Sukses

7 Wisata Bandungan Semarang, Suguhkan Panorama Sejuk Khas Pegunungan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Bandungan Semarang cocok bagi Anda yang mencari ketenangan usai menjalani hiruk pikuk aktivitas. Kabupaten Semarang, tepatnya daerah Bandungan menyediakan wisata Bandungan Semarang yang masih asri dan alami.

Bandungan adalah sebuah kecamatan baru di Kabupaten Semarang yang merupakan pemekaran dari sebagian Kecamatan Ambarawa dan Kecamatan Jambu.

Wisata Bandungan Semarang dikenal dengan sajian panorama pegunungannya yang sejuk. Di daerah ini terdapat berbagai pilihan wisata Bandungan Semarang. Tempat-tempat wisata Bandungan Semarang ini dapat dijangkau dengan mudah, tak jauh dari pusat kota.

Mulai dari wisata alam hingga kuliner, wisata Bandungan Semarang tak pernah sepi pengunjung. Berikut 7 pilihan wisata Bandungan Semarang yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/6/2019).

2 dari 8 halaman

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan kompleks bangunan candi peninggalan Hindu dari zaman Wangsa Sanjaya pada abad ke-8 (tahun 927 Masehi). Kompleksi candi ini berada di desa Candi, kecamatan Bandungan yang berjarak 9 Km dari Kota Ambarawa dan 12 Km dari Kota Ungaran.

Berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, membuat destinasi ini terasa sejuk dan menyegarkan. Selain berwisata sejarah, Anda juga dapat menikmati fasilitas pemandian air panas, area perkemahan, dan wisata berkuda. Di sekitar lokasi juga terdapat penginapan dan hotel.

Untuk menempuhnya, diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, dan kemiringannya sangat tajam (rata-rata mencapai 40 derajat). Lokasi candi juga dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari objek wisata Bandungan.

3 dari 8 halaman

Taman Bunga Celosia

Taman bunga celosia merupakan satu tempat wisata baru di Bandungan, Semarang. Tak hanya menawarkan hamparan bungan Celosia, tempat ini juga memiliki replika landmark terkenal dari berbagai negara. Taman Bunga Celosia berada di kawasan wisata Candi Gedong Songo, tepatnya di Jl. Wisata Gedong Songo KM 05, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Dilansir dari Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Taman Bunga Celosia mampu membuat pengunjung seolah-olah berwisata ke Eropa. Apalagi, taman ini didesain lengkap dengan kincir angin dan beragam jenis bunga asli Eropa yang didatangkan langsung dari tanah asalnya.

Tiket masuk ke Taman Bunga Celosia juga ramah di kantong. Hanya sebesar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak pengunjung sudah terpuaskan dengan panorama alam bebungaan yang indah.

4 dari 8 halaman

Kebun Krisan Bandungan

Sebelum Taman Bunga Celosia hadir, Kebun Krisan Bandungan sudah memiliki kebun bunga yang tak kalah indah. Kebun Krisan Bandungan atau Kampung Krisan Gemah Ripah merupakan perkebunan bunga krisan beragam varietas. Setidaknya ada 20 varietas yang dikembangkan oleh Kelompok Tani Gemah Ripah.

Anda bakal diajak berkeliling di kebun bunga krisan yang khusus untuk kunjungan wisatawan di luasan lahan 6,5 hektar. Setidaknya ada 3 kebun yang disiapkan pihak pengelola untuk pengunjung. Kampung Krisan Gemah Ripah terletak di Dusun Clapar Desa Duren Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Di sini Anda bisa berfoto, belajar bercocok tanam, mengenal varietas krisan, hingga memetik bunga.

5 dari 8 halaman

New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort

New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort dahulu dikenal sebagai Hotel PJKA. Tempat ini oleh pemerintah setempat sudah dikembangkan sebagai sebuah tempat wisata dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan cocok untuk keluarga.

Bandungan Indah Waterpark berlokasi di jantung Bandungan dengan luas lebih dari 3 Ha. Tempat wisata ini memiliki berbagai fasilitas seperti family resort, convention hall, waterpark, gardening, playground, kidcastle, pemancingan, out bond, sanctuary butterfly, café, dan live music.

Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin menghelat acara seperti gathering, seminar, maupun liburan biasa bersama keluarga. New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort berada di Jl Veteran No 3 Bandungan Kabupaten Semarang.

6 dari 8 halaman

Camp Mawar

Camp Mawar menawarkan sebuah perjalanan wisata yang sangat berbeda dari biasanya. Seusai dengan namanya, tempat ini adalah tempat untuk camping sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya. Camp Mawar berada di kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian 2.050 mdpl.

Camp Mawar biasa dipakai sebagai pos pertama pendakian ke gunung Ungaran yang melewati trek Jimbaran atau Umbul Sidomukti. Lokasi ini kerap dijadikan tempat camping para wisatawan.

Fasilitas yang disediakan juga terbilang lengkap seperti taman untuk berfoto, kamar mandi, musala, warung, hingga persewaan tenda dan alat camping bahkan sampai 24 jam.

Bagi Anda yang menyukai suasana alam yang damai, bermalam di tempat ini adalah pilihan tepat. Dari Camp Mawar ini juga Anda bisa langsung melihat landscape Kota Ungaran.

7 dari 8 halaman

Umbul Sidomukti

Kawasan wisata Umbul Sidomukti merupakan salah satu wisata alam pegunungan yang didukung fasilitas yang lengkap. Kawasan wisata ini dengan didukung fasiltas seperti Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta Meeting Room.

Umbul Sidomukti berlokasi di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Di sini pengunjung juga dapat menikmati ikan bakar di salah satu resto yang dapat menampung kapasitas besar, menginap di pondok wisata dan menikmati panorama alam pegunungan yang asri.

8 dari 8 halaman

Tahu Serasi

Tak cuma wisata alam, Bandungan juga memiliki wisata kuliner yang khas. Jika berkunjung ke daerah ini tak lengkap jika tidak mencicipi tahu serasi.

Tahu ini merupakan tahu khas dari daerah Bandungan, Ambarawa. Tahu Serasi berwana putih bersih dan sangat padat serta rasanya sangat enak dan gurih.

Keistimewaan dari tahu serasi buatan Bandungan adalah tidak mengunakan pengawet sama sekali. Biasanya untuk menikmati tahu serasi, tahu digoreng terlebih dahulu dan dinikmati bersama sambal kecap yang dibuat dengan bawang goreng dan irisan cabai yang dicampur dengan kecap manis. Selain tahu serasi juga dijual sari kedelai yang rasanya sangat gurih.