Sukses

Tradisi Unik TNI AU Bangunkan Sahur Pakai Pesawat Tempur, Ini Rutenya

TNI AU akan bangunkan sahurmu dengan pesawat tempur, ini rutenya.

Liputan6.com, Jakarta Di bulan Mei tahun ini, umat Muslim tengah menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan. Di mana umat Muslim sedunia wajib berpuasa selama satu bulan penuh.

Biasanya dalam bulan Ramadan, terdapat tradisi-tradisi unik di setiap negara maupun daerah. Salah satunya adalah tradisi membangunkan sahur.

Umumnya, dalam membangunkan sahur adalah melalui pengeras suara yang ada di masjid. Atau pemuda-pemuda yang berkeliling kampung dengan menabuh kentongan maupun bedug.

Namun, ada yang unik dari tradisi membangunkan sahur. Ternyata jajaran TNI Angkatan Udara pun akan ikut andil dalam membangunkan sahur selama bulan puasa menggunakan pesawat tempur.

Berikut ulasan mengenai tradisi unik TNI AU membangunkan sahur yang Liputan6.com rangkum dari Twitter @_TNIAU, Rabu (8/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berawal dari Pertanyaan Netizen

 

Senin (6/5/2019) akun @_TNIAU menyapa di Twitter dengan cuitan,

"Assalamualaikum, selamat pagi Airmen. Selamat sahur bagi seluruh Airmen muslim di manapun berada. Semoga #Ramadan mengajarkan kita sifat rendah hati. Percayakan keamanan langit nusantara kepada #TNIAU selama kalian berpuasa, tarawih, iktikaf dll." ungkapnya.

Hal ini pun ditanggapi oleh akun Twitter @ainutshabrina yang menanyakan, "Jadwal bangunin sahur pake pesawat kpn lagi min" tanyanya.

Lantas jawaban tak terduga pun muncul kalau TNI AU akan bangunkan sahur menggunakan pesawat tempur apabila tidak ada halangan. Ya, rupanya TNI AU memang memiliki tradisi unik setiap bulan Ramadan.

3 dari 4 halaman

Rute Pesawat Tempur Bangunin Sahur

 

Menjawab pertanyaan dari salah satu pengguna Twitter, admin TNI AU pun membalas,

"Jika tak ada aral melintang di runway, Insyaallah akan diadakan lagi "tradisi" membangunkan #sahur pakai pesawat tempur buat Airmen di Surabaya, Solo, Sragen, Klaten, Jogja, Papringan, Wirobrajan, Gejayan, Tukangan, Maguwo, Kotagede, dsk. 👤 #Ramadan #jauhdilangitdekatdihati," tulisnya.

Rute pesawat tempur TNI AU untuk membangunkan sahur ternyata cukup jauh lho. Rutenya dari timur pulau Jawa yakni Surabaya lalu ke Jawa bagian tengah hingga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jadi tunggu saja buat kamu yang berada sekitar rute, jangan kaget bila mendengar pesawat tempur melintasi langit di atas rumahmu. Tradisi unik membangunkan sahur ala TNI AU ini memang sudah berjalan dari tahun ke tahun di bulan Ramadan. Bagi warga di Jawa Tengah dan Jogja khususnya sudah biasa mendengar suara pesawat tempur di waktu sahur.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Netizen

Tanggapan dari netizen pun sangat banyak.

"Pilotnya suruh bawa TOA aja minNanti pas lagi terbang, bangunin sahurnya sambil teriak : Wayahe...Wayahe... Wayahe...Sahuuurrrr," ungkap akun @antonsuyono.

Ada pula yang minta dikirimin Mk-82, ya meskipun tetap bercanda

"Naaah tuh min, jakarta minta dikirim MK-82," ungkap akun @powerxbr88.

Ternyata ada yang membagikan pengalaman, karena pernah merasakan dibangunkan TNI AU dengan pesawat tempur.

"saya udah pernah ngerasain min, dulu waktu kuliah di Jogja saya kost di Demangan GK 1 No. 132... Pokokny mantaplah anak2 kost sahur ga kesiangan & Pilotnya malah di Doain Semoga berkah bangunin orang2 sahur.. Bravo," ungkap akun @FajarBimantoro1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.