Sukses

6 Keuntungan Konsumsi Infused Water, Tubuh Kembali Bugar

Liputan6.com, Jakarta Infused water atau detox water merupakan jenis minuman dari air mineral yang dipadukan dengan potongan-potongan buah. Biasanya infused water dibuat dengan menambahkan potongan buah ke dalam botol yang berisikan air mineral.

Setelah bercampur, botol segera ditutup dan disimpan di dalam lemari pendingin untuk didiamkan setidaknya semalaman agar rasa dan sari buah menyatu dengan air. Tak hanya buah-buahan, infused water juga bisa menggunakan potongan sayuran, herbal, atau rempah-rempah sebagai campurannya.

Nah, setelah direndam di dalam air untuk waktu yang cukup lama, potongan buah menjadi lunak dan dibuang karena teksturnya yang kurang enak untuk dimakan. Maka tak heran banyak orang yang menyebut infused water sebagai minuman rasa buah atau minuman sari buah. Karena hanya mengonsumsi air rendaman buah dan sayurannya saja.

Bagaimanapun cara kamu mengonsuminya, ternyata di dalam minuman segar ini memiliki segudang keuntungan yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan tubuh. Berikut Liputan6.com, Senin (2/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa keuntungan dari mengonsumsi infused water secara rutin.

2 dari 7 halaman

Detox

Keuntungan infused water yang bisa kamu rasakan dengan mengonsumsinya secara rutin adalah mampu menghilangkan racun di dalam tubuh. Kamu bisa menggunakan campuran air hangat dan lemon. Kedua bahan ini merupakan racikan sederhana yang bisa kamu coba untuk menghilangkan racun di dalam tubuh.

Lemon sangat populer digunakan sebagai campuran untuk membuat infused water ini. Hal ini dikarenakan lemon memiliki kandungan zat diuretik yang mampu mengeluarkan cairan dalam tubuh. Apabila lemon dicampur dengan air hangat maka dapat merangsang pergerakan gastrointestinal yang mampu melancarkan pencernaan.

3 dari 7 halaman

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah-buahan yang digunakan untuk infused water berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi jika buah yang kamu pilih memiliki kandungan kaya vitamin C.

Jadi, buat kamu yang sering terkena flu, batuk, sariawan, dan infeksi, kamu bisa mengobatinya dengan menggunakan infused water ini untuk melakukan pengobatan secara alami.

4 dari 7 halaman

Cara Seru Menikmati Vitamin

Apabila kamu tak terbiasa atau tidak suka megonsumsi buah atau vitamin, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi infused water. Ya, mengonsumsi infused water merupakan cara lain dan seru untuk mencukupi asupan vitamin bagi tubuh.

Dengan minuman ini, kamu bisa mendapatkan manfaat nutrisi dan vitamin dari buah seperti vitamin B dan C. Dimana vitamin yang keluar dan larut di air membuat kamu tidak perlu repot-repot mengonsumsi vitamin dalam bentuk kapsul atau tablet.

5 dari 7 halaman

Melancarkan Sembelit

Nah, buat kamu yang memiliki pencernaan kurang lancar atau sembelit, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan infused water ini. Minuman hangat mampu mengatasi konstipasi atau sembelit. Detoksifikasi yang dihasilkan dari minuman ini mampu membuat tubuh bekerja lebih optimal di sistem pembuangan.

6 dari 7 halaman

Anti-penuaan

Keuntungan mengonsumsi infused water lainnya adalah mampu melawan efek penuaan dan mampu menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan adanya kombinasi antara buah dan air mineral yang mengandung antioksidan yang tinggi, seperti pada buah stroberi dan delima.

Atau, kamu juga bisa mengkombinasikan air mineral dengan aneka buah-buahan kaya antioksidan sehingga jumlah tersebut lebih maksimal melengkapai pola makan setiap hari.

7 dari 7 halaman

Menurunkan Berat Badan

Bukan keuntungan yang terakhir dari mengonsumsi infused water, namun dengan mengonsumsi infused water kamu juga bisa menurunkan berat badan. Kamu bisa mengkombinasikan olahraga dengan pola makan sehat dan minum infused water untuk mendapatkan berat badan ideal.

Minuman ini merupakan cara terbaik untuk mendapatkan vitamin sekaligus menghidrasi tubuh.