Sukses

6 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan, Jadi Obat Herbal Alami

Binahong sudah terkenal sebagai obat herbal

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun binahong cukup terkenal dalam dunia obat herbal. Binahong adalah sejenis tanaman obat yang tumbuh di sia tropis dan Afrika. Binahong dikenal dengan berbagai nama umum di berbagai negara seperti Malabar Spinach, vine spinach, red vine spinach, climbing spinach, creeping spinach, buffalo spinach dan Ceylon spinach. 

Di Indonesia, manfaat daun binahong kerap digunakan dalam pengobatan herbal alami. Manfaat daun binahong dipercaya dapat menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit. Manfaat daun binahong didapat dari cara mengonsumsinya dengan cara direbus atau diminum ekstraknya.

Binahong adalah sumber zat besi, kalsium, Vitamin C dan Vitamin A. yang sangat baik. Daunnya mengandung protein tinggi dan sumber fosfor dan kalium yang baik. Binahong juga memiliki sejumlah besar antioksidan seperti lutein dan beta karoten.

Kini banyak produk yang dapat dibeli untuk mendapatkan manfaat daun binahong. Mulai dari teh herbal hingga kapsul, Anda dapat merasakan manfaat daun binahong secara alami.

Berikut manfaat daun binahong yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(12/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Tangkal kanker

Kanker cenderung menjadi salah satu penyakit paling mengerikan karena sifatnya yang berbeda. Ini terjadi karena proses alami yang dikenal sebagai stres oksidatif. Tekanan ini mengarah pada produksi radikal bebas yang merusak sel-sel sehat dan menjadikannya sel kanker.

Daun binahong adalah sumber kaya anti-oksidan pigmen karotenoid esensial seperti Betakaroten, zeaxanthin dan lutein. Antioksidan ini menetralkan radikal bebas berbahaya. Vitamin A yang terkandung dalam binahong juga memberi manfaat pencegahan kanker.

Ditemukan bahwa konsumsi Vitamin A dan flavonoid memberikan perlindungan dari kanker paru-paru.

Ada pula vitamin C yang ditemukan pada daun binahong. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan kuat yang jauh lebih efektif untuk melawan radikal bebas.

3 dari 7 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Cegah penuaan dini

Penuaan adalah efek samping lain karena stres oksidatif. Penuaan adalah proses alami, tetapi radikal bebas dapat memperburuknya. Radikal bebas merusak sel-sel kulit yang menyebabkan kulit keriput dan rusak. Antioksidan seperti Betakaroten, zeaxanthin, lutein, Vitamin A dan Vitamin C memberikan perlindungan dari radikal bebas.

Karena daun binahong merupakan sumber Vitamin A dan Vitamin C yang melimpah, herbal satu ini terbukti jauh lebih bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Vitamin A dan C sudah lama dikenal untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

4 dari 7 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Melindungi dan Memelihara Mata

Efek berbahaya dari radikal bebas ada pada tingkat sel. Radikal bebas ini merusak setiap sel di jalannya. Radikal bebas bisa merusak retina mata yang menyebabkan katarak atau kehilangan penglihatan mata. Antioksidan seperti vitamin A, Vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas.

Bersama dengan Vitamin A daun binahong bisa sangat penting untuk penglihatan yang baik. Daun binahong kaya akan vitamin A yang bagus untuk mata. Tidak hanya daunnya tetapi batangnya adalah sumber vitamin A.

5 dari 7 halaman

Serat dan Antioksidan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Makanan kaya antioksidan dan serat sangat penting untuk kesehatan jantung yang optimal. Karena perubahan makanan, seseorang bisa kekurangan banyak nutrisi penting yang diperlukan untuk melindungi dan memelihara kesehatan jantung secara keseluruhan.

Antioksidan yang kuat efektif untuk melindungi kerusakan otot jantung dan bahkan kerusakan arteri dan saraf dari radikal bebas. Selain itu, serat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang menghambat aliran darah yang mengakibatkan penyakit jantung.

Kalium pada daun binahong juga memainkan peran penting dengan mempertahankan kadar cairan darah. Ini juga membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, daun binahong memberikan manfaat lengkap untuk jantung dan sistem kardiovaskular.

6 dari 7 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Lancarkan pencernaan

Daun binahong menawarkan serat dalam jumlah besar, meningkatkan rasa kenyang. Serat makanan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, serat dapat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, yang dapat menurunkan risiko resistensi insulin, diabetes, dan gangguan metabolisme.

Serat sangat bermanfaat bagi mereka yang berjuang dengan sembelit, kembung dan gangguan pencernaan. Nutrisi ini membantu menormalkan pergerakan usus dan mendukung kesehatan usus.

Ini juga dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik, menjaga jantung berfungsi pada puncaknya. Plus, serat dapat menekan nafsu makan dan meneri rasa kenyang dengan cepat, membuatnya ideal untuk pelaku diet.

7 dari 7 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Tajamkan ingatan

Kaya akan folat dan vitamin B-kompleks lainnya, daun binahong mendukung fungsi mental dan membuat otak tetap tajam. Tiamin, biotin, asam folat, dan vitamin B lainnya memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kekurangan vitamin B-12, misalnya, telah dikaitkan dengan risiko depresi, kelelahan, anemia, dan paranoia yang lebih tinggi.

Selain menjaga kesehatan organ dalam dan kulit, daun binahong juga dapat membantu tubuh rileks. Mineral, terutama magnesium dan seng dari daun binahong akan membantu merilekskan seluruh tubuh dan membuat tidur nyenyak. Magnesium dan seng juga dapat mengisi ulang energi dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.