Sukses

Jarang Disadari, Ini 6 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Liputan6.com, Jakarta Protein memiliki peran yang sangat penting dalam fungsi tubuh manusia. Protein dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit, hingga darah. Di sini protein berguna untuk membangun, memperkuat, dan memperbaiki atau mengganti jaringan tubuh.

Nah, jika kamu kekurangan protein, maka tubuh kamu akan merasakan gangguan. Pada sebuah penelitian mengatakan bahwa, sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia ini memiliki masalah pada tubuh akibat kurangnya konsumsi protein.

Kekurangan protein sendiri tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, ternyata anak-anak juga rentan mendapat terlalu sedikit protein. Nah, apakah kamu menyadari kalau kamu memiliki masalah kekurangan protein? Tanpa disadari, ternyata ada beberapa tanda pada tubuhmu jika kamu kekurangan protein.

Berikut ini Liputan6.com, Rabu (15/5/2019) telah merangkum dari Brightside, beberapa tanda jika tubuhmu kekurangan protein.

2 dari 6 halaman

Gangguan Kulit hingga Rambut Rontok

Kulit dan Kuku Bermasalah

Tanda tubuh kamu kekurangan protein dapat terlihat dari kuku yang menjadi rusak. Saat kamu kekurangan protein, kuku akan menjadi rapuh dan dalam beberapa kasus akan terlihat garis-garis putih dan bintik-bintik kecoklatan pada kuku.

Selain kuku, kekurangan protein juga mempengaruhi kulit. Karena fungsi protein bagi kulit adalah untuk regenerasi sel, menghasilkan sel baru, dan menggantikan sel mati. Nah, kalau kamu kekurangan protein, maka kulit akan terlihat kering, terkelupas, dan pecah-pecah.

Rambut Rontok

Banyak penyebab rambut rontok. Kalau saat ini kamu memiliki masalah pada rambut, mungkin kamu sedang mengalami kekurangan protein. Ya, rambut kita ini terdiri dari 90 persen protein yang dikenal sebagai keratin.

Kalau kamu tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, maka rambut kamu akan menipis dan warnanya menjadi pudar. Hal ini terjadi dikarenakan tubuh kamu tidak mendapatkan asupan protein yang cukup. Padahal fungsi protein bagi rambut adalah untuk pertumbuhan rambut

3 dari 6 halaman

Hilangnya Massa Otot dan Nyeri Sendi

Kalau kamu sering merasakan sakit, lemahnya otot, dan kehilangan massa, ini merupakan tanda kamu kekurangan protein. Sebuah penelitian mengatakan, ini biasa terjadi pada orang dengan usia lanjut. Kamu perlu mengonsumsi protein dengan cukup untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot.

4 dari 6 halaman

Masalah pada Tidur

Kalau kamu memiliki masalah kurang tidur atau atau kesulitan untuk tidur, kemungkinan ini disebabkan karena kamu kekurangan protein. Buat kamu yang memiliki masalah saat tidur, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein saat mendekati waktu tidur. Agar kamu mendapatkan tidur yang lebih baik.

5 dari 6 halaman

Selalu Ingin Makan

Kalau kamu selalu merasa lapar dan mengidam makanan dan camilan, ini merupakan tanda kamu kekurangan protein dan kelebihan karbohidrat dan gula. Hal ini menyebabkan kamu memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan dengan kalori tinggi dan jumlah protein yang rendah.

6 dari 6 halaman

Kinerja Otak Terganggu

Asupan protein sangat penting untuk mendukung fungsi otak yang sehat. Nah, kalau kamu memiliki masalah kurang motivasi, ingatan buruk atau kesulitan mempelajari hal baru, ini merupakan tanda bahwa kamu kekurangan protein.

Menurut USDA, jumlah minumun protein yang direkomendasikan untuk pria dewasa adalah 56 gram per hari. Sedangkan untuk wanita 46 gram per hari. Anak-anak bervariasi, mulai dari 19 gram hingga 34 gram tergantung usia mereka.

Loading