Sukses

5 Tempat Wisata di Sumedang, Alam Sejuk dengan Pemandangan Memesona

Liputan6.com, Jakarta Ketika mendengar kota Sumedang, pasti kamu sudah enggak asing dengan tahunya yang terkenal itu. Namun, tak hanya terkenal dengan tahunya saja. Ada juga tempat wisata di Sumedang yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Kabupaten di Jawa Barat ini ternyata memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi. Jadi tak heran kalau masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan alam di Sumedang. Padahal terdapat beberapa tempat wisata di Sumedang yang menawarkan keindahan alam.

Pasalnya Sumedang terletak di dataran tinggi pegunungan dan hanya sebagian kecil wilayah kabupaten yang berada di dataran rendah. Tempat wisata di Sumedang sendiri didominasi dengan objek wisata alam dengan pemandangan yang memesona. Ada banyak tempat wisata di Sumedang yang layak untuk dikunjungi sebagai alternatif untuk menghabiskan waktu berlibur.

Berikut Liputan6.com, Kamis (22/8/2019) telah mengumpulkan lima tempat wisata di Sumedang yang bisa kamu jadikan referensi saat ke Sumedang dan sekitarnya.

2 dari 6 halaman

Situ Cilembung

Tempat wisata di Sumedang pertama yang wajib dikunjungi adalah Situ Cilembang. Tempat wisata ini merupakan danau yang memiliki warna air kebiruan dan sebening kristal. Situ atau danau ini terletak di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang. Air di danau ini nampak seperti buatan, namun warna cerah dan segar dari danau ini sangatlah alami.

Warna birunya air ini berasal dari pantulan dari langit. Keindahan danau ini bisa kamu dinimmati dari pinggir danaunya. Ya, kamu tidak diperkenankan untuk berenang atau menyelam di danau tersebut. Hal ini berguna untuk menjaga agar air tidak terkontaminasi.

Buat kamu yang penasaran dengan keindahan danau ini, kamu bisa langsung ke sini dengan mengambil rute melalui tol Padaleunyi dan keluar dari pintu tol Cileunyi apabila kamu datang dari Bandung atau Jakarta. Kemudian arahkan kendaraan kamu menuju Jatinangor, lalu Tanjungsari, hingga melewati Cadas Pangeran sampai akhirnya tiba di kota Sumedang.

Jarak tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke sana dari Bandung kurang lebih 80 – 90 kilometer. Waktu yang perlu ditempuh dari Bandung tanpa macet sekitar 3 – 4 jam.

3 dari 6 halaman

Wisata Alam Pangjugjugan

Tempat wisata di Sumedang berikutnya adalah sebuah desa wisata yang menawarkan tempat liburan alam untuk keluarga. Desa wisata alam Pangjugjugan bisa kamu jadikan sebagai tujuan rekreasi bersama keluarga. Desa wisata ini memang sengaja dijaga keasrian alamnya. Maka tak heran, kamu akan terpesona saat berkunjung ke sini.

Terdapat wahana atau fasilitas yang ada di Desa Wisata Alam Pangjugjugan ini seperti playground, arena bermain anak, lesehan, terapi ikan, batu refleksi, curug, lapangan futsal, flying fox, menunggang kuda, dan lain sebagainya.

Selain menikmati aneka wahana atau fasilitasnya, di desa ini juga ada ekowisata. Di mana kamu bisa mengelilingi kebun, peternakan ungags, kelinci, kambing, sapi perah, dan sapi potong. Terdapat juga sekolah alam, outbond, pelatihan, bahkan pemancingan.

4 dari 6 halaman

Agrowisata Kampung Nangorak

Apabila ingin menikmati suasana Sumedang dari ketinggian, Agrowisata Kampung Nangorak menjadi pilihan yang sangat tepat. Objek wisata Sumedang ini terletak sekitar 6 kilometer dari alun-alun kota Sumedang. Untuk mencapai ke lokasinya, kamu membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Tempat wisata ini berada di ketinggian 800 – 1000 mdpl. Perjalanannya yang cukup melelahkan, akan terbayarkan dengan pemandandangan yang dsuguhkan. Ya, di sini kamu bisa melihat pepohonan dan bukit yang diselimuti hijaunya daun, serta sawah yang terbentang luas. Selain itu, kamu juga bisa melihat gunung Tampomas yang berdiri kokoh.

Banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini. Selain menikmati pemandangan yang indah, kamu juga bisa ikut berkebun, serta budidaya tanamanan. Kamu juga bisa berjalan-jalan di kebun strawberry sekaligus memetik dan mencicipinya. Tak hanya itu, kamu juga bisa memancing dan mendirikan tenda alias camping di kawasan ini.

5 dari 6 halaman

Kampung Toga

Kampung Toga yang terletak di Desa Sukajaya ini bisa kamu jadikan pilihan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Objek wisata ini lokasinya sangat dengat dari pusat kota Sumedang. Hanya berjarak sekitar 2 KM saja dari puat kota.

Kampung Toga ini berada di ketinggian 650 dpl. Maka tak heran kalau tempat ini memiliki suasana alam yang asri dan indah. Terdapat berbagai fasilitas yang sangat memanjakan pengunjung untuk berlibur di sini. Ya, kamu bisa paralayang, gantole, bersepeda gunung, dan outbond di sini.

Selain fasilitasnya yang bikin betah, di sini ada juga wahana bermain yang seru. Ada kolam renang, arung jeram, hiking, jogging, paint ball, dan memancing di danau buatan yang bikin kamu betah untuk berlama-lama di sini.

6 dari 6 halaman

Wisata Paralayang di Batu Dua

Tempat wisata di Sumedang selanjutnya ini cocok buat kamu yang suka dengan kegiatan menantang. Ya, kamu bisa melakukan olahraga paralayang. Kamu bisa mencoba sensasi terbang di atas ketinggian di kawasan Gunung Lingga atau lebih tepatnya terletak di Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang.

Kawasan Gunung Lingga sendiri memiliki ketinggian sekitar 930 meter di atas permukaan laut dan menyajikan hamparan pemandangan alam yang memesona. Lokasi lepas landas iolahraga paralayang di Batu Dua ini sangat layak dan ideal digunakan untuk acara dunia paralayang.

Hal ini dikarenakan adanya beberapa titip panas bumi di sekitar gubung yang akan membuat sensasi melayang-layang semakin menantang. Nah, buat kamu yang penasaran untuk menikmati Sumedang dari ketinggian sambil melayang-layang, arena Batu Dua ini wajib kamu masukkan ke dalam tempat wisata di Sumedang yang akan kamu kunjungi.