Sukses

6 Bahan Alami untuk Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Liputan6.com, Jakarta Bibir kering dan pecah-pecah mungkin sudah menjadi suatu hal yang biasa bagi banyak orang. Apalagi bibir merupakan salah satu bagian wajah yang paling sensitif. Bibir termasuk salah satu anggota tubuh yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, membuatnya memerlukan perawatan yang ekstra.

Bukan hanya karena kulit bibir yang sensitif, efek penggunaan lipstik terlalu sering juga menjadi faktor penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Bahkan, bibir kering dan pecah-pecah tidak hanya membuat bibir menjadi tidak enak dipandang, tapi juga dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu.

Bahan alami yang dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah bisa digunakan secara teratur. Apalagi, bahan-bahan alami ini cukup mudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun mengatasi bibir pecah-pecah tidak begitu sulit, namun masih banyak orang yang menyepelekannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/9/2019) beberapa bahan alami yang dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

2 dari 7 halaman

Lidah buaya

Bahan alami yang dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang pertama adalah lidah buaya. Lidah buaya secara alami mengandung sifat melembapkan dan tinggi antioksidan sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bibir yang kering. Sifat antiinflamasi pada lidah buaya juga mampu mendinginkan kulit yang rusak karena pecah-pecah dan perih. Jadi kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk menjaga kesehatan bibir yang kering dan pecah-pecah.

3 dari 7 halaman

Madu

Madu juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Madu juga memiliki sifat alami menyembuhkan dan melembapkan. Rasanya yang manis juga jadi nilai tambah yang memberikan kenyamanan jika masuk ke mulut. Madu bukan hanya membantu melembutkan kulit kering tapi juga mencegah infeksi pada bibir pecah-pecah.

4 dari 7 halaman

Minyak kelapa

Makanan yang dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selanjutnya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki antioksidan tinggi yang mampu melembutkan kulit kering dan pecah-pecah. Penggunaan rutin akan mampu meregenerasi kulit sehingga menutup luka di bibir.

5 dari 7 halaman

Mentimun

Mentimun memiliki sifat mendinginkan yang nyaman dijadikan masker kulit kering, bahkan bukan hanya bibir. Vitamin dan antioksidannya yang tinggi sangat baik mengembalikan kelembapan kulit bibir. Maka dari itu, mentimun merupakan salah satu bahan alami yang dapt mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

6 dari 7 halaman

Teh hijau

Selanjutnya, teh hijau yang tinggi antioksidan ternyata juga bisa dijadikan masker alami untuk melembapkan kulit kering dan pecah-pecah. Kandungan polifenolnya mengurangi inflamasi dan membantu melembutkan kulit yang kering.

7 dari 7 halaman

Air Putih

Ketika bibir terasa kering hingga pecah-pecah, itu artinya tubuh kamu sedang mengalami dehidrasi atau kurang cairan. Maka dari itu, cara terbaik untuk mengatasi bibir kering adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh sesegera mungkin. Oleh karena itu, dalam mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang paling mudah dilakukan tentunya adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih tubuh setiap harinya.

Dengan menggunakan berbagai bahan alami untuk mengatasi bibir kering ini, maka kamu dapat mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah yang mengganggu hari-harimu dalam beraktivitas.

Loading