Sukses

Soal Matematika Ini Bikin Heboh Netizen, Kamu Bisa Jawab?

Ada yang bisa bantu jawab?

Liputan6.com, Jakarta Drama di media sosial seakan tak ada habisnya. Ada saja tingkah netizen yang menarik untuk disimak. Nggak cuma update status curhatan, berbagi informasi sampai sekadar bertanya tentang suatu hal. Ya, media sosial kini dijadikan tempat pertama untuk mencari jawaban ketika bingung atau males nyari di Google. Salah satunya adalah soal matematika.

Bagi para pelajar yang masih duduk di bangku SD, SMP atau SMA, pelajaran matematika merupakan salah satu momok menakutkan. Ya, mata pelajaran yang identik dengan angka-angka dan rumus yang rumit acap kali bikin pusing. Kalau ketinggalan sedikit saja penjelasan dari guru, bisa-bisa kamu kesulitan mengerjakan berbagai soal.

Sudah banyak soal matematika yang diberikan ke netizen dan membuat heboh media sosial. Sebelum ini, netizen diuji kecerdasannya dengan soal persamaan matematika sederhana 1+1+1+1+11+1+1+ dan 1+11+1x0+1. Soal tersebut cukup membuat pusing. Meski terlihat sederhana, namun ada trik itersendiri sudah berhasil dipecahkan dan mendapatkan jawaban yang benar.

Namun, baru-baru ini muncul lagi di media sosial tentang sebuah soal metematika yang bikin pusing netizen. Berikut Liputan6.com rangkum soal matematika yang lagi-lagi bikin heboh netizen, Selasa (28/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Soal Matematika Ini Bikin Heboh Netizen

 

Sebenarnya, soal matematika yang bikin heboh netizen ini bukan hanya terjadi di Indonesia. Kehebohan soal matematika juga pernah bikin heboh netizen Singapura dan Inggris.

Namun, soal tersebut pada akhirnya bisa diselesaikan bersama-sama oleh netizen. Akan tetapi, baru-baru saja soal matematika ini kembali lagi muncul dan bikin pusing netizen.

Seperti yang diunggah oleh akun Twitter @midiahn yang memperlihatkan sebuah postingan tentang soal matematika. Dalam soal tersebut terdapat penjabaran tentang uang keluar yang habis dibelanjakan. Namun, yang jadi permasalahan adalah hitungan antara uang yang dibelanjakan dengan sisa uang yang ada terlihat ada yang kurang.

Dalam soal matematika tersebut uang yang dibelanjakan senilai total Rp 50.000. Namun hitungan jumlah uang sisa yang dijumlahkan hanya Rp 49.000. 

Artinya kalau uang sisa tadi dijumlahkan maka ada kekurangan sisa Rp 1.000.

"Aneh kurang seribu. Kuhitung bolak balik tetap kurang 1000," yang tertulis dalam postingan tersebut.

3 dari 3 halaman

Solusi dari pertanyaan tersebut

Hal inipun menjadi perdebatan netizen. Ada yang mencoba menjawab dan menjelaskan serta ada juga yang menjawab dengan guyonan.

Seperti jawaban yang dijelaskan oleh akun @Lisa.

"Ga ada yg salah, yg salah itu uang sisa yg ditambah pasti hasilnya kurang dari nominal aslinya”.

Pada dasarnya memang begitu, uang sisa dari hasil uang yang sudah dibayarkan tidak bisa dihitung untuk mendapatkan nominal yang sama dengan uang awal. Kalaupun dihitung, maka akan mendapatkan hasil jumlah uang awal yang berbeda dengan hasil jumlah uang sisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.