Sukses

10 Makanan yang Mengandung Zat Besi, Mudah Didapat dan Baik untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Banyak makanan yang mengandung zat besi baik untuk tubuh dan juga menjaga kesehatan. Makanan ini bisa kamu temukan dan konsumsi kapanpun dan di manapun kamu berada. Makanan yang mengandung zat besi sangat baik, karena zat besi merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu fungsi utama dari zat besi adalah sebagai komponen pembentuk hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah. Hb ini berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel tubuh. Selain itu, zat besi juga bermanfaat dan berfungsi penting dalam normal daya tahan tubuh.

Karena pentingnya zat besi bagi tubuh, jika kamu kekurangan zat besi bisa menyebabkan terhambatnya pasokan hemoblogin dalam darah. Berbagai penyakit akan muncul salah satunya adalah kekurangan darah merah atau anemia. Kekurangan zat besi yang menyebabkan kekurangan darah juga bisa membuat mudah lelah, penurunan daya otak, penurunan sistem kekebalan tubuh, hingga gangguan tumbuh kembang pada anak.

Maka dari itu, kamu harus memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh secukupnya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandungb zat besi. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa makanan yang mengandung zat besi dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (30/4/2019).

2 dari 11 halaman

1. Daging Merah

Daging merah merupakan makanan yang cukup mudah untuk kamu temui. Makanan ini merupakan salah satu makanan hewani yang lezat jika diolah dengan baik dan benar.

Contoh dari daging merah adalah daging sapi. Di dalam 100 gram daging sapi segar setidaknya mengandung 201 kkal energi, 14 gram lemak, dan 2,8 miligram zat besi. Selain itu daging sapi juga dipercaya mengandung protein yang tinggi.

3 dari 11 halaman

2. Kuning Telur

Makanan yang mengandung zat besi selanjutnya sangat mudah kamu temui, yaitu telur. Telur adalah makanan kesukaan banyak orang dan menjadi salah satu makanan yang mudah ditemui dan di dapatkan.

Telur mengandung semua mineral, termasuk zat besi, dan vitamin B. Namun zat besi pada telur paling banyak ditemukan pada kuningnya. Jadi jika kamu ingin mendapatkan asupan zat besi yang cukup, kamu bisa mengonsumsi kuning telur.

4 dari 11 halaman

3. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan, kacang polong, hingga kacang kedelai merupakan makanan yang mengandung zat besi. Di dalam 100 gram kacang kedelai saja mengandung 10 miligram zat besi. Sedangkan dalam 100 gram kacang polong mengandung 7,5 miligram zat besi.

Jadi kamu bisa mengkonsumsi kacang-kacangan untuk meningkatkan zat besi dalam tubuhmu atau memenuhi kebutuhan akan zat besi dalam tubuh.

5 dari 11 halaman

4. Bayam

Siapa yang tidak tahu dengan sayuran hijau yang satu ini. Manfaatnya dan juga kandungan nutrisi dalam bayam memang tidak diragukan lagi. Salah satu kandungan nutrisi dari bayam adalah zat besi. Makanan yang mengandung zat besi ini mengandung lebih dari 2 miligram zat besi, vitamin A, vitamin E, kalsium, dan serat dalam 100 gramnya.

6 dari 11 halaman

5. Hati dan Jeroan

Mungkin tidak terlalu banyak orang yang menyukai hati atau jeroan. Namun ternyata hati dan jeroan juga merupakan makanan yang mengandung zat besi dengan tambahan protein, vitamin, dan mineral. Dalam 100 gram hati sapi, terdapat sekitar 5 miligram zat besi. Namun kamu harus berhati-hati ketika mengkonsumsi hati dan jeroan karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

7 dari 11 halaman

6. Tiram

Salah satu makanan laut ini juga menjadi makanan yang mengandung zat besi. Selain tiram, makanan laut lain juga mengandung zat besi seperti cumi dan ikan. 100 gram kerang atau tiram dapat mengandung setidaknya 5 miligram zat besi. Selain itu tiram juga dipercaya mengandung nutrisi lain seperti vitamin B12 dan seng.

8 dari 11 halaman

7. Nasi Putih

Ternyata makanan yang sering kita konsumsi yaitu nasi, mengandung zat besi yang cukup banyak. Dalam satu cangkir nasi putih saja bisa mengandung kurang lebih 8 miligram zat besi. Selain itu, nasi juga merupakan makanan yang menjadi sumber karbohidrat yang baik. Nasi juga mengandung zat mangan, serta rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol, dan sodium.

9 dari 11 halaman

8. Brokoli

Sayur brokoli juga merupakan makanan yang mengandung zat besi. Selain itu brokoli juga dipercaya mengandung vitamin K, magnesium, dan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Brokoli juga merupakan makanan tinggi antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah penuaan dini. Setiap 100 gram brokoli mengandung 0,75 miligram zat besi.

10 dari 11 halaman

9. Kentang Panggang

Sebuah kentang panggang dengan ukuran yang cukup besar juga mengandung lebih banyak zat besi dari pada semangkuk daging ayam. Kamu bisa menambahkan makanan yang mengandung zat besi ini dengan sayuran, seperti bayam, brokoli, wortel, hingga keju atau telur.

11 dari 11 halaman

10. Tahu

Dalam setengah mangkuk tahu, ternyata mengandung 3 miligram zat besi. Tahu selain harganya yang cukup murah, juga mudah ditemukan di berbagai tempat. Cara mengolah tahu juga beragam. Kamu bisa membuat sup dari tahu, salad, digoreng, hingga direbus, tergantung dari selera yang kamu inginkan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi