Sukses

Cara Mengobati Penyakit Herpes Secara Alami, Aman dan Ampuh

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati penyakit herpes secara alami kerap dibutuhkan bagi penderitanya. Namun, sebelum mengobatinya, hal terpenting yang harus dilakukan oleh penderita ketika telah terdeteksi gejala herpes adalah menjaga gelembung cairannya tidak pecah. Hal ini agar tidak meninggalkan bekas dan menjadi jalan masuk kuman lainnya. 

Umumnya, Obat herpes adalah obat yang ditujukan untuk mengurangi keluhan gejala seperti nyeri dan demam, misalnya diberikan Paracetamol. Selain memberikan obat yang bisa mengurangi rasa nyeri dan demam, penderita infeksi virus herpes juga dapat diberikan obat antiviral yang dapat membantu tubuh melawan gejala infeksi virus tersebut. Tak hanya obat, cara mengobati penyakit herpes secara alami juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit gejalanya.

Selain mencari berbagai cara mengobati penyakit herpes secara alami maupun dengan obat-obatan, perlu diketahui bahwa herpes merupakan penyakit yang berkaitan dengan daya tahan tubuh. Pada kondisi serius dimana daya tahan tubuh seseorang sangat lemah, penderita penyakit herpes sebaiknya mendapatkan pengobatan terapi infus (IV) Acyclovir.

Nah, untuk mengetahui pengobatan yang tepat untuk penyakit herpes, perlu dipahami penyebab herpes terlebih dahulu untuk memaksimalkan penyembuhannya.

Berikut Liputan6.com, Kamis (22/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber membahas penyebab penyakit herpes dan cara mengobati penyakit herpes secara alami yang aman dan ampuh.

2 dari 5 halaman

Penyebab Munculnya Penyakit Herpes

Herpes merupakan jenis penyakit menular yang menyerang permukaan kulit seseorang. Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi virus pada kulit, baik yang diperoleh secara eksogen maupun endogen. Penyakit herpes juga bisa diartikan sebagai kondisi kulit yang sedang mengalami peradangan.

Kondisi dari peradangan kulit ini akan menimbulkan terbentuknya gelembung-gelembung secara berkelompok di permukaan kulit. Gelembung ini berisi air dan air inilah yang bisa menyebabkan penularan apabila bersentuhan langsung dengan penderita. Terdapat dua jenis penyakit herpes, yaitu herpes simpleks dan herpes zoster.

Herpes Simpleks

Herpes simpleks adalah tipe penyakit herpes yang menyebabkan ruam dan luka melepuh di leher, lengan, dan di anggota tubuh lainnya. Penyebab herpes berdasarkan virus yang menjadi pemicu penyakit ini:

Herpes Simpleks Virus-1 (HSV-1), virus herpes ini menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas. HSV-1 pada kenyataannya adalah infeksi yang sangat umum.

Penyebab herpes adalah penyakit yang sangat berkaitan dengan masalah daya tahan tubuh, maka kamu harus menjaga daya tahan tubuh agar selalu prima. Ketika daya tahan tubuh prima, virus herpes akan ‘berdiam’ di tubuh dan tidak menyebabkan gejala gangguan kesehatan seperti gatal dan luka melepuh. Namun, ketika daya tahan tubuh kamu merosot, virus herpes ini kembali menyebabkan luka yang kemudian merah, gatal, dan berair.

Infeksi virus herpes tipe HSV 1 seperti herpes di leher, herpes mirip sariawan di mulut, dan ruam lepuh lainnya. Bisa diobati tapi tidak bisa sembuh secara total karena sewaktu-waktu kalau tubuh lemah bisa muncul lagi.

Penyebab herpes simpleks berikutnya adalah HSV-2. Penyebab herpes tipe 2, biasa dikenal dengan HSV-2 (herpes genitalis). Virus ini menyerang bagian pinggang ke bawah, biasanya bagian kelamin sehingga biasa disebut dengan Herpes Genitalis. HSV-2 tidak bisa menular melalui udara, tetapi virus herpes ini bisa menular melalui hubungan seks.

Penyebab herpes ini bisa muncul di vagina, dubur, dan selangkangan. Ini juga tidak bisa sembuh. Pada laki-laki, herpes ini bisa terlihat tapi pada perempuan tidak terlihat. Meskipun demikian, bukan berarti herpes genital ini tidak dapat menyerang perempuan. Meskipun tidak terlihat secara langsung, perempuan harus tetap mewaspadai serangan infeksi virus HSV-2 ini.

3 dari 5 halaman

Penyebab Munculnya Penyakit Herpes

Herpes Zoster

Berikutnya adalah herpes zoster yang merupakan penyakit infeksi pada kulit yang merupakan lanjutan dari cacar air, karena virus penyebab herpes yang menyerang adalah sama.

