Sukses

Penyebab Kolesterol Tinggi dan Obatnya untuk Bantu Penyembuhannya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kolesterol tinggi dan obatnya penting dipahami mengingat penderita penyakit ini terus meningkat. Kolesterol tinggi kerap dikaitkan dengan sejumlah penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Penyebab kolesterol tinggi dan obatnya bukanlah hal yang sulit dipahami.

Jika Anda berusia 20 tahun atau lebih, American Heart Association merekomendasikan untuk memeriksakan kadar kolesterol setidaknya sekali setiap empat hingga enam tahun. Penyebab kolesterol tinggi dan obatnya bisa dipecahkan dengan mendiagnosisnya lebih awal.

Penyebab kolesterol tinggi dan obatnya berkaitan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup. Jika Anda memiliki risiko atau riwayat penyakit kardiovaskular, penting mengetahui penyebab kolesterol tinggi dan obatnya.

Memahami penyebab kolesterol tinggi dan obatnya bisa mengurangi risiko penyakit kronis yang lebih parah. Berikut penyebab kolesterol tinggi dan obatnya yang berhasil liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/9/2019).

2 dari 5 halaman

Penyebab umum kolesterol tinggi

Kolesterol dibawa melalui darah, melekat pada protein. Kombinasi protein dan kolesterol ini disebut lipoprotein. Ada berbagai jenis kolesterol, berdasarkan apa yang dibawa oleh lipoprotein.

Low-density lipoprotein (LDL). LDL, atau yang dikenal kolesterol "jahat", mengangkut partikel kolesterol ke seluruh tubuh. Kolesterol LDL menumpuk di dinding arteri, membuatnya keras dan sempit. High-density lipoprotein (HDL). HDL, atau kolesterol "baik", mengambil kelebihan kolesterol dan membawanya kembali ke hati. Profil lipid juga biasanya mengukur trigliserida, sejenis lemak dalam darah. Memiliki kadar trigliserida yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Makan terlalu banyak makanan yang mengandung jumlah lemak tinggi meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Ini dikenal sebagai kolesterol tinggi, juga disebut hiperkolesterolemia atau hiperlipidemia.

Jika kadar kolesterol LDL terlalu tinggi, atau kadar kolesterol HDL terlalu rendah, timbunan lemak menumpuk di pembuluh darah. Deposit ini akan mempersulit aliran darah yang cukup ke arteri. Ini dapat menyebabkan masalah di seluruh tubuh, terutama di jantung dan otak hingga berakibat fatal.

3 dari 5 halaman

Faktor risiko kolesterol tinggi

Pola makan buruk

Mengonsumsi lemak jenuh, yang ditemukan dalam produk hewani, dan lemak trans, dapat meningkatkan kadar kolesterol. Makanan yang tinggi kolesterol, seperti daging merah dan produk susu penuh lemak, juga akan meningkatkan kolesterol.

Obesitas

Memiliki indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih besar menempatkan Anda pada risiko kolesterol tinggi.

Kurang olahraga

Olahraga membantu meningkatkan HDL tubuh, atau kolesterol "baik," sambil mengurangi ukuran partikel yang membentuk LDL, atau kolesterol "jahat".

Merokok

Rokok merokok merusak dinding pembuluh darah, membuatnya lebih rentan untuk menumpuk lemak. Merokok juga dapat menurunkan kadar HDL, atau kolesterol "baik".

Usia

arena kimiawi tubuh berubah seiring bertambahnya usia, risiko kolesterol tinggi akan naik. Misalnya, seiring bertambahnya usia, hati menjadi kurang mampu menghilangkan kolesterol LDL.

Diabetes

Gula darah tinggi berkontribusi pada kadar kolesterol berbahaya yang lebih tinggi yang disebut lipoprotein densitas sangat rendah (VLDL) dan menurunkan kolesterol HDL. Gula darah tinggi juga merusak lapisan arteri.

4 dari 5 halaman

Obat alami kolesterol tinggi

Bawang putih

Bawang putih bisa dimakan mentah atau dimasak. Ia juga tersedia dalam bentuk suplemen, sebagai kapsul atau tablet. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda, mengurangi kadar kolesterol darah dan memperlambat perkembangan atherosclerosis.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang padat nutrisi. Mereka kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat, dua nutrisi yang membantu menurunkan LDL "buruk" dan meningkatkan kolesterol HDL "baik". Sebuah analisis dari 10 penelitian menentukan bahwa mengonsumsi alpukat dikaitkan dengan menurunkan kolesterol total, LDL dan trigliserida.

Sayuran berdaun gelap

Sayuran hijau gelap, seperti kangkung dan bayam, mengandung lutein dan karotenoid lain, yang terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Satu studi menunjukkan bahwa lutein menurunkan kadar kolesterol jahat LDL yang teroksidasi dan dapat membantu mencegah kolesterol mengikat ke dinding arteri.

Suplemen plant sterol dan stanol

Plant sterol dan stanol adalah zat yang ditemukan di banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, dan tanaman lainnya. Beberapa makanan olahan juga diperkaya dengan sterol atau stanol. Penelitian menunjukkan bahwa sterol dan stanol dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Mereka membantu mencegah usus kecil dari menyerap kolesterol. Ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah.

5 dari 5 halaman

Obat medis untuk kolesterol tinggi

Berbagai macam obat juga tersedia untuk menurunkan kolesterol tinggi. Misalnya, dokter mungkin akan meresepkan:

Statin (lovaststin, atorvastatin)

Ini biasanya merupakan jenis obat pertama yang diresepkan dokter untuk menurunkan LDL. Statin juga menurunkan trigliserida, yang merupakan jenis lain dari lemak darah, dan sedikit meningkatkan kolesterol "baik" (HDL).

Niacin

Vitamin B ini, juga dikenal sebagai asam nikotinat, ditemukan dalam makanan tetapi juga tersedia dalam dosis tinggi dengan resep dokter. Ini menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.