Sukses

Seniman Ini Buat Kloset Umum Berlapis Emas 18 Karat, Harga Karcisnya Fantastis

Liputan6.com, Jakarta Sebuah bangunan tua di Inggris, Blenheim Palace akan segera menggelar pameran pada bulan September mendatang. Bangunan yang dahulu dihuni oleh Duke and Duchess Marlborough itu akan memamerkan sebuah kloset duduk berlapis emas 18 karat karya seniman Maurizio Cattelan.

Tentu saja kloset emas tersebut tak hanya semata dijadikan sebagai pameran. Dilansir Liputan6.com dari laman Insider, Kamis (22/8/2019), mahakarya Maurizio itu dapat digunakan oleh setiap pengunjung Blenheim Palace. Pasalnya, bangunan tua tersebut memang dibuka untuk umum.

Kendati demikian, ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan saat hendak menggunakan kloset berlapis emas tersebut. Pengunjung hanya diperbolehkan menggunakan kloset tersebut dalam waktu 3 menit saja. Peraturan ini diberlakukan untuk mengatasi antrian panjang yang mungkin akan terjadi saat hari H pameran.

Selain itu, harga karcis pameran juga cukup fantastis. Setiap pengunjung wajib membayar sebesar £27 atau sekitar Rp 467 ribu untuk dapat menikmati seisi Blenheim Palace, termasuk kloset emas buatan Maurizio.

2 dari 2 halaman

Dijual lebih dari Rp 17 miliar

Sebelumnya, Maurizio Cattelan juga pernah memamerkan kloset emasnya pada tahun 2016 silam. Saat itu, Ia memajangnya di museum Guggenheim di New York, Amerika Serikat.

Benar saja, karya uniknya itu sukses menyedot perhatian publik hingga tiap orangnya harus antri berjam-jam untuk bisa menggunakannya. Lebih dari 100 ribu orang berbondong-bondong datang ke museum untuk menjajal kloset emas tersebut.

Menanggapi gelaran pameran pada September mendatang, pendiri Blenheim Art Foundation, Edward Spencer mengungkapkan bahwa dirinya tak sabar untuk segera menjajalnya. Pasalnya, pria yang juga kerabat Duke of Marlborough selama hidupnya mengaku belum pernah merasakan buang hajat di kloset berlapis emas.

Usut punya usut, kloset tersebut dibanderol dengan nominal yang tak sedikit. Mahakarya Maurizio digadang-gadang dapat dijual lebih dari £1 juta atau lebih dari Rp 17 miliar.

Kendati demikian, tidak ada penjagaan ketat yang akan dikerahkan saat pameran. Pihak panitia mengungkapkan bahwa kloset emas tersebut sudah sepaket dengan biliknya sehingga akan sulit untuk dicuri.