Sukses

Menilik Spaceport Amerika, Bandara Penerbangan Luar Angkasa Pertama di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Kamu sering traveling naik pesawat? Pasti banyak di antara kamu yang memilih menggunakan transportasi udara untuk bepergian. Bandara atau bandar udara menjadi tempat tujuan jika ingin pergi menggunakan pesawat.

Bandara atau pelabuhan udara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. Bandara juga merupakan pintu gerbang suatu negara atau daerah. 

Ternyata tak cuma bandara untuk penerbangan domestik maupun internasional. Siapa sangka ternyata sudah ada bandara untuk penerbangan ke luar angkasa?

Kamis, 15 Agustus 2019 Virgin Galactic resmi menunjukkan bandara ruang angkasa pertama di dunia kepada publik. Bandara penerbangan luar angkasa pertama di dunia ini bernama Spaceport Amerika yang terletak di New Mexico, seperti Liputan6.com lansir dari The Space Review, Rabu (21/8/2019).

2 dari 7 halaman

Bandara Penerbangan Luar Angkasa Pertama di Dunia

Sebuah pesawat luar angkasa asal Britaniya Raya, Virgin Galactic baru saja meresmikan bandara penerbangan luar angkasa pertama di dunia yang terletak di New Mexico. Rencananya bandara tersebut akan dijadikan destinasi wisata ruang angkasa. Membawa para pelanggan yang berkantong tebal tentunya untuk menjelajahi ruang angkasa.

Virgin Galactic juga telah melakukan uji coba penerbangan dari Mojave, California, termasuk peluncuran pertama yang sukses dari pesawat roket pariwisata ke ruang angkasa pada Desember tahun lalu. Sejak bandara tersebut diresmikan, sebanyak 600 orang telah membayar uang dalam bentuk deposito kepada perusahaan untuk mengamankan tiket melakukan penerbangan luar angkasa.

Sekarang, misi selanjutnya Virgin Galactic ialah membuat gedung di sekitar bandara. Rencananya, gedung akan dibuat sebanyak dua lantai, menunjang kebutuhan operasi luar angkasa dan fasilitas para pelanggan.

Sekarang ini Virgin Galatic telah menyediakan dua pilihan tur yang bisa dipilih yaitu paket satu hari atau satu minggu. Paket satu minggu berisi keliling bandara sekaligus keliling New Mexico. Paket ini cocok bagi kamu yang ingin liburan tapi tak mau pusing memikirkan itinerary.

Penasaran dengan bangunan Spaceport Amerika ini? Berikut potret Spaceport Amerika di New Mexico yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/8/2019).

3 dari 7 halaman

1. Lokasi Spaceport ini awalnya adalah hanggar kosong yang merupakan fasilitas peluncuran serta pendaratan pesawat yang dibiayai pajak negara tersebut

4 dari 7 halaman

2. Kini hanggar tersebut disulap menjadi menjadi markas khusus di mana Virgin Galactic akan melaksanakan penerbangan luar angkasa komersial pertamanya

5 dari 7 halaman

3. Penampakan interior hanggar dipublikasikan bertujuan untuk menunjukkan setiap aspek dari pelaksanaan proyek kepada seluruh pelanggan yang telah membayar

6 dari 7 halaman

4. Rencananya, Virgin Galactic akan terbang komersial perdana ke ruang angkasa tahun depan. Beberapa seleb Hollywood yang telah membayar untuk perjalanan ini adalah Leonardo DiCaprio dan Justin Beber

7 dari 7 halaman

5. Dan bagi kamu yang ingin ikut terbang di sub orbit Bumi, kamu harus merogoh kocek hingga 250.000 dollar AS atau setara Rp 3,5 miliar

Loading