Sukses

Manfaat Daun Afrika untuk Kecantikan dan Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat daun afrika untuk kecantikan dan kesehatan ternyata tidak bisa dianggap remeh

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun Afrika untuk kecantikan dan kesehatan ternyata tidak bisa dianggap remeh. Walaupun memiliki rasa yang pahit, tanaman herbal ini sudah populer digunakan sebagai pengobatan tradisional di Afrika bagian Barat, khususnya Nigeria.

Tanaman dengan nama latin Vernonia amygdalina ini merupakan salah satu sumber protein, serat tidak larut air, dan lemak sehat yang cukup tinggi. Selain itu, daun Afrika juga mengandung berbagai mineral penting dan vitamin yang dapat membantu kebutuhan harian tubuh.

Manfaat daun Afrika untuk kecantikan dan kesehatan tentunya sangat rugi untuk dilewatkan. Daun yang memiliki ciri-ciri mirip daun kelor berwarna hijau tua dan berbentuk lonjong dengan permukaan kasar ini dapat mengatasi berbagai masalah kecantikan dan kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/8/2019) tentang manfaat daun Afrika untuk kecantikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Afrika Untuk Kecantikan

Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat daun Afrika untuk kecantikan yang pertama adalah dapat mencerhkan kulit wajah. Kandungan vitamin E pada daun Afrika bisa menjadi alternatif untuk konsumsi harian pemenuhan kebutuhan vitamin E ini. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin dalam bentuk jus atau membuat masker dari daun afrika.

Mengobati Jerawat

Manfaat daun Afrika untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat mengobati jerawat. Kamu bisa membuat masker alami dari daun afrika atau produk olahan dari daun afrika untuk mengusir jerawat di wajah. Oleskan masker tersebut di area wajah yang terkena jerawat, diamkan sekitar 15 menit dan bilas dengan air bersih. Oleh karena itu, manfaat daun Afrika untuk kecantikan satu ini akan sangat berguna bila dilakukan secara teratur.

 

3 dari 6 halaman

Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain dapat mengobati jerawat, manfaat daun Afrika untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat menghilangkan bekas jerawat. Jerawat terkadang menimbulkan efek hitam pada wajah yang sangat sulit dihilangkan. Hal ini tentunya membuat kamu menjadi kurang percaya diri dengan penampilan. Untuk menghilangkan bekas jerawat ini, kamu juga bisa menggunakan masker dan meratakan di bagian wajah yang mengalami flek hitam akibat jerawat.

Melembabkan Kulit

Daun Afrika kaya akan vitamin yang merupakan nutrisi yang sangat diperlukan kulit agar tidak mudah kering. Asupan vitamin yang tercukupi akan mampu menjaga kulit tetap lembap dan halus. Oleh karena itu, salah satu manfaat daun afrika untuk kecantikan adalah dapat melembapkan dan menghaluskan kulit. Daun Afrika membantu menjadikan kulit lebih sehat dan lembap sehingga penampilan kamu akan menjadi lebih cantik dan segar.

Menyuburkan Rambut

Selain itu, manfaat daun Afrika untuk kecantikan tidak hanya dapat dirasakan pada wajah saja. Manfat daun Afrika untuk kecantikan juga dapat dirasakan pada rambut. Mengonsumsi atau menggunakan masker daun afrika bisa membuat rambut kamu tumbuh menjadi lebih subur. Kandungan protein yang dikandungnya dapat memenuhi kebutuhan mineral yang diperlukan oleh rambut dan kulit kepala, sehingga rambut akan tumbuh lebih subur.

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Manfaat daun Afrika untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengurangi risiko kanker payudara. Ekstrak daun Afrika terbukti bisa menurunkan kadar estrogen berlebih dalam darah yang terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara. Berdasarkan sebuah studi milik Jackson State University, daun Afrika bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat daun Afrika untuk kesehatan adalah untuk menurunkan kolesterol. Namun kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter dalam hal ini supaya lebih aman dalam mengunakannya. Menurut Journal of Vascular Health and Risk Management, daun Afrika dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat LDL dalam darah hingga 50 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Peningkatkan kolesterol HDL adalah faktor risiko terbesar dari serangan jantung, stroke, dan penyakit Alzheimer. Sementara itu, kadar kolesterol baik HDL justru membantu memelihara kesehatan jantung dan fungsi tubuh lainnya.

5 dari 6 halaman

Mengobati Demam Malaria

Manfaat daun Afrika untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mengobati demam malaria. Namun, kamu tetap perlu untuk melakukan perawatan secara keseluruhan dengan dokter karena tanaman herbal satu ini tidak bisa mengobati demam malaria begitu saja. Jus daun Afrika telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati demam malaria. Dalam sebuah percobaan klinis di Afrika, sari daun Afrika segar terbukti efektif dalam meredakan malaria ringan.

Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan omega 3 dan omega 6 pada daun Afrika dapat mencegah atau menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Jurnal Current Pharmaceutical Design melaporkan bahwa kedua asam lemak ini telah terbukti melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner, gagal jantung, gangguan pembekuan darah, mengurangi risiko aterosklerosis, dan bersifat antiperadangan untuk melawan cedera, iritasi atau infeksi.

6 dari 6 halaman

Membantu Pengobatan Diabetes

Selain itu, daun Afrika juga bisa digunakan untuk membantu pengobatan diabetes. Kandungan zat aktif seperti saponin, tanin, flavonoid, alkaloid, dan polifenol dalam daun afrika dapat menurunkan glukosa darah setelah makan. Ekstrak ethanol yang ada dalam daun Afrika juga dapat mengurangi kadar gula darah secara keseluruhan.

Mengandung Antioksidan

Daun Afrika merupakan salah satu tanaman yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan itu sendiri berfungsi melindungi dari kerusakan sel akibat stres oksidatif dari paparan radikal bebas. Antioksidan membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, stroke, penuaan, diabetes, artritis, fibromyalgia, Parkinson, Alzheimer, penyakit autoimun, hingga penyakit generatif lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.