Perbedaannya adalah pada herpes zoster memiliki ciri cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tertentu di badan, bisa di bagian punggung, dahi atau dada. Herpes zoster ini bisa ditularkan melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar, dan sentuhan ke atas gelembung lepuh yang pecah.

Gejala herpes adalah hal yang harus diwaspadai agar tidak menjadi semakin parah. Ciri-ciri yang timbul akibat serangan virus herpes secara umum adalah demam, menggigil, sesak napas, nyeri di persendian dan beberapa lainnya.

4 dari 5 halaman

Cara Mengobati Penyakit Herpes Secara Alami

Penyakit herpes tidak bisa disembuhkan. Pasalnya, begitu kamu terinfeksi, kamu akan memiliki virus ini selamanya atau tidak bisa dihilangkan dari tubuh. Namun kamu tak perlu khawatir. Ada beragam cara mengobati penyakit herpes secara alami yang bisa bantu untuk meringankan dan mengendalikan gejalanya.

Melalui cara mengobati penyakit herpes secara alami, kamu bisa memperkecil risiko agar penyakit ini tidak tertular pada orang lain. Jangan sampai kamu membiarkan penyakit herpes tanpa pengobatan sama sekali. Pasalnya penyakit herpes sangat mudah untuk menular hanya dengan menyentuh luka atau cairan dari luka. Jadi, apabila dibiarkan, herpes bisa menyebar ke bagian tubuh yang lainnya.

Penyakit herpes umumnya bisa diredakan dengan menggunakan beberapa obat antivirus berupa krim atau salep yang bisa dibeli di apotek dan anjuran dokter. Namun ada beberapa cara mengobati penyakit herpes secara alami tanpa obat-obatan yang bisa kamu coba untuk meringankan gejalanya.

Pengompresan

Cara mengobati penyakit herpes secara alami pertama yang bisa kamu lakukan adalah menurunkan rasa sakit dan mengurangi terjadi inflamasi tambahan. Pada area kulit yang sering muncul herpes bisa dikompres menggunakan air hangat atau dingin. Kedua cara ini cukup membantu untuk meredakan rasa sakitnya.

Gunakan kompres dengan kain bersih dan lembut yang sudah dicelupkan di air hangat atau air es. Ganti kain apabilanya suhunya sudah berubah. Selain dengan kain, kamu bisa menggunakan botol kecil yang diisi dengan air hangat atau air es. Kemudian aplikasikan langsung ke area yang terkena herpes.

Lidah Buaya

Kamu bisa menggunakan kandungan gel pada daun lidah buaya untuk digunakan sebagai obat. Cara mengaplikasikannya dengan menempelkan gel lidah buaya pada bagian kulit yang terkena herpes.

Menggunakan lidah buaya pada herpes bisa mengurangi rasa sakit dan panas serta mempercepat penyembuhannya. Kamu bisa menggantikan gel lidah buaya dengan membeli minyak lidah buaya yang dijual di toko-toko.

Sesuaikan cara ini dengan penyebab herpes dan cara pengobatannya, sehingga mampu memberikan pengobatan yang maksimal.

Baking Soda

Baking soda juga bisa kamu jadikan sebagai bahan pengobatan alami untuk herpes. Kamu bisa mencampurkannya dengan minyak esensial Niauli yang dikenal memiliki fungsi untuk melawan infeksi dan meningkatkan regenerasi kulit.

Cara membuat racikan dengan baking soda dan minyak esensial ini adalah dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda, lima tetes minyak esensial Niauli, dan setengah gelas air hangat. Gunakan racikan tersebut dengan menempelkannya pada daerah yang terinfeksi menggunakan kapas.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Penyakit Herpes

Cara Mencegah Herpes Simpleks

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit herpes simpleks atau menangani secara dini adalah:

- Menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang tidak diketahui status infeksi menular seksualnya.

- Memeriksa status infeksi menular seksual secara berkala bagi individu yang berhubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan.

- Segera berkonsultasi dengan dokter bila merasa mengalami tanda dan gejala dari infeksi menular seksual.

- Menghindari berciuman bila kamu atau pasangan memiliki luka pada daerah sekitar mulut.

Cara Mencegah Herpes Zoster

Untuk mengurangi risiko herpes zoster, sangat disarankan untuk melakukan vaksinasi herpes zoster, terutama untuk mereka yang berusia di atas 50 tahun. Vaksin memang tidak dapat mencegah terkena herpes zoster sepenuhnya. Namun hal ini setidaknya dapat mengurangi tingkat keparahan gejala dan mempercepat proses penyembuhan.

Loading