagram kamu mendapatkan banyak like. Berikut ini Liputan6.com, Rabu (24/4/2019) telah merangkum dari berbagai sumber terkait waktu yang baik untuk mengupload foto atau video di Instagram agar mendapatkan like yang banyak.

2 dari 4 halaman

Waktu yang Tepat Agar Dapat Like Banyak di Instagram

Hal ini sudah dibuktikan melalui sebuah layanan yang khusus mengatur jadwal post Instagram, yaitu Latergramme. Mereka telah melakukan analisis terhadap lebih dari 61 ribu postingan untuk menentukan kapan foto yang diunggah di Instagram paling banyak mendapatkan like dan komentar.

Dari hasil analisis tersebut, didapatkan bahwa pada pukul 02.00 dini hari dan pukul 17.00 sore merupakan waktu yang terbaik. Sedangkan waktu yang kurang baik untuk mengunggah foto ke Instagram adalah pukul 09.00 pagi dan pukul 18.00.

Hal ini kemudian dijelaskan oleh pendiri dari Latergramme, Matt Smith. Dirinya menganggap bahwa di jam tersebut, banyak orang yang akan membuka Instagram tetapi tidak mengupload foto.

 

3 dari 4 halaman

Waktu Terbaik Lainnya

Pada hasil analisis ini mengatakan bahwa, pukul 02.00 dini hari menjadi waktu yang tepat karena, terdapat beberapa orang yang memilih untuk tidur larut malam. Nah, di sini mereka akan membuka Instagram terlebih dahulu sebelum benar-benar tidur. Terlebih lagi, di jam tersebut tidak terlalu banyak postingan yang muncul. Sehingga, orang akan lebih cenderung melihat konten milikmu saja.

Selain alasan itu, posting foto atau video di waktu tersebut berkesempatan juga untuk dilihat oleh orang yang tak sengaja bangun lebih awal.

Nah, sedangkan pada waktu sore hari dapat dianggap sebagai saat yang tepat. Karena, di saat inilah biasanya orang-orang yang sedang pulang dari kantor atau sekolah akan membuka Instagram guna mengisi waktu luang perjalanan kembali ke rumah.

4 dari 4 halaman

Hari yang Tepat untuk Posting Instagram

Masih dari hasil penelitian dari Latergramme, mengungkapkan bahwa hari terbaik dalam melakukan posting adalah di hari Rabu. Dikatakan bahwa, dengan memposting Instagram di hari Rabu akan mendapatkan banyak like dan komentar yang dilakukan oleh pengguna Instagram lainnya.

Mengapa? Karena ketertarikan pengguna untuk muncul di Instagram ada di hari Rabu. Namun bukan berarti hari lain buruk untuk memposting foto atau video.