Sukses

Perlu Diwaspadai, Ini 8 Penyakit Berbahaya yang Muncul Bila Kamu Malas Gosok Gigi

Penyakit berbahaya yang mengintai bila kamu malas menggosok gigi.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan tidak melulu tentang merawat dan menjaga kebersihan tubuh. Ya, selain menjaga kesehatan tubuh, ternyata kamu juga perlu memperhatikan kebersihan dan kesehatan mulut. Kebersihan gigi dan mulut merupakan hal penting yang harus dilakukan bagi semua orang.

Kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan serta kesehatan mulut adalah dengan menggosok gigi dengan rutin. Namun, bila kamu ternyata memiliki kebiasaan malas sikat gigi setiap pagi sesudah makan dan sebelum tidur, maka kamu perlu menjauhi kebiasaan buruk ini sesegera mungkin.

Ternyata banyak masalah kesehatan yang bisa mengintaimu bila tidak menjaga kesehatan mulut dengan menggosok gigi. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa penyakit berbahaya yang bisa muncul jika kamu malas menggosok gigi dengan rutin, Senin (17/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Diabetes

Pada kondisi mulut yang kering dan penuh bakteri yang diakibatkan karena tidak menggosok gigi dapat meningkatkan risiko terserang penyakit, salah satunya adalah diabetes. Oleh karena itu, menggosok gigi menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh seriap orang.

Kalau kamu merasa tidak sempat untuk menggosok gigi, kamu bisa menyiasatinya dengan selalu membawa benang gigi di dalam tas. Selain itu, kamu juga bisa mengunyah permen karet bebas gula untuk membantu membersihkan zat-zat berbahaya yang dapat mengacaukan gula darah di dalam tubuh.

3 dari 6 halaman

Penyakit Jantung dan Stroke

Kalau kamu masih memiliki kebiasaan untuk malas menggosok gigi dan gusi, maka hal ini akan membuat plak berkumpul di dinding pembuluh darah. Hal ini mengakibatkan aliran darah menjadi lebih lambat atau malah berhenti sepenuhnya dan menimbulkan beberapa masalah kesehatan. 

Ya, semakin banyak bakteri di dalam mulut, patogen akan semakin mudah berkembang dengan baik. Patogen merupakan parasit yang identik dengan penumpukan plak arteri manusia. Plak arteri ini meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Semua jenis penyakit jantung juga bisa mengancam nyawa kamu jika malas menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut. Penyakit jantung yang bisa menyerang kamu jika malas menggosok gigi adalah jantung coroner, serangan jantung, dan gagal jantung.

4 dari 6 halaman

Osteoporosis

Menurut National Institute of Health, terlalu banyaknya bakteri di dalam mulut dapat merusak bagian yang menyangga gigi. Di samping itu, bakteri mulut yang dibiarkan terus-menerus juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

5 dari 6 halaman

Gangguan Pernapasan dan Gusi Berdarah

Ternyata malas menggosok gigi juga dapat memengaruhi paru-paru. Berbagai penyakit yang berhubungan dengan masalah pernapasan akan muncul. Misalnya saja asma, infeksi, kanker paru-paru, dan lainnya.

Selain itu, juga akan mengakibatkan infeksi pada jaringan tulang yang mendukung gigi bisa terjadi jika isi mulut jarang dibersihkan. Hal ini akan mengakibatkan gusi mengalami pendarahan dan menimbulkan infeksi tersebut.

6 dari 6 halaman

Bau Mulut dan Gigi Berlubang

Masalah yang cukup menganggu akibat dari malas menggosok gigi adalah munculnya bau mulut. Salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan mulut adalah dengan menjaga pola makan sehat, menyikat gigi dua kali sehari, dan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Selain itu, kuman dan bakteri yang jarang dibersihkan jelas membuat lubang di gigi. Bukan hanya sakit, mengunyah makanan pun menjadi tidak sempurna jika gigi banyak yang berlubang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini