Sukses

6 Destinasi Wisata Lombok Timur yang Indah, Tempat Berlibur Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata Lombok Timur bisa dijelajahi saat berlibur ke Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok memang menawarkan sejuta pesona alam yang tak kalah menarik dari Bali. Lombok kini terkenal sebagai destinasi wisata eksotis dan dikenal hingga ke mancanegara. 

Lombok Timur memiliki potensi wisata yang menarik perhatian. Destinasi wisata Lombok Timur bisa ditempuh dengan mudah dari pusat kota Mataram. Kondisi geografis wilayah Lombok Timur umumnya berbukit dan bertebing Karst. ini membuat destinasi wisata Lombok Timur memiliki daya tarik yang unik.

Destinasi wisata Lombok Timur juga cukup beragam dan didominasi oleh wisata alam. Di sini pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun, berkunjung ke pulau kecil, hingga menikmati keindahan pantai yang unik. Destinasi wisata Lombok Timur nampaknya tak boleh terlewat bagi para pelancong yang mampir ke Pulau eksotis ini.

Berikut 6 destinasi wisata Lombok Timur yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/8/2019).

2 dari 7 halaman

Air terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti terletak di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur. Aliran air terjun ini berasal dari Danau Segara Anak di atas Gunung Rinjani. Air Terjun yang berada di kaki gunung Rinjani ini memberi kesan sejuk khas pegunungan.

Air Terjun Mangku Sakti dikelilingi oleh berbagai jenis batuan yang unik dan khas. Tak jauh dari lokasi Air Terjun Mangku Sakti, pengunjung juga dapat menemukan dua air terjun kecil yang tak kalah indah yaitu ir Terjun Mangku Kodek dan Air Terjun Kuda Sembrani.

Pada waktu tertentu, Air Terjun Mangku Sakti akan berubah warna menjadi hijau toska karena kandungan belerang didalamnya.

3 dari 7 halaman

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani menjadi destinasi pulau Lombok yang paling populer selain jajaran pantainya. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Gunung Rinjani menjadi favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya.

Jalur pendakian Sembalun, Lombok Timur menjadi pilihan banyak pendaki untuk mengawali pendakiannya. Rute Sembalun agak panjang tetapi datar, dan cuaca lebih panas karena melalui padang savana yang terik.

Di Gunung Rinjani pengunjung dapat menikmati keindahan alam seperti Danau Segara Anak, Goa Susu, Goa Manik, Goa Payung, sumber air panas, serta tempat perkemahan.

4 dari 7 halaman

Pantai Tangsi

Pantai Tangsi kerap juga disebut sebagai Pantai Pink. Terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur pantai ini memiliki keunikan tersendiri. Pantai Tangsi memiliki pasir pantai berwarna pink.

Warna pink pada pasirnya terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pantai tersebut.

Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang berwarna pink. Di sini wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, memancing, dan menyelam.

Tidak hanya karena pasirnya yang berwarna pink, tapi pantai ini tidak memiliki bibir pantai yang panjang seperti pantai pada umumnya. Bibir Pantai Pink berupa satu lengkungan saja, di mana kedua ujung lengkungan ditandai oleh bukit karang yang berdiri kokoh seolah melindungi pantai.

5 dari 7 halaman

Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit memiliki pantai pasir putih dan tebing karst putih. Di sini terdapat sebuah gua yang sempat digunakan tentara Jepang di Perang Dunia II. Kawasan di sekitar Tanjung Ringgit merupakan hutan lindung milik Kementerian Kehutanan Indonesia. Tanjung Ringgit berlokasi di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

Tanjung Ringgit cocok menjadi tempat untuk menyapa matahari terbit. Perpaduan laut, pasir, dan tebing karst membuat Tanjung Ringgit menjadi pilihan tepat bagi para penggemar fotografi. Di sini pengunjung juga bisa ber snorkeling, menyelam, memancing, bahkan berkemah.

Tanjung Ringgit juga menjadi surga bagi pemancing. Laut Tanjung Ringgit dikenal dengan ikannya yang besar-besar, sehingga tak heran banyak pemancing lokal bermalam di tebing-tebing memancing ikan.

6 dari 7 halaman

Gili Kondo

Gili Kondo terletak di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur. Gili Kondo merupakan satu dari beberapa pulau kecil atau gili di timur Pulau Lombok. Gili ini berdampingan dengan Gili Bidara, dan dekat dengan Gili Lampu dan Gili Kapal. Gili Kondo dikenal sebagai tempat konservasi pemeliharan terumbu karang.

Sebagian besar pulau ini terdiri dari pasir putih. Terdapat beberapa penginapan untuk wisatawan yang ingin bermalam di pulau ini. Jika berdiri di pinggir pantai sebelah barat, pengunjung dapat menyaksikan indahnya pulau Lombok beserta gunung Rinjaninya.

7 dari 7 halaman

Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan dikenal dengan kegiatan seremonialnya yaitu upacara Bau Nyale oleh suku Sasak. Bau Nyale merupakan sebuah acara perburuan cacing laut. Acara ini diselenggarakan sekitar bulan Februari dan Maret. Pusat dari upacara ini berada di Pantai Kuta Lombok dan Pantai Kaliantan.

Pantai Kaliantan dikenal sebagai pantai yang sunyi dan tenang terlepas dari upacara Bau Nyale. Pantai Kaliantan terletak di bagian Selatan dari Kabupaten Lombok Timur. Pantai Kaliantan memiliki garis pantai yang cukup panjang, sekitar 2 Kilometer.