Sukses

Fungsi Tulang Paha dan Bagian-bagiannya yang Perlu Diketahui

Fungsi tulang paha paling utama tentunya dalam menjadi tumpuan seluruh badan

Liputan6.com, Jakarta Fungsi tulang paha sebagai tulang terbesar pada bagian tubuh manusia memiliki peran sangat signifikan sebagai tumpuan. Tulang paha merupakan tulang terkuat yang dimiliki oleh manusia dan menumpu seluruh badan serta sebagai transmisi kekuatan dari tibia ke sendi panggul. 

Tulang paha adalah salah satu anggota gerak dalam anatomi rangka manusia. Nama latin dari tulang paha adalah Femur. Tulang ini merupakan tulang terpanjang yang dimiliki manusia dan juga berfungsi dalam menghubungkan bagian pinggul dengan lutut.

Fungsi tulang paha paling utama tentunya dalam menjadi tumpuan seluruh badan. Tulang paha sendiri diklasifikasikan kedalam jenis tulang pipa yang berbentuk silinder, memiliki dua ujung, mengandung sum-sum kuning, dan menggelembung pada bagian ujungnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/9/2019) tentang fungsi tulang paha

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Tulang Paha

Dengan berbagai predikat yang disandangnya, seperti tulang terpanjang, tulang terkuat hingga tulang terbesar dalam tubuh manusia, fungsi tulang paha tentunya akan sangat signifikan bagi tubuh. Fungsi tulang paha yang paling utama seperti yang telah disebutkan adalah sebagai tumpuan bagi seluruh badan dan transmisi kekuatan dari tibia ke sendi panggul.

Tulang paha merupakan tulang kuat bagi kaki, sama seperti tulang atas pada tangan. Jika tulang atas sebagai tulang kuat bagi tangan, maka tulang paha adalah tulang kuat pada kaki. Fungsi tulang paha semakin besar dengan, banyaknya otot-otot dan ligamen yang melekat pada tulang paha.

Tulang paha melekat ke pinggul melalui sendi bola dan soket, memberikan gerakan dan sumber untuk mengartikulasikan panggul. Sendi Bola terpasang dengan leher sempit lateral ke poros tulang paha vertikal.

Fungsi tulang paha adalah sebagai berikut:

- Sebagai tulang terkuat untuk menopang badan

Fungsi utama tulang paha adalah untuk menyangga badan dan menopang tubuh. Tanpa adanya tulang paha, maka kamu tidak akan bisa berdiri atau berjalan. Tulang paha menyokong atau menahan berat tubuh manusia, sebagau tulang terbesar dan tulang terkuat dalam tubuh

- Tempat melekat dan lengketnya otot dan pigmen

Tulang paha menjadi tempat melekatnya otot-otot besar. Terdapat dua jenis otot yang ada di tulang paha, yakni otot origo dan insersio.

3 dari 4 halaman

Fungsi Tulang Paha

- Sebagai tempat produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya

Proses pembentukan sel darah merah terjadi pada sumsum tulang paha tepatnya di bagian sumsum merah yang tersimpan di antara rongga-rongga tulang paha.

- Berperan penting sebagai alat gerak badan bagian bawah

Tulang paha juga berfungsi untuk membantu kaki bergerak dengan gerakan lurus dan menekuk ke arah pinggul, sehingga penting sebagai alat gerak manusia bagian bawah.

-Sebagai tulang terbesar dan terkuat pada tubuh

Tulang paha menjadi tulang terbesar dan terkuat pada tubuh yang berfungsi untuk transmisi kekuatan dari tibia ke sendi panggul.

- Tulang paha dapat membuat sendi condylar dengan lutut

Pada ujung distal tulang paha terdapat condylus yang akan membuat sendi condylar bersama lutut. Terdapat dua condylus yakni condylus medialis dan condylus lateralis.

- Tempat melekatnya tempurung lutut

- Sebagai penghubung tubuh bagian pinggul dan lutut

4 dari 4 halaman

Bagian-Bagian Tulang Paha

Setelah mengetahui fungsi tulang paha bagi tubuh, kamu tentunya juga perlu mengetahui bagian-bagian dari tulang paha ini. Bagian-bagian tulang paha antara lain adalah:

Proximal Femur. Bagian tulang paha satu ini posisinya bedekatan dengan tulang pelvis atau tulang pinggul dan terdiri dari kepala, leher, trochanter, mayor dan minor dan juga median femur.

Distal femur. Bagian tulang paha berikut ini adalah bagian tulang paha yang merupakan tempat melekatnya tempurung lutut.

Sendi tulang paha yang menghubungkannya dengan pinggul terletak pada kepala tulang paha di bagian proximal. Fungsi tulang paha bagian kepala ini adalah sebagai tempat pembentukan sel darah merah. Hubungan keduanya dikenal juga dengan sebutan artikulasi asetabulum.

Sendi yang terdapat pada artikulasi estabulum adalah sendi bola atau sendi gerak yang memungkinkan terjadinya pergerakan yang mengarah ke bagian panggul.

Otot yang melekat pada paha adalah di bagian trochanter minor dan trochanter mayor pada proximal femur. Hal lain tulang paha juga bergabung dengan beberapa otot yang dapat di hubungkan dengan trochanter.

Trochanter inilah yang menghubungkan tulang paha dengan otot-otot besar misalnya seperti otot bagian paha dan otot bagian bokong yang memang ukuran ototnya besar. Penjelasan ini sesuai dengan salah satu fungsi tulang paha sebagai tempat melekatnya otot dan pigmen.

Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa tulang paha atau femur adalah tulang terbesar dan terkuat. Oleh karena itu, fungsi tulang paha membuat manusia dapat berjalan dan menyokong tubuh yang sangat berat.

Jika tulang paha mengalami cedera atau retak maka bisa di pastikan manusia tidak bisa berjalan untuk sementara waktu. Selain itu, otot tulang paha akan kuat jika tulang paha juga kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini