Sukses

Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Aroma Tubuh Tidak Sedap

Liputan6.com, Jakarta Memiliki aroma tubuh yang wangi merupakan keinginan hampir semua orang. Bagaimana tidak, aroma tubuh yang tidak sedap bisa sangat mengganggu baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Selain itu bau badan juga turut menjadi landasan utama tingkat kepercayaan diri seseorang.

Tubuh dengan aroma yang tidak sedap banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tak hanya produksi keringat yang berlebihan. Ternyata dari kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan bisa menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

Ternyata ada beberapa kebiasaan yang kamu anggap sepele bisa menjadi penyebab aroma tubuh tidak sedap. Berikut ini Liputan6.com, Jumat (26/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa kebiasaan yang ternyata bisa menyebabkan bau badan tidak sedap.

2 dari 6 halaman

Suka Menahan Buang Air Kecil

Apabila kamu kerap tidak menyegerakan buang air kecil saat sudah memiliki tanda-tandanya, maka tak heran kalau memiliki kondisi tubuh dengan aroma yang tidak sedap. Ya, segala macam sisa pembuangan yang mengendap dalam tubuh kamu mengandung racun.

Apabila kamu tak membuangnya secepat mungkin, maka akan muncul beberapa masalah pada kesehatan. Apabila kamu sering menahan buang air kecil dan buang air besar maka akan menyebabkan penumpukan ammonia dalam konsentrasi tinggi yang dibuang lewat keringat.

3 dari 6 halaman

Tidak Mencukur Bulu Ketiak Secara Rutin

Bulu ketiak juga merupakan salah satu faktor penyebab aroma tubuh menjadi tidak sedap. Hal ini dikarenakan adanya bulu ketiak yang dibiarkan memanjang dalam jangka waktu yang lama.

Memang, memanjangkan bulu ketiak merupakan sesuatu yang lumrah. Namun apabila kamu suka dengan kondisi ini, maka kamu perlu melakukan trimming dan mencucinya dengan benar.

4 dari 6 halaman

Stress

Bila kamu tak bisa mengontrol tingkat Stress, maka kamu bisa mengalami yang namanya aroma tubuh menjadi tidak sedap. Ya, saat kamu sedang stress, keringat kamu diproduksi melalui kelenjar keringat yang disebut dengan kelenjar apokrin.

Keringat yang dikeluarkan melalui apokrin ini merupakan keringat yang kurang berair dan kerap mengandung bakteri dari lemak serta protein yang bercampur. Oleh sebab itu, saat kamu sedang stress maka membuat aroma tubuh akan cenderung tidak sedap walaupun kamu sudah mandi dan memakai parfum.

5 dari 6 halaman

Pola Makan yang Salah

Mengonsumsi makanan secara berlebihan bukan sesuatu hal yang baik. Begitu juga saat kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Mengonsumsi protein secara berlebihan bisa membuat aroma badan menjadi tidak sedap.

Selain itu, kamu juga perlu mengurangi konsumsi gorengan dan makanan pedas. Pasalnya, minyak yang terkandung dalam gorengan bisa berubah menjadi aroma yang tidak sedap di tubuh. Begitu juga dengan makanan pedas, yang mengandung sulfur yang mudah diserap oleh tubuh. Saat dilepaskan melalui pori-pori, tubuh akan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

6 dari 6 halaman

Konsumsi Obat-obatan

Efek paling umum yang terjadi dari mengonsumsi obat-obatan, baik yang didapatkan melalui resep atau nonresep, atau bahkan produk herbal, adalah menjadikannya berkeringat.

Obat-obatan antipsikotik dan antidepresan dikenal sebagai salah satu obat penyebab aroma tubuh yang tidak sedap. Terlbih lagi, penggunaan aspirin dan acetaminophen yang berlebihan bisa mengakibatkan produksi keringat berlebih.