Sukses

Cara Menonaktifkan Akses Internet untuk Aplikasi Tertentu di Android

Beberapa aplikasi bisa menyedot data

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan data seluler kini menjadi kebutuhan penting bagi siapapun yang memiliki smartphone. Banyak operator seluler menawarkan paket data tanpa batas. Tak jarang paket yang ditawarkan juga memiliki tarif yang tak murah. Akibatnya kamu harus menghemat data selulermu. 

Beberapa aplikasi menyedot data secara teratur, bahkan ketika mereka sedang tidak aktif digunakan. Kamu bisa mematikan data seluler agar aplikasi tak terus menggunakan data. Namun, masalah muncul ketika aplikasi komunikasi seperti WhatsApp, Messenger harus terhubung ke internet setiap saat.

Untungnya, Android menyediakan cara untuk mencegah aplikasi tertentu menggunakan data. Aplikasi pihak ketiga juga bisa menjadi alternatif untuk solusi ini. Cara-cara ini berguna untuk kamu yang ingin menonaktifkan data pada aplikasi yang tak perlu menggunakan data, dan tetap menggunakan aplikasi yang memang seharusnya mengakses data.

Berikut cara menonaktifkan koneksi internet pada aplikasi tertentu, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(31/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menggunakan Fitur bawaan Android

Kamu dapat dengan mudah mengatur batasan data latar belakang untuk aplikasi tertentu di Android. Yang perlu kamu lakukan, adalah pergi ke Pengaturan-> Aplikasi (Settings->Apps) dan pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan datanya.

Di halaman Info Aplikasi, kamu dapat mengetuk “Penggunaan data” (Data usage) dan di sini, aktifkan “Batasi data latar belakang aplikasi” (“Restrict app background data”). Ini memastikan bahwa aplikasi tidak mengambil data seluler apa pun saat berjalan di latar belakang selama kamu tidak membukanya.

Jika kamu ingin membatasi data latar belakang untuk semua aplikasi, kamu dapat pergi ke Pengaturan-> Penggunaan data (Settings->Data usage), tekan tombol tiga titik dan ketuk "Batasi data latar belakang" (Restrict background data) . Di sini, kamu juga dapat menetapkan batas data seluler bulanan, sehingga kamu tahu kapan data selulermu hampir habis.

Jika kamu memiliki android versi terbaru (N keatas), kamu akan menemukan mode Penghemat Data (Data Saver). Pada dasarnya fitur ini membatasi data latar belakang pada semua aplikasi. Namun, kamu dapat memilih aplikasi yang kamu inginkan untuk mengaktifkan akses data tidak terbatas.

3 dari 5 halaman

Blokir Data Seluler dan WiFi dengan NetGuard

Sementara fitur bawaan Android hanya memungkinkan kamu menonaktifkan koneksi internet pada data seluler, aplikasi pihak ketiga bisa lebih membantumu. Ini memungkinkan kamu untuk menonaktifkan koneksi data dan juga Wi-Fi.

NetGuard adalah aplikasi firewall yang tidak hanya memblokir akses internet untuk aplikasi tertentu tetapi juga memungkinkan kamu menggunakan kondisi seperti membolehkan WiFi atau data seluler saat layar menyala dan memblokir internet saat roaming.

NetGuard menampilkan semua aplikasi dalam urutan abjad. Di sampingnya terdapat opsi nonaktifkan untuk Wi-Fi dan data seluler. Nonaktifkan akses pada salah satu atau kedua jenis koneksi yang kamu inginkan.

Untuk kontrol dan pengecualian yang lebih spesifik, ketuk panah dropdown di sebelah setiap aplikasi. Opsi ini mencakup kemampuan untuk membatasi aplikasi yang mengonsumsi data hanya ketika kamu sedang roaming. Atau, kamu dapat mengizinkan aplikasi menggunakan data sementara yang lain diblokir.

Kamu juga dapat membatasi penggunaan data pada koneksi jaringan seluler tertentu, jika perlu. ini seperti dapat mengizinkan penggunaan tanpa batas pada koneksi 3G, dan membatasi koneksi LTE.

4 dari 5 halaman

Blokir Data Seluler dan WiFi dengan NoRoot Firewall

NoRoot Firewall adalah aplikasi firewall yang sangat populer yang menghadirkan kemampuan tingkat lanjut untuk menonaktifkan koneksi internet.

Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan kamu memblokir akses data seluler / WiFi untuk aplikasi, tetapi juga memungkinkan kamu mengatur filter dan ketentuan khusus berdasarkan alamat IP, nama domain, dan alamat host.

NoRoot Firewall juga melindungi informasi pribadimu agar tidak dikirim ke Internet. Firewall NoRoot memberi tahumu ketika aplikasi mencoba mengakses Internet. Tampilan antarmuka NoRoot Firewall juga sederhana dan gratis untuk digunakan.

5 dari 5 halaman

Blokir Data Seluler dan WiFi dengan InternetGuard Data Saver Firewall

InternetGuard Data Saver Firewall adalah aplikasi firewall terbaik lain dalam daftar yang dapat digunakan untuk memblokir akses internet di aplikasi tertentu di Android.

Sama seperti semua aplikasi firewall Android lainnya, InternetGuard Data Saver Firewall juga memungkinkan pengguna untuk memblokir akses internet aplikasi tertentu di Android.

Aplikasi ini menampilkan daftar aplikasi Android yang memiliki akses ke internet. Cukup ketuk aplikasi yang ingin diblokir akses internetnya lalu pilih jenis konektivitasnya. Jika kamu ingin memblokir penggunaan data seluler, ketuk ikon ‘Mobile data’ dan jika kamu ingin memblokir internet Wifi, lalu ketuk tombol ‘Wifi’.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.