Sukses

7 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan, Tidak Hanya Bikin Tenang

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang masih menganggap sepele manfaat meditasi. Padahal bermeditasi memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental seseorang.

Meditasi merupakan latihan untuk mendapatkan ketenangan pikiran dan tubuh yang nyaman. Walaupun hanya duduk diam dan tidak melakukan apa-apa, ternyata meditasi merupakan cara paling ampuh dalam mengatasi cemas serta stres.

Manfaat meditasi tidak terbatas hanya pada kesehatan mental saja, bahkan pada kesehatan fisik. Kamu tidak perlu memikirkan tentnag dan tempat untuk melakukan meditasi. Hanya dengan memenuhi satu syarat, yaitu suasana yang tenang, maka kamu sudah bisa melakukan meditasi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/7/2019) ragam manfaat meditasi bagi kesehatan yang jarang diketahui.

2 dari 4 halaman

Mengatasi Stres dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengatasi Stres

Manfaat meditasi yang pertama adalah dapat mengurangi stres. Stres merupakan awal dari berbagai masalah kesehatan mental lainnya seperti gangguan tidur, depresi, serta rasa cemas berlebihan. Selain itu, stres juga bisa mengundang berbagai penyakit menghampiri penderitanya.

Meditasi bisa mengatasi stres yang menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan tersebut. Orang-orang yang melakukan meditasi dan latihan pernapasan selama 25 menit dalam sehari bisa mendapatkan manfaat dalam penurunan kadar kortisol dan dapat memecahkan masalah dengan lebih baik.

Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh

Selain manfaat mental, meditasi juga memiliki manfaat dalam mengatasi berbagai masalah kesetan fisik, seperti bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan manfaat satu ini, kamu bisa terhindar dari flu dan batuk yang ditularkan oleh orang lain. Dengan rutin berolahraga dan melakukan meditasi, kamu bisa menghindari risiko timbulnya penyakit flu dan batuk.

3 dari 4 halaman

Mengatasi Depresi dan Menurunkan Tekanan Darah

Mengatasi Depresi dan Rasa Cemas

Depresi merupakan efek dari stres. Jadi, sama dengan stres, depresi pun bisa diatasi dengan meditasi karena memberikan ketenangan dan kenyamanan pada seseorang. Dengan melakukan meditasi selama 30 menit dalam sehari secara rutin, ditambah dengan latihan aerobik, maka kamu bisa mengurangi gejala depresi bahkan sampai 40%. Orang-orang yang melakukan hal ini secara teratur dapat mengendalikan diri untuk tidak cemas dan memikirkan sesuatu secara berlebihan yang mengakibatkan stres dan depresi. Tidak hanya dapat mengendalikan kecemasan, bahkan dengan meditasi kamu bisa mencegah rasa cemas dan depresi muncul.

Menurunkan Tekanan Darah

Selanjutnya kembali ke manfaat bagi kesehatan fisik, meditasi dapat menurunkan tekanan darah. Tentunya tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan efek yang buruk terhadap jantung. Bila tekanan darah tinggi, jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah. Hal ini mengakibatkan fungsi jantung semakin buruk dan membuat kamu lebih mudah terserang penyakit jantung. Dengan melakukan meditasi, kamu bisa menurunkan tekanan darah dengan mengurangi tegangan pada jantung.

4 dari 4 halaman

Tidur Nyaman dan Melawan Kecanduan

Tidur Lebih Nyaman

Seperti yang disebutkan sebelumnya, stres merupakan biang dari berbagai masalah kesehatan lainnya, termasuk dapat mengganggu kualitas tidur. Tubuh akan melepaskan ketegangan dan jadi lebih rileks sehingga seseorang dapat tidur lebih baik, bila sering bermeditasi. Kondisi mental yang buruk ditambah dengan tubuh yang kurang istirahat semakin memperparah keadaan sulit tidurmu. Meditasi adalah pilihan yang paling tepat sebagai solusinya. Walaupun ada obat tidur, kamu sebaiknya tidak sering-sering menggunakannya karena memiliki efek buruk pada tubuh nantinya.

Memperkuat Daya Ingat

Selanjutnya, meditasi memiliki manfaat untuk memperkuat daya ingat. Hal ini biasanya terjadi pada lansia. Semakin bertambah tua, fungsi otak akan jadi menurun. Meditasi yang menggabungkan nyanyian dan gerakan berulang dapat melatih konsentrasi seseorang. Hal ini juga dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi lansia, bahkan bisa membantu meningkatkan fungsi otak bagi lansia yang mengidap demensia.

Melawan Kecanduan

Meditasi juga bisa membantu orang yang memiliki kecanduan terhadap sesuatu. Hal ini karena sikap disiplin yang diterapkan saat meditasi, sehingga seseorang yang memiliki kecanduan terhadap alkohol dapat mengendalikan keinginannya untuk tidak minum lagi. Seorang pecandu akan menjadi lebih paham cara yang paling tepat untuk mengendalikan rasa candunya yang berlebihan tersebut.

Loading