Sukses

Bikin Gemas, Ini 3 Fakta Unik Pekerjaan Pengasuh Panda

Liputan6.com, Jakarta Kalau berbicara mengenai pekerjaan, setiap orang pasti ingin bekerja di bidang yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. Umumnya seseorang memimpikan bekerja di kantor atau di tempat-tempat yang memang bisa dibilang keren, punya nama dan menjanjikan gaji besar. Untuk bekerja sesuai passion, gajinya besar dan menyenangkan, sebenarnya ada beragam pekerjaan yang bisa jalani. Salah satunya adalah mengasuh panda.

Siapa sih yang enggak gemas sama panda? Hewan bertubuh besar dengan warna hitam-putih ini jadi favorit banyak orang karena tingkah lakunya yang lucu. Panda adalah spesies beruang yang unik di antara beruang lainnya karena mereka tidak pernah berhibrenasi. Panda juga merupakan salah satu hewan paling langka dan terancam punah terutama akibat dari hilangnya habitat.

Ngomong-ngomong tentang panda, merawat panda ternyata butuh keahlian khusus. Di Tiongkok, staf kebun binatang bahkan mempekerjakan pengasuh panda yang dianggap jadi profesi unik. Berikut 3 fakta unik pekerjaan pengasuh panda yang telah Liputan6.com lansir dari The Guardian, Rabu (5/6/2019).

2 dari 4 halaman

1. Kuasai Beragam Skill

Panda emang dikenal sebagai hewan jinak, manja dan bersahabat. Itu mengapa, secara umum pengasuh panda tidak sekedar memberi makan, tapi juga memberi perhatian khusus. Seperti ikut bermain bersama, menggendong, bahkan memeluk panda ketika mereka ketakutan.

Uniknya, pengasuh panda juga memakai kostum. Pemakaian kostum bertujuan agar panda tidak merasa terancam dengan kehadiran pengasuh di dekatnya. Pemakaian kostum itu cuma dilakukan waktu melakukan pemindahan lokasi perawatan panda saja. Tak hanya itu menjadi pengasuh panda harus berusia 22 tahun ke atas, bisa menulis, memiliki kemampuan fotografi, dan mengetahui pengetahuan tentang panda.

3 dari 4 halaman

2. Menyita Banyak Waktu

Kalau kamu mengira menjadi pengasuh panda itu asik dan bersenang-senang terus, kamu salah. Sebab, pekerjaan ini banyak menyita waktu. Pengasuh panda bisanya menjaga panda-panda selama seminggu penuh dan hamper 24 jam, apalagi saat musim melahirkan.

4 dari 4 halaman

3. Penghasilan Tinggi

Bekerja dengan waktu yang padat dan skill ekstra, rasanya tidak heran kalau gaji seorang pengasuh panda menjanjikan. Di Tiongkok, gaji seorang pengasuh panda mencapai 32.000 USD setahun atau setara dengan Rp 463 juta. Namun sayangnya, kebutuhan pihak kebun binatang terhadap pengasuh panda terbatas.