Sukses

Cara Membuat Paper Flower untuk Dekorasi Ruangan, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat paper flower penting bagi kamu yang ingin membuat dekorasi ruangan. Paper flower kini menjadi salah satu pilihan dekorasi ruangan yang cukup digandrungi. Meski terkesan sederhana, dengan kreativitas, paper flower bisa menjadi hiasan ruang yang elegan.

Paper flower atau bunga kertas menjadi dekorasi kekinian dengan kesan simpel. Paper flower bisa menjadi pilihan dekorasi berbagai acara atau hanya sekadar untuk memperindah kamar tidur.

Sudah banyak yang menyediakan paper flower yang siap pasang. Namun, tak ada salahnya jika membuatnya sendiri dirumah. Bentuknya yang rumit mungkin membuatmu berpikir bahwa cara membuat paper flower tidak mudah. Dengan bahan yang mudah didapat dan bantuan kreativitas, cara membuat paper flower tak sesulit yang dipikirkan.

Dengan mengetahui cara membuat paper flower, kamu bisa membuat dekorasi sesuai keinginanmu. Cara membuat paper flower ini juga lebih murah dibanding membeli paper flower yang siap pasang.

Cara membuat paper flower ini bisa kamu terapkan jika ingin menghias ruangan untuk berbagai acara. Berikut cara membuat paper flower yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (4/8/2019).

2 dari 7 halaman

Siapkan Bahan dan Pola

Persiapkan bahan untuk membuat paper flower. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

- Kertas

Untuk sebuah paper flower kamu membutuhkan kertas yang tidak terlalu tebal agar mudah dibentuk dan juga tidak terlalu tipis agar kertas dapat mempertahankan bentuknya. Kamu bisa menggunakan kertas karton berwarna atau kertas karton jasmine yang memiliki tampilan mengkilap.

- lem tembak

- Gunting

Untuk mempermudah membentuk kelopak bunga, kamu bisa menyiapkan pola. Pola ini bisa digambar di sembarang kertas. Kamu juga bisa mencari pola di internet dan mencetaknya sesuai ukuran yang diinginkan.

3 dari 7 halaman

Gunting Kertas Sesuai Pola

Pertama, ambil kertas berukuran A4 dan lipat menjadi dua, simetris, dan potong. Kelopak besar akan muat dalam setengah lembar A4, kelopak sedang muat untuk seperempat kertas A4, dan kelopak kecil akan muat dalam sepedelapan A4.

Kamu akan membutuhkan masing-masing 6 lembar untuk kelopak besar, sedang, dan kecil. Siapkan pula kertas untuk pusat bunga.

Susun lembaran kertas sesuai ukuran, dan gunting sesuai ukuran pola. Di dasar kelopak, potong celah sekitar 2 inci. Ini akan membuat dua flap untuk membentuk kelopak.

4 dari 7 halaman

Bentuk dan Rangkai Kelopak

Setelah terbentuk kelopak, gulung bagian terbesar kelopak untuk menciptakan kesan bergelombang. Pada bagian bawah kelopak yang telah digunting membentuk celah 2 inci, lem satu sisi pada celah dan rekatkan secara tumpang tindih agar kelopak dapat berdiri dengan tegak. Buat untuk kelopak paling besar sebanyak 6 buah.

Setelah itu, kamu bisa merangkai keenam kelopak besar hingga berbentuk mangkuk. Tambahkan garis lem ke tepi di tiap kelopak bawah untuk menyatukannya.

5 dari 7 halaman

Buat Tiga Ukuran Kelopak dan Satukan

Ulangi semua langkah di atas untuk kelopak sedang dan kecil. Kelopak kecil akan muat di seperdelapan kertas A4, kelopak sedang muat di seperempat kertas A4, dan kelopak besar muat di setengah kertas A4. Setelah membuat tiga mangkuk kelopak dengan ukuran berbeda, satukan ketiganya. Tutup bagian bawah kelopak paling besar dengan kertas sisa.

Sekarang, tambahkan beberapa lem ke bagian bawah mangkuk sedang dan masukkan ke dalam mangkuk besar. Selanjutnya, tambahkan beberapa lem ke mangkuk terkecil dan masukkan ke dalam mangkuk sedang. Pastikan lem merekat sempurna.

6 dari 7 halaman

Buat Bagian Tengah Bunga

Setelah selesai dengan kelopak, kamu perlu membuat bagian tengah bunga. Bagian tengah ini adalah benang sari atau putik dari paper flower yang kamu buat. Kamu bisa menggunakan warna kertas berbeda sesuai kreasimu.

Untuk membuat bagian tengah bunga, ambil 3 lembar setengah A4 terakhir, dan lipat menjadi setengah panjang. Potong pinggiran kertas dari sisi yang dilipat. Jangan memotong semuanya; sisakan jarak 0,5 inci dari tepi. Lakukan pada lembar lainnya

Setelah itu, gulung guntingan kertas. Gunakan beberapa lem untuk mempertahankannya. Setelah selesai menggulung lembar pertama, pasangkan ke lembar berikutnya dan terus bergulir. Lakukan ini sampai kamu telah menggulung ketiga lembar menjadi satu. Kamu dapat menggunakan jari untuk memisahkan pinggiran dan mengembangkan bagian tengahnya.

7 dari 7 halaman

Pasangkan Bagian Tengah dan Temukan Hasil Akhirnya

Setelah bagian tengah bunga selesai, kamu hanya perlu menyatukannya dengan kelopak yang sudah dibuat tadi. Beri lem pada bagian tengah dalam kelopak dan tempelkan bagian tengah bunga.

Satu paper flower sudah siap menjadi hiasan. Cara membuat paper flower adalah teknik yang sangat serbaguna dan kamu bisa mendapatkan begitu banyak bunga yang berbeda hanya dengan mengubah bentuk kelopak, ukuran, warna, dan pusatnya.

Kamu juga bisa mengombinasikan warna, menambah daun, dan berkreasi dengan elemen lain untuk mempercantik paper flower.