Sukses

Macam-Macam Iklan Berdasarkan Media yang Digunakan, Paling Efektif

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam iklan dapat dilihat dari berbagai faktor. Iklan merupakan media efektif untuk mempromosikan sebuah produk, jasa, atau menyampaikan pesan. Periklanan adalah bentuk komunikasi yang disponsori dan memiliki pesan yang mempromosikan atau menjual atau mencoba menjual produk atau layanan atau ide. 

Iklan diklasifikasikan sebagai bentuk komunikasi pemasaran. Macam-macam iklan telah berkembang dan tumbuh mengikuti zamannya. Saat ini ada macam-macam iklan iklan yang digunakan oleh pemasar untuk mempromosikan, menjual produk atau layanannya.

Macam-macam iklan bisa dilihat dari media yang digunakan. Media-media ini digunakan untuk menyasar calon konsumen yang ada.

Macam-macam iklan menurut medianya juga dapat menentukan sasaran dari penerima iklan tersebut. Masing-masing media memiliki karakteristik calon konsumen yang berbeda.

Dengan mengetahui macam-macam iklan berdasarkan medianya, para pengiklan dapat menentukan jenis iklan apa yang diambil sesuai dengan sasaran calon konsumennya. Berikut macam-macam iklan dilihat dari media yang digunakan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(21/8/2019)

2 dari 7 halaman

Iklan cetak

Pesan dari iklan dicetak dalam media seperti kertas, spanduk, maupun baliho. Kerugian utama dari iklan cetak adalah umur simpan iklan yang singkat. Namun, karena jangkauannya yang solid, iklan cetak adalah salah satu jenis iklan yang cukup mahal dan paling efektif. Iklan cetak bisa ditemui dalam majalah, koran, brosur, dan spanduk.

Pencetakan adalah bentuk periklanan yang perlahan menurun. Ada hari sebelum evolusi televisi ketika pencetakan adalah sumber utama iklan dan dianggap sebagai salah satu media yang paling efektif. Tetapi sejak ledakan penggunaan televisi, iklan cetak mulai mengalami kemerosotan.

3 dari 7 halaman

Iklan online

Iklan online atau iklan digital adalah bentuk pesan yang disampaikan melalui internet. Untuk setiap situs web, iklan merupakan sumber pendapatan utama. Iklan online telah menjadi sangat efektif sehingga iklan tertentu dapat ditargetkan untuk orang tertentu dengan usia tertentu dari lokasi tertentu pada waktu tertentu. Dalam hal penetapan harga iklan online sangat murah dibandingkan dengan semua bentuk iklan lainnya.

Kerugian utama dari iklan online adalah kadang-kadang orang tidak mengklik iklan dan pesannya tidak mencapai audiens yang ditargetkan. Menyiapkan online dan membutuhkan keahlian teknis yang mungkin tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Periklanan Digital dan Periklanan Online adalah salah satu Jenis Periklanan yang paling cepat berkembang.

4 dari 7 halaman

Iklan televisi

Sekitar satu dekade yang lalu televisi adalah bentuk periklanan paling populer. Meskipun mahal, Iklan Televisi sampai saat ini merupakan salah satu jenis iklan terbaik dan memiliki jangkauan paling fantastis untuk audiens yang besar.

Untuk beberapa hal, iklan TV masih efektif untuk sebagian besar pengiklan tetapi dengan munculnya streaming online televisi di ponsel, pemasar kini telah beralih dari televisi ke online sebagai media iklan pilihan mereka.

5 dari 7 halaman

Penempatan produk

Penempatan produk disebut iklan terselubung di mana produk diam-diam tertanam di media hiburan. Film adalah tempat utama di mana penempatan produk dilakukan. Sebuah produk bisa menjadi beberapa acara TV di mana penempatan produk telah digunakan tetapi efektivitasnya lebih banyak diamati dalam film daripada acara TV.

Contohnya seperti salah satu tokoh film yang menggunakan merk sepatu terkenal. Secara tersirat film tersebut telah mempromosikan merk tersebut. Jenis iklan ini terlihat semakin banyak. Jika Anda melihat untuk host sebuah acara menyebutkan sebuah produk atau televisi menampilkan karakter yang berbicara tentang atau menggunakan sebuah layanan, itu adalah penempatan produk.

6 dari 7 halaman

Iklan Radio

Iklan radio adalah iklan yang disiarkan melalui gelombang radio dan didengar di radio di semua tempat. Ini sebagian besar terdiri dari iklan atau jingle yang terdengar. Sementara beberapa orang menganggap ini sebagai bentuk iklan yang tidak efektif, masih ada banyak pengikut yang mendengarkan radio setiap pagi.

Iklan untuk hampir setiap produk dapat ditemukan di radio. Setiap fitur dan manfaat produk harus dijelaskan di radio, tidak seperti sumber lain di mana pelanggan dapat melihat produk di dalamnya.

7 dari 7 halaman

Iklan luar ruangan

Iklan luar ruang terdiri dari menampilkan spanduk poster besar dengan iklan. Iklan ini biasa ditampilkan di sisi jalan, di kaca gedung-gedung besar, atau di tempat-tempat yang ditargetkan khusus yang memiliki arus masuk besar dari publik.

Sementara iklan cetak sebelumnya digunakan untuk iklan luar ruangan baru-baru ini, mereka telah digantikan oleh papan digital. Papan ini menampilkan iklan tanpa perlu repot mencetak iklan.

Iklan luar ruangan ini telah berkembang hingga menjadi iklan Outdoor Blank Space. Ini adalah bentuk iklan yang lebih baru yang memastikan jangkauan audiens yang luas.

Outdoor Blank Space menempati ruang kosong untuk iklan dikenal sebagai ruang iklan. Contohnya termasuk ruang metro, bus, taksi, kursi penerbangan & kursi bioskop. Karena sejumlah besar orang menggunakan fasilitas ini dan mereka memiliki umur simpan yang lama, iklan ini telah terbukti sangat efektif.