Sukses

Fungsi Isset pada PHP untuk Pemrograman, Penting dalam Coding

Ada beberapa fungsi isset pada PHP.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi isset pada PHP merupakan fungsi penting dalam pemrograman. Memahami fungsi isset pada PHP sebagai bagian dari pengkodean bisa terlihat rumit. Pengkodean mungkin akan tampak rumit bagi kebanyakan orang. Namun, pengodean bisa sangat sederhana, dan siapa pun dapat mempelajari dasar-dasarnya.

Analogi yang baik adalah dengan memikirkan pengodean seperti buku di perpustakaan. Beberapa buku menggunakan bahasa yang sederhana, dan ceritanya mudah dimengerti. Yang lain menggunakan kata-kata yang sangat kompleks dan memiliki cerita yang tampaknya tidak masuk akal.

Ada ratusan fungsi yang disediakan oleh PHP serta ribuan lainnya yang tersedia melalui berbagai ekstensi tambahan. Ini juga termasuk fungsi isset pada PHP fungsi-fungsi ini didokumentasikan dalam dokumentasi PHP.

Pengkodean dalam PHP bisa menjadi pilihan tepat untuk memulai. Fungsi-fungsi dalam PHP khususnya fungsi isset pada PHP adalah teknik dasar yang perlu dipahami. Fungsi isset pada PHP berkaitan pada pemrograman situs untuk menjalankan pekerjaanya.

Fungsi isset pada PHP penting diketahui bagi para programmer yang melakukan coding. Berikut fungsi isset pada PHP yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Coding

Coding atau pengodean adalah proses menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat komputer atau website berperilaku seperti yang kamu inginkan. Setiap baris kode memberi tahu komputer untuk melakukan sesuatu, dan dokumen yang penuh dengan baris kode disebut skrip.

Setiap skrip dirancang untuk melakukan pekerjaan. Pekerjaan ini mungkin untuk mengambil gambar dan mengubah ukurannya. Mungkin memutar suara atau musik tertentu. Saat mengklik suka pada posting seseorang di media sosial, skriplah yang membuatnya terjadi.

Script sendiri hanya dapat melakukan hal-hal jika mereka dikompilasi dan kemudian dieksekusi. Yang kamu butuhkan adalah mengubah skrip menjadi sebuah program. Ketika kamu puas dengan skrip, kamu dapat mengompilasinya menjadi sebuah program.

Kode mesin disimpan dalam program yang dapat diunduh dan digunakan siapa saja. Setiap jenis aplikasi, game, atau situs web adalah sebuah program.

3 dari 5 halaman

Mengenal PHP

PHP adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

PHP berada di urutan pertama sebagai bahasa pemrograman paling banyak dipakai untuk membuat website dengan jumlah yang cukup fantastis yakni 83,1 persen dari semua website menggunakan PHP.

PHP dapat digunakan dengan gratis (free) dan bersifat Open Source. PHP dirilis dalam lisensi PHP License, sedikit berbeda dengan lisensi GNU General Public License (GPL) yang biasa digunakan untuk proyek Open Source.

Berbagai keunggulan PHP dibanding bahasa pemrograman yang lain adalah laman konten yang dinamis, kemudahan modifikasi informasi di database, mengontrol akses dari user, serta kemudahan enkripsi data. Kelemahannya, cara membuat website dengan PHP memakan waktu cukup panjang dan rumit karena dibutuhkannya pemahaman tinggi soal bahasa pemrograman.

4 dari 5 halaman

Elemen-elemen dalam PHP

Pembatas

PHP hanya mengeksekusi kode yang ditulis dalam pembatas sebagaimana ditentukan oleh dasar sintaks PHP. Apapun di luar pembatas tidak diproses oleh PHP meskipun teks PHP ini masih mengendalikan struktur yang dijelaskan dalam kode PHP.

Variabel

Variabel diawali dengan simbol dolar $. Pada versi php PHP 5 diperkenalkan jenis isyarat yang memungkinkan fungsi untuk memaksa mereka menjadi parameter objek dari class tertentu, array, atau fungsi. Namun, jenis petunjuk tidak dapat digunakan dengan jenis skalar seperti angka atau string. Contoh variabel dapat ditulis sebagai $nama_variabel.

Penulisan fungsi, penamaan kelas, nama variabel adalah peka akan huruf besar (Kapital) dan huruf kecil . Kedua kutip ganda "" dari string memberikan kemampuan untuk interpolasi nilai variabel ke dalam string PHP. PHP menerjemahkan baris sebagai spasi, dan pernyataan harus diakhiri dengan titik koma ;

Komentar

PHP memiliki 3 jenis sintaks sebagai komentar pada kode yaitu tanda blok / * * / , komentar 2 baris // Serta tanda pagar # digunakan untuk komentar satu baris. Komentar bertujuan untuk meninggalkan catatan pada kode PHP dan tidak akan diterjemahkan ke program.

Fungsi

Ratusan fungsi yang disediakan oleh PHP serta ribuan lainnya yang tersedia melalui berbagai ekstensi tambahan. fungsi-fungsi ini didokumentasikan dalam dokumentasi PHP.

5 dari 5 halaman

Fungsi Isset pada PHP

Fungsi isset pada PHP adalah Fungsi isset () digunakan untuk memeriksa apakah suatu variabel sudah diatur atau belum. Fungsi isset () mengembalikan false jika variabel pengujian berisi nilai NULL.

Fungsi isset () akan menghasilkan nilai true jika sebuah variabel telah didefenisikan, dan false jika variabel tersebut belum dibuat. Fungsi isset() biasanya digunakan untuk mengecek sebuah inputan entah itu teksfield, checkbox, atau radiobutton.

Jika beberapa parameter diberikan, maka isset () akan mengembalikan TRUE hanya jika semua parameter dianggap ditetapkan. Evaluasi beralih dari kiri ke kanan dan berhenti segera setelah variabel yang tidak disetel dijumpai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.