Sukses

7 Manfaat Merica untuk Kecantikan, Hilangkan Jerawat Hingga Cegah Kebotakan

Merica bisa menghilangkan jerawat hingga membuat rambut menjadi lebih sehat

Liputan6.com, Jakarta Kecantikan bagi perempuan adalah sesuatu yang menjadi keharusan. Penampilan yang menarik hingga cantik bisa didapatkan melalui berbagai cara. Contohnya selalu menjaga kesehatan, menggunakan kosmetik, hingga melakukan perawatan kulit. 

Kini banyak perawatan kulit wajah hingga perawatan tubuh yang bisa membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik. Mulai dengan perawatan menggunakan bahan-bahan kimia, hingga perawatan menggunakan bahan alami. Perawatan juga bisa dilakukan di berbagai tempat.

Perawatan yang dilakukan dirumah bisa menggunakan berbagai bahan alami yang sering kamu temui di sekitar. Banyak bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit hingga untuk mempercantik diri.

Contohnya saja buah-buahan, sayur-sayuran, bahkan bumbu dapur yang biasa digunakan untuk memasak. Banyak bumbu dapur yang ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit bahkan untuk kecantikan. Salah satunya adalah merica atau sering disebut dengan lada. Merica yang bisa bermanfaat untuk kecantikan adalah merica hitam atau lada hitam.

Merica hitam mengandung karoten dan vitamin K, dan masih banyak lagi. Berikut Liputan6.com sudah merangkum manfaat merica untuk kecantikan yang bisa kamu gunakan, dihimpun dari berbagai sumber, Senin (29/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Menghilangkan Keriput

Merica dipercaya mampu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini dan membahayakan kulit. Merica bisa menghilangkan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, keriput, hingga bintik-bintik gelap.

Kamu bisa gunakan merica untuk masker atau ditambahkan kedalam masakan. Untuk masker merica, kamu cukup menambahkan madu dan air, kemudian gunakan campuran tersebut untuk masker.

3 dari 8 halaman

2. Mencegah Jerawat

Ternyata merica juga bisa mencegah munculnya jerawat. Gunakan merica untuk masker dan scrub ke wajahmu dengan dicampurkan dengan yogurt. Diamkan 20 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Merica dipercaya bisa melancarkan peredaran darah dan menyediakan oksigen lebih banyak bagi kulit. Sifat antiinflamasi dan juga antibakteri pada merica juga dipercaya mampu mencegah timbulnya jerawat.

4 dari 8 halaman

3. Mencegah Kebotakan

Gunakan satu sendok teh merica bubuk dan madu satu sendok teh. Kemudian oleskan ke rambut. Campuran ini dipercaya bisa memperkuat akar rambut dan bisa membantu mencegah kebotakan.

5 dari 8 halaman

4. Menyembuhkan Vitilingo

Dalam merica juga mengandung piperine yang merupakan zat untuk stimulasi pigmentasi pada kulit. Merica ini menjadi solusi ampuh untuk mengatasi vitiligo dimana kulit kehilangan pigmen dan kemudian berubah menjadi putih. Penggunaan merica untuk obat vitiligo ini juga sudah terbukti aman tanpa menimbulkan efek samping berbahaya.

6 dari 8 halaman

5. Menghilangkan Bekas Jerawat

Jika kamu memiliki masalah bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan, tidak ada salahnya utuk mencoba menggunakan merica. Antioksidan dalam merica dipercaya dapat membersihkan kulit dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perku mengoleskan campuran merica dengan yogurt ke wajah yang memiliki bekas jerawat. Kemudian bilas dengan air yang bersih. Lakukan secara rutin agar hasil maksimal.

7 dari 8 halaman

6. Membantu Pengelupasan Sel Kulit Mati

Merica merupakan exfoliator alami untuk mengelupas sel kulit mati yang menyebabkan kulit menjadi kusam. Kemudian sifat antioksidan dalam merica juga akan meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen dalam kulit, sehingga bisa membuat kulit tampak lebih segar.

8 dari 8 halaman

7. Merevitalisasi Rambut

Ingin mempunyai rambut yang sehat, lembut dan berkilau? Kamu bisa gunakan merica yang dicampur dengan lemon kemudian oleskan ke kulit kepala dan rambutmu. Biarakan selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.