Sukses

Kata Benda dalam Bahasa Inggris, Klasifikasi dan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Kata benda dalam bahasa Inggris atau noun merupakan kata yang perlu dipelajari saat mulai belajar bahasa Inggris. Kata benda dalam bahasa Inggris adalah kata yang menunjukkan sifat kebendaan. 

Definisi paling sederhana dari kata benda dalam bahasa Inggris adalah kata yang menunjukkan atau menyatakan sebuah benda. Benda ini dapat mewakili seseorang, hewan, tempat, ide, emosi atau hampir semua hal yang dapat kamu pikirkan.

Setiap bahasa di dunia memiliki kata benda, tetapi mereka tidak selalu digunakan dengan cara yang sama. Mereka juga dapat memiliki properti berbeda dalam bahasa yang berbeda. Misalnya, dalam beberapa bahasa lain, kata benda tidak berubah untuk tunggal dan jamak, dan kadang-kadang tidak ada kata untuk itu.

Jika kamu sedang belajar memahami bahasa Inggris, kata benda dalam bahasa Inggris wajib kamu pahami. Berikut jenis-jenis kata benda dalam bahasa Inggris dan contohnya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu(24/4/2019):

2 dari 5 halaman

Memahami kata benda dalam bahasa Inggris

Kata benda adalah sejenis kata yang biasanya merupakan nama dari sesuatu seperti seseorang, tempat, benda, kualitas, atau ide. Dalam bahasa Inggris, kata benda bisa berupa tunggal atau jamak.

Dalam kalimat bahasa Inggris, kata benda dapat digunakan sebagai subjek, objek, atau pelengkap. Mereka sering muncul setelah preposisi, sebagai 'objek preposisi'. Dalam bahasa Inggris, ada lebih banyak kata benda daripada jenis kata lainnya.

Kata benda terkadang dapat menggambarkan kata benda lain (seperti 'soccer ball') dalam kondisi ini, kata benda dalam bahasa Inggris tersebut disebut pengubah atau tambahan.

Ada juga bentuk kata kerja yang dapat digunakan dengan cara yang sama seperti kata benda (seperti 'I like running.') Ini disebut kata kerja atau kata benda verbal, dan termasuk participle (yang juga bisa menjadi kata sifat) dan infinitif.

Kata benda dalam bahasa Inggris diklasifikasikan menjadi beberapa jenis sesuai sifat sdan fungsinnya. Berikut klasifikasi dari kata benda dalam bahasa Inggris:

3 dari 5 halaman

Concrete Noun

Concrete Noun atau kata benda berwujud merujuk pada jenis kata benda yang secara fisik dapat dirasakan dan dilihat oleh panca indera manusia. Concrete Noun ini dibagi menjadi 4 jenis yaitu:

1. Material Noun

Material noun atau kata benda material merupakan kata benda dalam bahasa Inggris yang menyatakan bahan, baik itu bahan baku dan bahan mentah baik yang terbentuk tanpa campur tangan manusia atau bentukan alam.

contoh dari material noun ini adalah Water (Air), Air (Udara), Fire (Api), Gold (Emas), Diamond (Berlian), Silver (perak), dan lain sebagainya.

2. Collective Noun

Collective Noun adalah kata benda yang menyatakan suatu kumpulan atau kelompok baik itu orang, binatang, atau benda. Contohnya adalah Team atau tim, Crowd atau keramaian orang, atau Cattle (kawanan ternak).

3. Proper noun

Proper Noun atau kata benda nama diri merupakan kata benda nama diri yang menyatakan orang atau sesuatu yang sudah melekat dan memiliki arti khusus pada kata benda tersebut.

Proper Noun juga sering diartikan sebagai kata benda yang tepat merupakan nama spesifik atau jelas pada suatu benda atau orang. Proper Noun dimulai dengan huruf besar (huruf kapital) dalam bahasa Inggris dan banyak bahasa lain yang menggunakan alfabet Romawi.

contoh dari Proper Noun adalah Mary, Harry (nama orang), Indonesia, Polandia (nama negara), London, Ontario (nama kota), University of Cambridge, Slade School of Fine Art (nama sekolah), dan masih banyak lagi

4. Common Noun

Common noun atau kata benda umum adalah kata benda dalam bahasa inggris yang menjelaskan suatu benda secara umum. Sifat benda yang diklasifiksikan pada jenis ini merupakan benda yang tidak tentu atau tidak spesifik.

Contoh dari common noun adalah boy, country, bridge, city, birth, day, happiness.

4 dari 5 halaman

Abstract Noun

Abstract noun atau kata benda abstrak merupakan kata benda dalam bahasa Inggris yang bersifat tidak berwujud atau tidak dapat dilihat atau diraba dengan panca indera. Abstract Noun hanya dapat dibayangkan dalam pikiran.

Lata benda tidak berwujud biasanya dibentuk dari kata benda itu sendiri, kata kerja atau verb, serta kata sifat atau adjective. Berikut contoh-contohnya:

Abstract noun dari kata benda (Noun): friendship, brotherhood, bankruptcy.

Abstract noun dari Kata Kerja (Verb) : difference, recovery, admiration.

Abstract noun dari kata sifat (Adjective): dullness, honesty, patience.

5 dari 5 halaman

Countability di kata benda dalam bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris dan banyak bahasa lainnya, kata benda memiliki 'angka'. Tetapi beberapa kata benda hanya bersifat tunggal (seperti furniture dan physics) dan lainnya berbentuk jamak (seperti clothes dan police). Juga, beberapa kata benda dapat dihitung (misalnya, one piece atau two pieces) tetapi yang lain tidak terhitung.

Bentuk jamak dari kebanyakan kata benda dibuat hanya dengan menambahkan huruf s. Misalnya:

lebih dari satu ular = snakes

lebih dari satu ski = skis

lebih dari satu Barrymore = Barrymores

Ada beberapa kata benda yang memiliki bentuk jamak tidak beraturan. Bentuk jamak yang terbentuk dengan cara ini kadang-kadang disebut jamak bermutasi. Misalnya adalah:

lebih dari satu anak (child) = children

lebih dari satu wanita (woman) = women

lebih dari satu pria (man) = men

lebih dari satu orang (person) = people

lebih dari satu angsa (goose) = geese

lebih dari satu tikus (mouse) = mice

lebih dari satu barak (barracks) = barracks

lebih dari satu deer = deer