Sukses

Cara Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Word Secara Otomatis dan Manual

Cara membuat daftar isi pada Microsoft Word secara otomatis dan manual ini dapat membuatnya lebih rapi.

Liputan6.com, Jakarta Membuat daftar isi pada laporan tugas maupun skripsi merupakan suatu hal wajib untuk memudahkan pembaca mencari halaman yang ingin ditinjau. Namun, banyak orang yang masih belum bisa membuat daftar isi dengan rapi.

Terkadang membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan tugas maupun skripsi hanya karena merapikan daftar isi. Padahal ada cara yang lebih mudah yang bisa diikuti agar daftar pustaka tugasmu menjadi lebih rapi dan cepat selesai.

Cara membuat daftar isi pada Microsoft Word secara otomatis dan manual ini dapat membuatnya lebih rapi. Selain itu, cara pembuatan daftar isi juga sangat mudah diterapkan, jadi kamu tidak perlu pusing lagi dalam merapikan daftar isi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/8/2019) tentang cara membuat daftar isi pada Microsoft Word

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Cara membuat daftar isi pada Microsoft Word yang pertama dapat dibuat secara otomatis. Biasanya membuat daftar isi secara otomatis ini dibuat untuk tugas atau skripsi yang memiliki sub bagian yang banyak, caranya pun tidak sulit. Dengan mengikuti beberapa langkah berikut, kamu sudah bisa mendapatkan daftar isi yang rapi.

Mengatur Heading

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan Heading. Hal ini dilakukan supaya bagian dan sub bagian tugasmu dapat dibaca oleh Word.

Atur Heading dengan menggunakan fitur Styles yang terletak pada tab Home. Lalu pilih Heading 1 untuk bagian utama dan Heading 2 untuk sub bagian. Lakukan begini seterusnya bila tugasmu memiliki banyak bagian dan sub bagian.

 

 

3 dari 5 halaman

Memasukkan Daftar Isi

Langkah selanjutnya adakah memasukkan daftar isi. Silakan masuk ke tab References, kemudian pilih Table of Contents. Kamu bisa memilih antara membuat daftar isi secara otomatis atau manual di sini. Opsi pertama dan kedua adalah Tabel Otomatis (Automatic Table 1 dan Automatic Table 2), sedangkan opsi ketiga merupakan Tabel Manual (Manual Table).

Setelah memilih salah satu opsi ini, maka daftar isi yang kamu masukkan akan langsung jadi dengan rapi. Selanjutnya kamu hanya perlu mengubah beberapa kata yang dibutuhkan.

Melakukan Pembaruan Tabel

Selain itu, kamu juga akan dimudahkan dalam memperbarui tabel. Jika ada beberapa perubahan yang kamu terapkan pada dokumen sehingga diperlukan adanya perubahan juga pada daftar isi, kamu tinggal menekan tombol Update Table di pojok kiri atas. Kamu bisa memilih mengupdate nomor halaman saja atau mengupdate tabel secara keseluruhan.

4 dari 5 halaman

Membuat Daftar Isi Secara Manual

Selain bisa dilakukan secara otomatis yang memang sangat mudah, kamu juga bisa membuat daftar isi secara manual dengan mudah pula. Biasanya cara manual ini akan dipilih kebanyakan orang bila tugas yang kamu kerjakan tidak memiliki sub bagian, atau tidak begitu panjang. Begini langkah-langkahnya:

Mengatur Right Tab

Dalam membuat daftar isi secara manual, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur right tab terlebih dahulu. Untuk menampilkan ikon right tab ini, kamu harus terlebih dahulu menampilkan Ruler pada tab View. Setelah Ruler ditampilkan, kamu baru bisa melihat ikon Tab ini, di pojok kiri atas, tepatnya di bawah ikon Paste. Klik ikon Tab tersebut hingga terpilih Right Tab.

Selanjutnya kamu bisa mengatur posisi Right Tab tersebut melalui ruler yang telah ditampilkan tadi, di bagian atas dokumen. Dengan begitu, kamu bisa meletakkan nomor halaman dengan rapi dari sini.

Memunculkan Titik-Titik Dengan Rapi

Setelah itu, kamu bisa double click pada Tab tersebut hingga muncul menu pop-up. Pada menu pop-up tersebut, pilih opsi kedua yang merupakan titik-titik yang biasa digunakan dalam daftar isi.

5 dari 5 halaman

Memasukkan Daftar Isi

Kemudian, kamu tinggal memasukkan isi dari daftar isi tugasmu. Setelah memasukkan judul bagian, tekan tombol Tab pada keyboard untuk memunculkan titik-titik. Lalu, terakhir kamu tinggal memasukkan nomor halamam yang sesuai dengan judul bagian tersebut.

Begitulah cara mudah membuat daftar isi pada Microsoft Word. Kamu bisa memilih menggunakan cara otomatis atau manual sesuai dengan kebutuhanmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.