Sukses

7 Manfaat Berbicara Dengan Diri Sendiri Untuk Kesehatan Mental

Liputan6.com, Jakarta Berbicara dengan diri sendiri mungkin adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh siapapun di muka bumi ini. Namun, tentu saja bukan bicara dengan diri sendiri karena kelainan jiwa. 

Banyak orang melakukan hal ini untuk memotivasi diri, evaluasi diri, serta untuk membuang perasaan kesepian saat sedang sendiri. Kebanyakan orang melakukannya dengan berbicara pada kaca, atau bahkan hanya mengucapkannnya dalam hati saja.

Berbicara dengan diri sendiri ternyata baik untuk kesehatan mental. Jadi kebiasaan berbicara sendiri saat sendirian di rumah atau di kamar bisa membuat kamu lebih sehat secara mental dan tentunya tidak perlu malu karena kebanyakan orang juga melakukannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/6/2019) tentang manfaat berbicara dengan diri sendiri untuk kesehatan mental

2 dari 4 halaman

Mengendalikan Pikiran dan Mengurangi Stres

1. Mengorganisir Pikiran dan Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat berbicara pada diri sendiri yang pertama adalah kamu bisa lebih terbiasa dalam mengorgaisir atau mengendalikan pikiran. Biasanya dalam keadaan yang menuntut kamu untuk berpikir secara cepat membuat otak terdistraksi dan berujung pada kacaunya pengendalian pikiran kamu.

Dengan berbicara pada diri sendiri dapat membuat kamu mampu untuk menentukan prioritas utama dalam memilih berbagai pikiran-pikiran yang banyak tersebut. Bahkan hal ini juga bisa membuat kamu lebih memperhatikan hal-hal kecil yang penting untuk hidup. Kamu juga bisa lebih memahami diri dan lingkungan dengan sering berbicara dengan diri sendiri.

Berbicara dengan diri sendiri pada ujungnya juga dapat meningkatkan konsentrasi. Seseorang yang menulis atau membaca sambil melafalkan kata per kata lebih bisa fokus dalam memahami tulisan tersebut.

Hal ini juga membuat kemampuan otak untuk mengingat jadi meningkat. Misalnya saat kamu sedang mencari suatu barang yang hilang, dengan berbicara dengan diri sendiri maka kamu akan semakin mudah untuk mengingat tempat barang tersebut.

2. Mengurangi Stres

Manfaat berbicara pada diri sendiri yang berikutnya adalah bisa mengurangi stres dan menimbulkan perasaan bahagia. Melakukan hal tersebut dapat memungkinkan kamu untuk mengatur pikiran dan memprioritaskan kewajiban yang harusi dikerjakan.

Sehingga pikiran-pikiran yang awalnya menumpuk begitu banyak dapat terselesaikan dalam waktu yang tepat. Dengan begitu kamu bisa menjadi lebih rileks dan mampu menjalankan aktivitas dengan baik dan lancar. Selanjutnya, berbicara kepada diri sendiri akan membantumu mempersiapkan diri untuk masa-masa sulit dalam hidup dengan keberanian dan kepercayaan diri.

Dengan mengucapkan kata-kata positif dan kata-kata motivasi kepada diri sendiri, kamu bisa lebih bersemangat dan menjadi lebih bahagia karena tubuh bereaksi dengan mengeluarkan endorphin.

3 dari 4 halaman

Membantu Penyelesaian Masalah dan Mengatasi Rasa Cemas

3. Membantu Menyelesaikan Masalah Pribadi

Bicara pada diri sendiri membuat kamu lebih bijak dalam pemecahan masalah. Kadang saat punya masalah, banyak orang yang biasa curhat dengan kelaurga atau teman. Namun, dengan berbicara pada diri sendiri justru akan lebih mampu menganalisis situasi masalah kamu sendiri.

Berbicara dengan diri sendiri membuat kamu mengungkapkan sesuatu dengan suara hati sendiri dan menemukan apa yang benar-benar kamu inginkan. Namun tentu saja mendapatkan perspektif dari orang lain bukanlah hal yang buruk pula, malah juga merupakan suatu hal yang baik dilakukan karena kamu bisa mendapatkan pandangan yang berbeda.

Jadi kamu bisa melakukan keduanya. Dengan sering berbicara dengan diri sendiri, kamu menjadi lebih terbiasa berpikir lebih objektif terhadap dirimu sendiri dan membantu menyelesaikan masalah dengan lebih baik.

4. Mengatasi Rasa Cemas

Berbicara dengan diri sendiri juga bisa membantu kamu dalam mengatasi rasa cemas. Tentunya dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali hal yang membuat kamu merasa cemas, sebut saja saat akan bertemu bos yang sedang marah, saat presentasi di kelas bagi pelajar, serta saat bertemu calon mertua.

Saat-saat seperti itu tentunya kamu perlu motivator yang bisa menghilangkan rasa cemas tersebut. Kamu bisa menemukan motivator tersebut dalam dirimu sendiri. Berbicaralah dengan diri sendiri agar kamu lebih percaya diri dan tidak merasakan kecemasan.

4 dari 4 halaman

Menyalurkan Emosi dan Menambah Motivasi

5. Menyalurkan Emosi

Saat terjebak macet, pekerjaan yang tidak ada habisnya, dan tugas yang menumpuk tentunya membuat diri kamu menjadi emosi. Berbicara atau berteriak hanya dengan diri sendiri dapat menjadi salah satu pelampiasan dan peluapan emosi kamu.

Secara tidak sadar setelah kamu mengungkapkan semua kekesalan dan kemarahanmu tersebut, kamu akan lebih tenang dan emosi tersebut perlahan menghilang. Dengan berbicara pada diri sendiri, kamu dapat lebih menenangkan diri.

6. Menambah Motivasi

Sejalan dengan mengatasi rasa cemas, nantinya bicara pada diri sendiri bisa menambah motivasi seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Kamu bisa menjadi motivator dirimu sendiri, dan membuang semua rasa cemas dan takut menghadapi sesuatu.

Dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya, kamu akan semakin termotivasi dan lebih bersemangat untuk menjalani tantangan yang menghadang.

7. Menjaga Kesehatan Fisik

Ajaibnya, bicara pada diri sendiri bahkan bisa menjaga kesehatan fisik. Dari semua paparan sebelumnya, bicara pada diri sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan mental, membuat kamu tidak mudah stres, meningkatkan daya ingat, menambah motivasi, dan lain lain.

Tentunya kamu sering mendengar sebuah ungkapan dalam bahasa latin yang berbunyi “mens sana in corpore sano” yang memiliki arti “dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”. Begitulah manfaat bicara pada diri sendiri secara tidak langsung pada kesehatan fisik kamu.

 

Loading