Sukses

4 Potret Anak Pertama Pangeran Harry - Meghan Markle dan Arti Namanya

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira datang dari Pangeran Harry dan Meghan Markle, atas kelahiran bayi laki-laki yang membawa kebahagiaan pada khalayak luas. Meghan Markle melahirkan anak pertama di Frogmore Cottage pada Senin pagi, 6 Mei 2019. Diketahui anak pertama dari Pangeran Harry dan Meghan Markle ini lahir dengan berat sekitar 3,2 kilogram.

Pasca kelahiran sang pangeran kecil, Pangeran Harry dan Meghan Markle masih enggan membuka suara tentang nama sang anak. Dan akhirnya hari yang ditunggu-tunggu oleh keluarga maupun fans tiba. Dua hari usai kelahiran anak pertama mereka, Pangeran Harry dan Meghan Markle akhirnya tampil ke publik di St. George's Hall, Rabu, 8 Mei 2019, waktu setempat. Tempat tersebut adalah tempat mereka mengadakan resepsi pernikahan pada Mei 2018 lalu.

Seakan seperti tradisi, sebelumnya Pangeran William dan Kate Middleton mengumumkan nama Pangeran George dan Putri Charlotte dua hari setelah mereka lahir. Munculnya Pangeran Harry dan Meghan Merkle di St. George’s Hall bukan hanya menunjukkan penampilan anak pertama mereka, melainkan juga memberitahu publik nama bayi laki-laki tersebut.

2 dari 7 halaman

Arti Nama Anak Pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle

Buah hati dari Pangeran Harry dan Meghan Markle diberi nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor. Nama ini dirilis ke publik setelah Duke dan Duchess of Sussex membawa bayi laki-laki mereka untuk menemui Ratu Elizabeth II, Pangeran Phillip, dan ibunda Meghan, Doria Ragland, di Kastil Windsor.

“Duke dan Duchess of Sussex dengan senang hati mengumumkan bahwa mereka telah menamai anak pertama mereka: Archie Harrison Mountbatten-Windsor," tulis akun Instagram resmi pasangan itu pada Rabu, 8 Mei 2019.

"Siang ini, Their Royal Highnesses memperkenalkan kepada Yang Mulia Ratu cicitnya yang kedelapan di Kastil Windsor. Duke of Edinburgh dan ibu The Duchess juga hadir dalam momen khusus ini," lanjut kutipan tersebut.

Pemilihan Nama 'Archie' diketahui bukan pilihan tradisional untuk Harry dan Meghan, karena ini bukan nama raja Inggris pada masa lalu atau bahkan nama anggota keluarga kerajaan Inggris pada zaman dahulu.

Berdasarkan situs Baby Centre, Archie berada di urutan ke-15 dalam daftar nama populer untuk anak laki-laki di Inggris pada tahun lalu. Nama Archie berasal dari Jerman yang merupakan kependekan dari Archibald yang berarti "tegas" atau "berani".

Sementara menurut analisis majalah People nama "Harrison" berasal dari frasa "Harry's son" atau yang bermakna "putra dari (Pangeran) Harry". 

Kemudian, nama keluarga si bayi, "Mountbatten-Windsor" menandakan keturunan laki-laki dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

3 dari 7 halaman

Gelar Putra Pertama Pangeran Harry

Pemilihan nama Archie membuat sejumlah pihak berspekulasi. Banyak yang menduga bahwa nama tersebut berasal dari leluhur ibu Pangeran Harry, Lady Diana.

Lady Diana memiliki bernama asli Diana Frances Spencer disebut merupakan keturunan dari Archibald Campbell, Earl of Argyll ke-9. Argyll merupakan daerah bersejarah di kawasan Skotlandia. Archibald Campbell diketahui hidup 1629-1685 dan merupakan seorang pemimpin Protestan yang dieksekusi karena menentang Raja Katolik Roma James II.

Mengenai gelar yang akan disematkan di depan nama Archie, putra pertama Pangeran Harry ini tidak akan dijuluki "Pangeran", tidak seperti George, Charlotte dan Louis --anak-anak Pangeran William Duke of Cambridge dan Kate Middleton Duchess of Cambridge.

Namun anggota keluarga kerajaan Inggris yang baru itu mendapat pengecualian jika Ratu Elizabeth II mengeluarkan Letters Paten atau Surat Paten yang menyatakan sebaliknya -- seperti yang dia lakukan untuk anak-anak William dan Kate.

Sebagai putra sulung dari seorang Duke, Archie bisa saja menjadi "Earl of Dumbarton" atau "Lord Archie Mountbatten-Windsor", tetapi sebaliknya dia hanya akan menjadi "Master Archie Mountbatten-Windsor".

Berikut potret anak pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/5/2019).

4 dari 7 halaman

1. Archie Harrison Mountbatten-Windsor muncul pertama kali di St. George’s Hall

5 dari 7 halaman

2. Kelahiran Archie Harrison Mountbatten-Windsor membawa angin segar untuk keluarga kerajaan dan para penggemar

6 dari 7 halaman

3. Kebahagiaan terpancar jelas dari keduanya saat tampil perdana pasca melahirkan

7 dari 7 halaman

4. Kemunculan Pangeran Harry dan Meghan Markle di St. George’s Hall mengobati rasa penasaran warga Inggris