Sukses

Konsumsi 5 Vitamin Ini untuk Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Cukupi asupan vitamin untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut yang sehat adalah impian bagi setiap orang. Tidak hanya perempuan, laki-laki pun juga ingin memiliki rambut yang sehat. Namun kerusakan rambut bisa saja muncul bila kamu tak merawatnya dengan baik. 

Ya, untuk mendapatkan rambut yang sehat kamu juga perlu menjaganya baik dari luar maupun dalam. Bila kerontokan rambut telah menghampirimu, maka yang bisa kamu lakukan adalah harus ekstra melakukan perawatan khusus rambut agar kembali menjadi sehat.

Agar kerontokan pada rambut kamu tidak semakin parah, kamu bisa mencukupi kebutuhan vitamin yang mampu memperbaiki masalah rambut rontokmu itu. Mencukupi tubuh dengan vitamin tertentu ini bisa membantu megatasi masalah rambut rontokmu.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum beberapa vitamin yang perlu kamu konsumsi untuk mengatasi masalah rambut rontok. Telah dirangkum dari berbagai sumber, kamu bisa mencukupi kebutuhan akan vitamin ini dari beberapa makanan yang sangat mudah ditemukan, Kamis (27/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab Rambut Rontok

Banyak faktor yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Misalnya saja ada pengaruh dari lingkungan yang mengharuskan kamu untuk sering terpapar sinar matahari, polusi, dan debu. Tak hanya itu, pola makan yang tidak sehat hingga stress berlebih menjadi awal mulanya terjadi kerontokan pada rambut.

Selain itu, kebiasaan kamu yang suka bereksperimen dengan berbagai model gaya rambut juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Misalnya saja proses pewarnaan pada rambut, catok, keritingm atau hanya sekedar mengeringkan rambut dengan suhu hairdryer yang terlalu panas.

Nah, beberapa kondisi inilah yang biasanya bikin rambut kamu jadi rentan patah hingga rontok, jika tidak dirawat dengan tepat. Namun bila kamu sudah mengalami kerontokan rambut, kini kamu perlu merawat atau mengatasinya agar kerontokan tersebut berkurang.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencukupi asupan vitamin yang bisa bantu untuk permasalahanmu ini.

3 dari 7 halaman

Vitamin E: kacang almond, gandum, alpukat, dan brokoli

Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan rambut. Vitamin E juga bisa membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak keratin untuk menghentikan kerusakan pada rambut.

Nah, untuk mendapatkan asupan vitamin E ini kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan atau menggunakan produk perawatan rambut yang memiliki kandungan vitamin E di dalamnya. Untuk makanan kamu bisa mengonsumsi kacang almond, gandum, alpukat, dan brokoli.

4 dari 7 halaman

Vitamin C: jeruk, jambu biji, stroberi, dan paprika merah dan lainnya

Vitamin C bisa bantu untuk meningkatkan produksi kolagen yang merupakan elemen penting dari rambut. Vitamin C ini juga berguna untuk mencegah rambut menjadi patah. Untuk memenuhi asupan vitamin C, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan yang memiliki kandungan ini.

Makanan yang memiliki kandungan vitamin C seperti kubis, kangkung, brokoli, bayam, jeruk, jambu biji, stroberi, dan paprika merah.

5 dari 7 halaman

Vitamin A: wortel, persik, bayam, hingga buah-buahan

Sedang vitamin A berfungsi untuk meningkatkan produksi sebum pada kulit kepala. Mendapatkan asupan vitamin A yang cukup dapat merawat kulit kepala dari kekeringan dan keruskan rambut.

Untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin A ini kamu bisa mendapatkannya pada beberapa makanan seperti wortel, persik, bayam, hingga buah-buahan.

Namun perlu diketahui bahwa untuk tidak mengonsumsi vitamin A terlalu banyak. Karena hal ini bisa memberikan efek yang berbeda pada rambutmu.

6 dari 7 halaman

Vitamin D: ikan halibut, makarel, belut, dan salmon

Diketahui bahwa vitamin D baik untuk kesehatan tulang. Namun ternyata vitamin D juga sangat dipercaya bisa bantu mengatasi kerontokan rambut. Sangat mudah mendapatkan asupan nutrisi ini. Kamu hanya perlu menjemur badan di bawah sinar matahari selama 15-20 menit.

Namun ada juga produk makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan halibut, makarel, belut, dan salmon. Sedangkan pada produk jamur kamu bisa mencoba maitake, dan portobella.

7 dari 7 halaman

Vitamin B7: jamur, alpukat, telur, salmon, dan selai kacang.

Biotin atau vitamin B7 bisa kamu konsumsi juga untuk membantu pertumbuhan rambut. Ya, nutrisi ini bisa bantu kamu untuk mempercepat pertumbuhan rambut agar lebih panjang. Bila kamu mencukupi asupan vitamin B7 ini, maka akan membantu mengatasi masalah akibat kerontokan.

Untuk mendapatkan asupan vitamin B7 ini, selain beberapa produk perawatan rambut, kamu juga bisa mendapatkannya pada makanan. Makanan yang memiliki kandungan B7 seperti jamur, alpukat, telur, salmon, dan selai kacang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini